Hidup di Dunia Hanya Sementara

Bekerja terus menerus untuk mengejar kepuasan duaniawi tidak akan ada habisnya dan tidak akan ada puasnya, karena dunia itu memang sangatlah indah tetapi juga melenakan, maka dari itu jangan sampai lengah. Karena hidup didunia ini hanya sementara, tidak kekal atau tidak abadi.

Seperti firman Allah SWT dalam Alquran Surat At Taubah ayat 38 yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa apabila dikatakan kepada kamu, “Berangkatlah (untuk berperang) dijalan Allah,” kamu merasa berat dan ingin tinggal di tempatmu? Apakah kamu lebih menyenangi kehidupan di dunia daripada kehidupan di akhirat? Padahal kenikmatan hidup didunia ini (dibandingkan dengan kehidupan) akhirat hanyalah sedikit”. Dikutip dari al-quran surat at-taubah .

Dalam surat tersebut tersirat bahwa telah diberikannya petunjuk oleh Allah SWT bahwa kenikmatan dunia hanyalah sedikit atau sementara dibandingkan dengan kenikmatan yang diberikan Allah SWT kelak diakhirat. Maka dari itu diperintahkanlah untuk selalu menjalankan kewajibannya sebagai umat manusia untuk selalu beribadah dan taat terhadap ajaran Allah SWT.

Seberapa besarnya kenikmatan dunia yang ingin dicari jika tidak dilandasi rasa syukur dan mengingat akhirat maka rasa kenikmatan dunia akan semakin sulit untuk didapatkan, hidupnya akan selalu terbelenggu dengan mencari kepuasan terhadap nikmat dunia, padahal kenikmatan didunia tidak akan memberi kepuasan sampai kapanpun.

Orang yang senantiasa berorientasi pada akhirat, maka orang tersebut akan takut untuk melakukan hal hal yang tidak baik atau yang melanggar ajaran agamanya. Dan orang-orang tersebut tidak akan merugi karena akan mendapatkan kebahagiaan didunia dan kenikmatan diakhirat kelak.

Merupakan suatu kebodohan jika menyia-nyiakan waktu atau usia dan kesehatan yang telah diberikan Allah SWT kepada kita semua jika hanya memfokuskan perilaku dan aktivitas kita untuk mengejar dunia tanpa diimbangi dengan bekal diakhiratnya. Karena memang tidak bisa kita pungkiri terkadang kita hanya terlena dengan kenikmatan dunia saja, bahkan ketika kita sedang berdoa kepada Allah SWT, kebanyakan dari kita atau sebagian besar manusia pertama kali yang diucapkan adalah meminta doa untuk segala hal tentang duniawi seperti diberikan rezeki yang lancar, dipermudah urusan, diberikan kesehatan, diberikan kemakmuran dan lain lain.

Doa doa yang sering dipanjatkan kepada Allah sebagian besar tentang duniawi dan tidak sedikit yang melupakan urusan akhirat, seperti berdoa agar dilapangkan kuburnya kelak, dijauhkan dari siksa neraka dan lain-lain.

Hal tersebutlah yang membuktikan jika kita masih berorientasi pada dunia saja.  Allah sudah mengetahui jika hal hal tersebut terjadi maka dari itu diperingatkanlah seluruh umat manusia dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 201-202 yang artinya “Maka diantara kamu ada yang berdoa, “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”. Dan di akhirat dia tidak memperoleh apapun”. Dan diantara mereka ada yang berdoa “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka”. Mereka itulah yang memperoleh bagian dari apa yang telah mereka kerjakan, dan Allah Maha Cepat perhitungan-Nya”.

Dikutip dari al-quran surat al-baqarah . Semoga diantara kami semua selalu membiasakan berdoa yang menyebut memninta kebaikan dunia dan diakhirat. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *