Dana Desa 2021 : Pengertian, Manfaat, Dan Contoh Penggunaan

Dana Desa 2021 : Pengertian, Manfaat, Dan Contoh Penggunaan – Desa merupakan bagian penting dalam pembangunan masyarakat secara menyeluruh. Untuk bisa mencapai kemajuan yang berkelanjutan dan merata, pembangunan memang tidak hanya perlu difokuskan pada wilayah perkotaan semata.

Kawasan pedesaan pun perlu mendapatkan prioritas agar pembangunan dan pemanfaatan SDM bisa merata ke berbagai wilayah. Kini, dengan adanya dana yang dialokasikan secara khusus untuk tiap desa membuat proses pembangunan di kawasan pedesaan pun bisa lebih terarah dan berjalan secara optimal.

Pengertian Dana Desa 2021

Sebelum mengulas secara lebih lanjut tentang penggunaan dana desa, tidak ada salahnya jika terlebih dahulu perlu diketahui tentang pengertian dari dana desa 2021 itu sendiri. Secara sekilas, dana desa merupakan sejumlah anggaran dana yang dialokasikan oleh Pemerintah kepada suatu desa yang bersangkutan.

Pengalokasian dana untuk desa ini berasal daria Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan digunakan secara khusus untuk menunjang pembangunan di desa yang bersangkutan. Alokasi penggunaan dana yang diberikan biasanya memerlukan sejumlah tahapan dan proses perencanaan karena penggunaan dana tersebut harus dipertanggung-jawabkan.

Manfaat Penggunaan Dana Desa

Pemberian dana untuk desa ini diharapkan dapat memberikan sejumlah manfaat secara menyeluruh kepada tiap lapisan masyarakat di pedesaan. Berikut adalah manfaat yang diharapkan bisa didapatkan dari penggunaan alokasi dana desa 2021.

  1. Memberikan Peningkatan pada Aspek Ekonomi Dan Pembangunan

Salah satu manfaat yang diharapkan dari penggunaan dana desa ini adalah terjadinya peningkatan pada aspek ekonomi dan juga pembangunan untuk setiap kawasan pedesaan. Dengan adanya dana desa tersebut diharapkan dapat membuat berbagai aspek ekonomi dapat menjadi terkendali dan juga terpenuhi.

Selain itu, dengan adanya alokasi anggaran dana untuk desa tersebut maka pembangunan di kawasan desa tertinggal dapat berjalan secara optimal dan maksimal. Dengan demikian diharapkan bisa mengurangi berbagai kemungkinan ketimpangan masalah ekonomi dan juga pembangunan di kawasan pedesaan.

  1. Meningkatkan Sumber Daya Masyarakat Pedesaan

Keberadaan dana yang diberikan untuk kawasan pedesaan juga diharapkan bisa menjadi salah satu sarana untuk bisa meningkatkan sumber daya masyarakat di kawasan pedesaan secara menyeluruh. Dengan demikian pembangunan SDM tidak hanya berorientasi di kawasan perkotaan saja namun juga di kawasan pedesaan.

Alokasi penggunaan dana desa 2021 diharapkan bukan hanya untuk pembangunan infrastruktur di kawasan pedesaan namun bisa juga untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di kawasan pedesaan lewat kegiatan seperti pembinaan, bimbingan, dan ataupun juga pendampingan.

Ketika suatu desa sudah memiliki masyarakat yang berkembang dengan cukup baik maka alokasi penggunaan dana tersebut lebih diarahkan untuk sistem pemberdayaan dan juga pengembangan perekonomian yang ada di kawasan desa tersebut. Dengan demikian perekonomian desa dapat berkembang menuju ke arah yang lebih baik dan mengurangi potensi ketimpangan sosial.

Contoh Penggunaan Dana Desa Untuk Pembangunan Infrastruktur Pedesaan

Sebenarnya ada cukup banyak alokasi penggunaan dana desa yang bisa dilakukan. Namun secara umum penggunaan dana desa 2021 tersebut haruslah ditujukan untuk pembangunan dan pengembangan desa yang bersangkutan sehingga tidak menjadi kawasan desa yang tertinggal dan terbelakang.

Selain itu, pemanfaatan dana untuk desa sebaiknya juga memperhatikan aspek kebermanfaatan yakni penggunaan dana tersebut sebisa mungkin harus bisa memberikan manfaat yang begitu nyata kepada lapisan masyarakat pedesaan.

Salah satu contoh dari penggunaan dana desa adalah untuk pembangunan sarana pengairan berupa pompa air tenaga surya untuk kawasan pertanian di desa yang memiliki kekurangan akses air irigasi.

Seperti yang sudah diketahui bahwa kekeringan dan kekurangan air merupakan salah satu masalah pelik yang cukup sering dialami oleh para petani di sejumlah wilayah. Guna mengatasi hal ini, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan membangun sarana pendukung pengairan seperti pompa bertenaga surya dengan memanfaatkan penggunaan dana untuk desa.

Pembangunan sarana irigasi pengairan ini diharapkan bisa menjadi solusi yang optimal bagi permasalahan kekeringan dan kekurangan air di sejumlah wilayah. Dengan adanya kecukupan air untuk konsumsi maupun untuk pengairan, diharapkan bisa memberikan sumbangsih yang begitu nyata pada perkembangan ekonomi di kawasan pedesaan.

Demikianlah ulasan mengenai dana desa 2021 mulai dari pengertian, manfaat, dan juga contoh penggunaan alokasi dana untuk desa tersebut. Dengan adanya dana untuk desa, diharapkan bisa menjadi salah satu solusi yang tepat guna untuk pengembangan masyarakat dan juga kawasan di pedesaan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *