KERAJAAN KEHIDUPAN

Ketika kita melihat gambar diatas kira-kira apa hal pertama kali yang terlintas ? hewan? hutan ? atau bahkan komponen penyusun ?. secara umum kita dapat mempelajari komponen-komponen penyusun mengenai makhluk hidup  dari tingkat yang paling sederhana hingga yang paling kompleks sehingga dapat disebut juga hierarki kehidupan. kehidupan disusun dari komponen-komponen yang sebelumnya bahkan tidak pernah terpikirkan. menurut campbell tingkat organisasi kehidupan adalah elemen-elemen serta komponen penyusun kehidupan makhluk hidup dari satuan paling sederhana hingga yang paling kompleks.

Tingkat organisasi kehidupan
.

sekarang coba teman-teman tebak bagian mana dari makhluk hidup yang merupakan unit organ terkecil sebagai penyusun seluruh individu yang berada di muka bumi? apakah sel ? jaringan ? organ?. jadiii… unit terkecil yang menyusun makhluk hidup adalah sel, sel merupakan bagian paling penting serta penyusun dari berbagai fungsi pada makhluk referensi 2 bahkan, 1 sel yang rusak tentu sangat berpengaruh terhadap fungsi yang ada pada makhluk hidup. lalu sekumpulan dari beberapa sel ini akan membentuk jaringan contohnya itu pada hewan ada jaringan ikat, jaringan otot, jaringan syaraf dll. sedangkan pada tumbuhan ? ayooo teman-teman apakah ada yang ingat jaringan apa saja yang terdapat tumbuhan ? seperti  jaringan parenkim, sklerenkim dll. jaringan-jaringan ini akan saling bergabung dan berkaitan membentuk organ yang memiliki fungsi spesifik masing-masing. Referensi 1 misalnya, pada hewan terdapat organ ginjal, mata, hidung dll pada tumbuhan terdapat akar, batang dan daun. lalu.. organ-organ ini akan membentuk sistem organ yang memiliki fungsi khusus pada makhluk hidup misalnya sistem organ pernafasan yang digunakan untuk transpirasi makhluk hidup, organ pencernaan untuk mencerna berbagai macam makanan yang masuk kedalam tubuh makhluk hidup. pada akhirnya sistem organ ini akan menjalankan fungsi yang sempurna sehingga menjnadi individu dan organisme yang dapat menjalankan aktivitas serta kegiatan sehari-hari seperti kita saat ini. 

setelah mengetauhi susunan dari tubuh makhluk hidup tentu saja ini menambah syukur kita terhadap tuhan yang maha esa yang mana dengan kekuasaanya kita dapat menjalankan aktivitas sehari-hari.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*