Ini Dia Jenis-jenis dan Tipe Desain Logo

Ini Dia Jenis-jenis dan Tipe Desain Logo  – Sebuah logo yang sering kita jumpai bisa diibaratkan dengan cermin yang didalamnya terdapat arti ideologi dan tujuan dari sebuah organisasi atau perusahaan. Diharapkan dengan menggunakan logo tersebut bisa menjadi sebuah simbol dan pesan untuk dapat berkomunikasi dengan pelanggan. 

Agar logo mudah untuk diingat dan bisa mengekspresikan semangat perusahaan atau organisasi, sebuah logo yang dibuat sebaiknya harus efektif dan juga harus dapat menyampaikan pesan yang dimaksudkan kepada para pelanggan dengan memiliki ciri khas yang tepat praktis dan sederhana. Berikut beberapa jenis-jenis dan tipe desain logo, diantaranya adalah:

Name (Only Logo)

Logo ini diambil dari sebuah nama yang menggunakan gaya grafis khusus. Dengan menggunakan jenis logo ini bisa memberikan ketegasan dan pesan langsung kepada konsumen. Contohnya seperti logo Toshiba, Panasonic dan lainnya.

Name (Symbol Logo)

Dengan menggunakan gaya tipografis dan karakter yang kuat, logo ini merupakan nama dari perusahaan atau produk yang disusun berbentuk oval, kotak atau lingkaran. Contoh seperti logo Ford. Dengan menggunakan logo ini mempunyai kelebihan pada bentuknya yang fleksibel dan ringkas.

Initial Letter Logo

Jenis-jenis dan tipe desain logo selanjutnya Initial Letter Logo. Untuk menjadikannya sebagai elemen utama dari sebuah logo, jenis ini menggunakan inisial huruf awal dari sebuah nama produk atau peruahaan. Contohnya seperti IBM.

Pictorial Name Logo

Sebagai komponen penting dari sebuah logo, jenis logo ini memakai nama produk atau organisasi. Perusahaan yang memakainya biasanya perusahaan yang sudah mempunyai nama seperti Coca-Cola dan lainnya.

Dengan kuatnya image perusahaan yang memakai logo ini, maka jika terjadi penjiplakan logo oleh perusahaan lain maka citra yang dihasilkan tetap akan mengarah pada perusahaan atau produk yang ditiru.

Associative Logo

Jenis-jenis dan tipe desain logo selanjutnya Associative Logo. Logo ini berdiri bebas dan tidak memuat nama produk atau perusahaan, namun mempunyai asosiasi langsung dengan nama, produk atau wilayah aktifitasnya. Contohnya untuk menggambarkan gemerlap dan megahnya dunia perfilman dibuatlah logo 20th Century Fox  yang biasa Anda temukan saat akan menikmati sebuah film.

Allusive Logo

Logo ini merupakan sebuah logo yang bersifat kiasan seperti logo pada Mercedes Benz dengan bentuk bintang segi tiga yang merepresentasikan sistem kemudi mobil. Untuk dapat mengerti akan makna dari jenis logo ini, Anda akan membutuhkan waktu yang lama.

Absrtact Logo

Dengan bentuk logo yang abstrak ini bisa menimbulkan beragam kesan yang bisa dipengaruhi oleh daya pemahaman konsumen. Hal ini terjadi karena bentuk logo ini abstrak. Contohnya seperti logo Bakrie Brothers.

Itulah jenis-jenis dan tipe desain logo yang bisa menambah pengetahuan. Bagi Anda yang mau membuat desain logo bisa menggunakan jasa pembuat logo yang sudah berpengalaman https://www.sribulancer.com/id/cat/jasa-desain-logo.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *