Pantai Siung Jogja, Lokasi, Harga Tiket Hingga Berbagai Objek Wisata yang Bisa Dinikmati

Pantai Siung Jogja, Lokasi, Harga Tiket Hingga Berbagai Objek Wisata yang Bisa Dinikmati – Apabila membicarakan pantai di Jogja, pasti yang teringat adalah pantai Parangtritis. Padahal, kota penuh dengan nilai budaya dan sejarah ini memiliki banyak pilihan lain yang layak untuk dikunjungi. Banyak di antaranya terletak di kawasan Gunungkidul dan salah satu pantai yang tidak boleh dilewatkan ketika ke sana adalah Pantai Siung.

Lokasi Pantai Siung

Pantai Siung terletak di sebuah dusun bernama Wates yang termasuk pada wilayah Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Jika berangkat dari kota Jogja maka jaraknya kurang lebih sekitar 70 km atau membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Akan tetapi, karena hampir setengah perjalanan menuju lokasi jalanannya sedikit sempit dan berkelok-kelok, maka waktu tempuh yang dibutuhkan akan lebih lama.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke Pantai Siung Jogja, setiap pengunjung akan dipungut biaya. Masing-masing wisatawan dipungut biaya tiket sebesar 10 ribu rupiah. Di samping itu, Anda juga akan dipungut biaya parkir. Untuk motor hanya dikenakan biaya 2 ribu rupiah sedangkan untuk mobil dipungut biaya 5 ribu rupiah. Anda akan dipungut biaya tambahan lain jika akan berkemah.

Objek Wisata di Pantai Siung

Ketika Anda berkunjung ke pantai ini, bukan hanya sekedar menikmati pemandangan lautan atau pantai saja. Ada beberapa objek wisata yang tidak boleh dilewatkan selama menghabiskan hari di sini. Pertama adalah batuan karang besar yang berdiri kokoh di sepanjang pinggiran pantai. Deretan batu karang ini menjadi asal usul nama pantai karena bebatuan tersebut membentuk seperti gigi kera (siung wanara).

Tebing-tebing ini merupakan salah satu daya tarik utama dan sudah secara resmi dijadikan sebagai tempat panjat tebing. Perlombaan panjat tebing tingkat ASEAN bahkan sudah sering diselenggarakan di tempat ini. Selain menikmati tebing, Anda juga bisa berjalan-jalan di Bukit Pengilon. Dari atas bukit ini Anda bisa melihat keindahan laut dan pantai dari atas.

Anda juga bisa melihat kera-kera yang terkadang turun ke pantai. Itu pun jika lokasi pantai sedang tidak terlalu ramai. Biasanya kera-kera ini bermukin di atas tebing Pantai Siung Jogja. Ketika Anda ingin mengamati para kera, waspadalah dan jaga dengan baik barang bawaan. Biasanya, ada kera-kera nakal yang akan mencoba merebut barang bawaan Anda.

Selain itu, Anda bisa dengan santai menikmati pantai putih dengan berjalan-jalan santai, bermain pasir atau sekedar berbaring di atas hammock atau di atas pasir. Meskipun saat ini Pantai Siung sudah cukup ternama tapi tempat ini tetap cocok dijadikan sebagai lokasi untuk relaksasi sembari mendengarkan deburan ombak dan angin kencang.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai Pantai Siung Jogja, Anda bisa mengunjungi situs matadunia.id. Selain informasi mengenai Pantai Siung, Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai tempat wisata lain, baik dalam maupun luar negeri, bahkan hingga berbagai kuliner di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *