Loading...
X

Manfaat Internet Bagi Guru di Era Revolusi Industri 4.0

     Internet adalah kumpulan beberapa komputer dari seluruh dunia yang terlingkup dalam suatu jaringan yang sangat luas dengan teknologi dan adanya suatu hubungan antara server dan client. Internet merupakan sebuah layanan yang merupakan sebuah layanan yang memberikan sebuah informasi mengenai pengetahuan, tentang sejarah dan tentang teknologi. Internet dapat digunakan dalam proses pendidikan terutama sebagai layanan dalam pembelajaran.Teknologi yang ada dapat dimanfaatkan guru yang mengajar dengan menggunakan akses internet dan terciptalah pendidikan yang interaktif antara seorang guru yang dapat memiliki sumber informasi up to update. Sebelum mengetahui layanan internet yang dapat digunakan dalam pembelajaran, guru dalam mendidik dapat digunakan layanan yang dapat diajarkan. Membahas mengenai manfaat layanan internet dalam pembelajaran bagi guru dan peserta didik. Manfaat internet bagi guru antara lain:

1.Pengembangan profesionalisme

a.Meningkatkan pengetahuan dan wawasan kependidikan

b.Bekerja sama dalam sesama mengajar

c.Berprestasi dalam forum pengetahuan pendidikan.

2.Sumber bahan ajar

a.Mengakses rencana belajar

b.Bahan baku dalam segala bidang pembelajaran.

c.Mengumpulkan bahan ajar dari berbagai sumber.

     Dalam pembelajaran, guru dapat menggunakan layanan internet web course. Web course adalah penggunaan internet untuk keperluan pembelajaran, dimana seluruh bahan belajar, diskusi dan penugasan dari internet sepenuhnya. Siswa dapat meminta penjelasan kepada guru tetapi sepenuhnya terpisah, namun hubungan komunikasi dapat dilakukan di setiap saat. Bentuk layanan untuk keperluan pembelajaran melalui kegiatan fasilitas internet seperti e-mail, chatt rooms, bulletin board dan online conference. Sistem layanan dalam web course dengan sumber belajar digital, baik layanan yang dikembangkan sendiri maupun dengan membuat hubungan (link) ke berbagai sumber belajar yang tersedia dalam internet.

     Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Revolusi Industri terdapat dua kata yaitu Revolusi yang dapat diartikan sebagai perubahan yang sangat cepat, dan Industri dapat diartikan sebagai usaha pelaksanaan proses produksi.Sehingga Revolusi ndustri dapat diartikan sebagai perubahan yang cepat pada proses pelaksanaan produksi yang menyebabkan perubahan cara kerja manusia dari cara kerja manual digital. Revolusi Industri 4.0 merupakan kolaborasi antara manufatur (alat) yang dikembangkan dengan terciptanya internet sebagai basis utama dan perubahan penggunaan sumber daya yang dapat digantikan dengan mesin ciptaan manusia yaitu berupa penggunaan robot,penciptaan aplikasi penunjang kehidupan sehari-hari. Pada di zaman era Revolusi Industri 4.0 ini dimana semua lebih mudah mendapatkan informasi contohnya yaitu kecanggihan teknologi pada internet ketika kita membutuhkan informasi tentang dunia pada di zaman sekarang itu merupakan hal yang sangat mudah didapatkan karena di dalam internet kita sudah mengetahui semua perkembangan dan informasi yang ada di dunia.

     Guru merupakan orang yang terpenting dalam perkembangannya pendidikan oleh karena itu guru pun harus mengikuti perkembangan zaman pada saat ini yaitu zaman Revolusi Industri 4.0 dimana pada zaman sekarang murid lebih tertarik pada teknologi tantangan guru dalam menghadapi era 4.0 ini yaitu bisa mengajarkan dengan teknologi agar lebih mudah dipahami oleh murid dan bisa mencontohkan positif nya dari teknologi tersebut. Di dalam teknologi terdapat kelebihan dan kekurangan begitu pun dalam kegiatan belajar mengajar akan ada kelebihan dan kekurangan saat mengajar menggunakan teknologi dan ada manfaat internet untuk menjadi guru di era Revolusi Industri 4.0 yaitu :

A. Metode pembelajaran yang mudah di pahami

1) membantu mengedukasi dengan cara menyenangkan

2) mengembangkan model belajar untuk siswa

3) kebebasan belajar dalam menggunakan internet

B. Inovasi pembelajaran siswa

1) mengenalkan konsep yang dapat dikembangkan oleh siswa

2) menciptakan inovasi dengan pembelajaran yang menyenangkan

C. Mengenalkan pembelajaran

1) mengakses informasi dalam pendidikan

2) kemampuan menggunakan media sosial dalam memperkenalkan materi

3) mengenalkan dunia luar menggunakan jaringan internet

C. Penanaman karakter dengan memberikan tanggung jawab

1) tanggung jawab terhadap tugas dan apa yang ia peroleh

2) siswa harus bertanggung jawab dengan apa yang ia pelajari

     Internet dapat digunakan saat kegiatan belajar mengajar salah satu contohnya yaitu bisa dengan cara searching di google ketika ada bahan ajaran yang belum pahami dan ada juga aplikasi seperti classroom e-learning dan semacamnya yang dimana kita bisa menggunakannya untuk pengganti mengirim tugas melalui internet dan pengganti pertemuan dikala waktu yang tidak memungkinkan.

Penggunaan Internet untuk Bahan Ajar di Era Revolusi Industri 4.0

Leave Your Observation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Skip to toolbar