Inilah Penjelasan Lengkap Mengenai Hewan Ovovivipar

Inilah Penjelasan Lengkap Mengenai Hewan Ovovivipar – Ketika sedang belajar sains, tentu Anda tidak asing dengan penjelasan mengenai cara perkembang biakan hewan. Terdapat tiga jenis cara perkembang biakan hewan, yakni hewan yang bertelur, melahirkan atau beranak, dan hewan yang berkembang biak dengan bertelur serta beranak sekaligus.

Hewan yang beranak dan bertelur sekaligus disebut sebagai hewan ovovivipar dan mudah ditemukan di sekitar kita. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai ovovivipar yang perlu Anda ketahui, sehingga memudahkan Anda untuk mengenali lebih dalam hewan-hewan dari kategori ini.

Pengertian Ovovivipar

Bagi Anda yang belum mengetahui, hewan ovovivipar berarti hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur, kemudian anak hewan keluar dari tubuh induk dalam keadaan sudah menjadi individu hewan yang baru.

Di dalam tubuh induknya, setelah proses reproduksi generative atau seksual dilakukan, sel telur dan sperma akan bergabung dan membentuk sel telur. Ia kemudian berkembang menjadi cangkang telur dan menjadi rumah untuk berkembang anak hewan tersebut. Gizi yang didapatkan oleh anak hewan ini juga tidak berasal dari induknya, melainkan dari embrio telur.

Ketika waktu untuk menetas sudah tiba, anak hewan ovovivipar akan memecahkan cangkang telur dan keluar dari induknya. Proses tersebut tidak butuh waktu lama, setelah anak ovovivipar menetas, mereka akan mendapat bimbingan induknya untuk mencari makan.

Ciri Hewan Ovovivipar

Ada beberapa hewan ovovivipar yang bisa Anda temukan dengan mudah di lingkungan sekitar rumah Anda. Setidaknya, berikut merupakan ciri yang bisa Anda temukan dalam hewan yang termasuk dalam kategori ini, di antaranya adalah tidak memiliki ciri fisik khusus, mereka tidak berbeda dari hewan vivipar dan ovivar pada umumnya. Perbedaannya terjadi pada proses pembuahan, yang membuat telur berkembang di dalam tubuh induk sebelum dikeluarkan dalam bentuk hewan muda.

Perkembangan embrio terjadi di dalam telur dan induk tidak mendorong atau menstimulasi apapun untuk membuatnya tetap hidup. Kecuali induk menyediakan tempat yang aman dan kondusif untuk embrio dan telur berkembangbiak. Masa hidup dan berkembang telur di dalam tubuh induk, disesuaikan dengan lingkungan yang ada di luar cangkang telur, yakni tubuh induk dari hewan ovovivipar tersebut.

Untuk mempermudah Anda memahami perkembangan dan reproduksi hewan tersebut. Sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis hewan yang termasuk dalam kategori ini. Kadal dan ular merupakan contoh hewan dari jenis ovovivipar, begitu pula dengan salamander dan ikan hiu.

Selain hewan tersebut, ikan pari dan juga kuda laut memiliki cara berkembang biak yang serupa, sehingga mereka bisa melanjutkan keturunan tanpa khawatir. Apabila Anda tertarik untuk mendalami lebih lanjut mengenai hewan ovovivipar, ada baiknya mengakses langsung situs https://jendelahewan.com/, karena di sana diberikan informasi yang lebih lengkap mengenai bab dan topic pembahasan ovovivipar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *