Hindari 3 Cara Menggendong Bayi Yang Baru Lahir Di Sini

Seorang ibu yang baru saja memiliki buah hati, biasanya telah membeli sederet peralatan dan perlengkapan untuk si kecil. Salah satunya peralatan yang dipakai untuk menggendong si kecil, tetapi justru belum tahu cara memakainya. Perlengkapan bayi baru lahir untuk menggendong bayi ini harus diimbangi dengan teknik yang tepat. Inilah cara menggendong yang salah!

3 Cara Menggendong Bayi yang Harus Anda Hindari

1. Tidak Menyangga Kepala

Menggendong bayi yang baru saja lahir sering kali masih salah, terutama wanita yang baru saja menjadi ibu. Sering kali menggendong si kecil tanpa menyangga kepalanya, sehingga kepalanya di posisi yang kurang tepat. Biasanya posisi kepala si kecil terlalu menempel ke tubuh ibu karena kepalanya tidak disangga dengan tangan.

Hal ini bisa menyebabkan si kecil kesulitan bernapas karena hidungnya terlalu menempel dengan tubuh ibu. Selain itu, otot leher si kecil belum berkembang dengan baik, sehingga belum bisa mengangkat kepalanya sendiri. Anda harus menghindari si kecil mengalami terkilir leher, karena efeknya cukup berbahaya bila terjadi pada buah hati anda.

2. Menekan Ubun Ubun

Sebelum anda menyangga kepala si kecil sebaiknya berhati hati, karena salah menekan akan menimbulkan hal yang fatal. Perlengkapan bayi baru lahir yang biasanya digunakan untuk menggendong memudahkan anda. Menggendong dengan alat gendongan akan lebih mudah, sehingga kepalanya pun tidak akan tertekan.

Hindari menekan ubun ubunnya terlalu keras, karena bagian satu ini belum menyatu secara sempurna. Ubun ubun bayi yang baru saja lahir masih terasa lunak dan tampak berdenyut denyut. Bagian ini tidak boleh ditekan terlalu keras agar bentuknya tidak berubah dan justru terjadi hal yang fatal. Bagian fontanel ini akan mengeras seiring bertambahnya usia si kecil.

3. Tidak Menyangga Panggul dan Punggung

Menyangga kepala bayi saat menggendong ternyata sangat penting, tetapi ada pula bagian tubuh si kecil yang tak boleh luput juga. Selain kesalahan tidak menyangga kepala bayi, sering kali para orang tua hanya menyangga kepala dan bokongnya. Hal ini bisa berakibat sangat fatal, seperti tulang belakang yang tertarik gravitasi dan menyebabkan jatuh.

Hal ini bisa anda antisipasi dengan meletakkan lengan di bagian bawah punggung dan panggul. Perlengkapan bayi baru lahir untuk menggendong ini jadi solusi tepat untuk anda yang belum bisa menggendongnya. Selendang gendongan bisa dipakai untuk menyangga bagian punggung serta panggul agar tidak tertarik gaya gravitasi dan membuatnya jatuh.

Menggendong si kecil dengan cara yang tepat sering kali masih diabaikan oleh para orang tua, sehingga menimbulkan akibat yang fatal. Selain memperhatikan cara menggendong, anda juga harus memakai produk perawatan kulit khusus bayi. Produk besutan Mitu ini dibuat dari bahan yang aman serta anti bahan aditif yang berbahaya untuk si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *