Harga Ikan Koi Import

Di tengah pandemi covid-19 yang hingga sekarang masih melanda,mungkin banyak sebagian orang yang telah beralih profesi lain di sektor perikanan,terutama yang menjadi favorit adalah Ikan hias.

Nah,ikan hias sendiri pun tentunya sangat bermacam-macam,diantaranya adalah Ikan Koi,ikan hias yang satu ini pun khusus nya Di kalangan pecinta ikan hias merupakan salah satu jenis ikan hias yang hingga kini masih sangat populer.

Secara spesifik Ikan koi merupakan ikan yang begitu khas khusus nya di negara Jepang,dan tentunya varietas ikan koi ini memang mempunyai berbagai macam serta mempunyai variasi yang begitu ini dengan balutan corak yang unik sehingga dapat memanjakan setiap mata yang melihatnya.

Dari segi harga saja tentunya,ikan koi ini cukup bersaing dengan jenis ikan hias yang ada di pasaran,dan tentu saja tergolong tidak begitu mahal, terutama untuk jenis ikan koi lokal juga menjadi sebuah alasan mengapa ikan hias terutama jenis ikan koi masih  banyak dipilih untuk menghiasi kolam di rumah-rumah.

Jika Anda termasuk salah satu penggemar ikan hias terutama Ikan koi, tidak ada salahnya jika anda mencoba sedikit-sedikit untuk membawa pulang beberapa jenis ikan koi dengan corak yang beragam.

Ada berbagai alasan dan ungkapan mengapa ikan koi ini layak untuk dijadikan pilihan sebagai penghuni kolam atau Akuarium di rumah anda, salah satunya adalah karena koi tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan.

Jenis ikan Koi

Sebelum memilih varian tertentu, ada baiknya jika Anda harus benar-benar mengetahui tentang berbagai macam jenis ikan koi yang ada saat ini.

Secara garis besar koi dibedakan menjadi dua jenis yaitu lokal dan impor. Harga ikan koi import jauh lebih mahal dibandingkan ikan koi lokal. Ini karena ikan tersebut didatangkan langsung dari luar negeri, terutama Jepang sebagai tanah air.

Padahal, ikan koi lokal dan impor berasal dari nenek moyang yang sama, yaitu dari Jepang. Koi yang didapat dari persilangan ikan mas selama ratusan tahun menghasilkan ikan koi dengan karakteristik berbeda. Namun, berbagai jenis koi dibawa ke Indonesia dan kemudian dibiakkan.

Pembudidayaan ikan koi ini menghasilkan beberapa varietas baru, karena beberapa peternak melakukan persilangan ikan koi dengan jenis ikan lainnya untuk mencapai pola yang diinginkan. Hal ini menurunkan kemurnian ikan koi, meskipun jenisnya tidak berubah. Hal ini selanjutnya berdampak pada harga ikan.

Bagi penyuka ikan koi, ada perbedaan yang cukup jelas antara koi lokal dan impor. Dari segi warna, ikan koi impor memiliki warna dan corak yang lebih tajam dibandingkan ikan koi lokal. Perbedaan ini tidak terlalu terlihat dengan pengukuran di bawah 50 cm.

 Namun, setelah ikan koi ini berukuran lebih dari 50 cm, maka yang akan terjadi ialah warna koi lokal akan terlihat sedikit pudar, sedangkan koi impor akan tetap segar dan jernih.

Perbedaan lainnya terletak pada ukuran mata dan bentuk tubuh. Koi import memiliki mata yang lebih besar dari koi lokal, bahkan terlihat seperti hampir gila harganya.

Sedangkan koi lokal memiliki ukuran mata yang lumayan, sama seperti ikan lainnya. Dari segi bentuk, koi import terlihat memanjang, sedangkan koi lokal agak membulat.

Berikut ini kami daftar harga ikan koi import terbaru yang bisa anda jadikan referensi dan juga pertimbangan sebelum membeli ikan koi import. Harga bisa berbeda-beda tergantung jenis dan ukuran ikan koi yang ingin Anda beli.

Harga Ikan Koi Import F1

Ikan koi kohaku dikenal sebagai spesies koi tertua dan paling terkenal diantara spesies lainnya. Menurut sejarah, Kohaku berasal dari ikan koi merah putih yang ditemukan pada tahun 1804. Tahapan yang berbeda dari persilangan yang dilakukan menunjukkan bahwa Kohaku koi memiliki corak merah putih dengan varietas yang berbeda.

Kohaku memiliki corak yang khas, yaitu warna dasar putih solid dengan kombinasi warna merah. Jenis koi ini telah banyak dikembangkan untuk menghasilkan varietas lain seperti Kohaku Gin Rin, Kohaku Doitsu, Kohaku Tancho dan Kohaku Maruten. Sampai saat ini, varietas yang paling terkenal berasal dari persilangan antara sapi jantan Hachi Hi dengan jantan Sokura Kana.

Daftar Harga Ikan Koi Kohaku

Ukuran Koi Kohaku Harga per Ekor
Kohaku 8-12 cm Rp 150.000
Kohaku 12-15 cm Rp 250.000
Kohaku 15-18 cm Rp 400.000
Kohaku 20 cm Rp 500.000
Kohaku 25 cm Rp 600.000
Kohaku 30 cm Rp 700.000- 900.000

Harga Ikan Koi Tancho Import

Tancho juga dikenal sebagai koi paling populer di antara beberapa jenis lainnya. Faktanya, popularitas Tancho Kohaku dikatakan menang. Ikan koi tancho memiliki warna yang khas yaitu warna dasar putih dengan corak tancho merah di bagian kepalanya. Properti ini membuat koi tancho tampil unik sebagai ikan hias di dalam rumah.

Harga koi tancho ditentukan oleh pola tancho di kepala. Semakin simetris bentuk dan lokasi polanya, semakin mahal harga ikannya. Pola ini turut menentukan kualitas ikan yang satu ini. Ada beberapa variasi ikan koi Tancho, di antaranya Tancho Rin, Doitsu Tancho, dan Tancho Gin Rin.

Daftar Harga Ikan Koi Tancho

Ukuran Koi Tancho Harga per Ekor
Tancho 5 cm Rp 150.000
Tancho 10 cm Rp 200.000
Tancho 15 cm Rp 300.000
Tancho 20 cm Rp 500.000
Tancho 25 cm Rp 600.000
Tancho 30 cm Rp 800.000-1.000.000

Harga Ikan Koi Showa Import

Varian Ikan koi jenis showa sanshoku adalah ikan koi yang memiliki keistimewaan yang begitu indah,yakni terdapat corak yang sangat indah dan menawan,lalu pola warna serta corak pada ikan koi showa ini saling bersinggungan.

Khusus nya Corak dengan warna hitam yang berada di area kepala ikan dan juga warna merah yang menyelimuti bagian tubuh pada koi menyerupai marmer. 

Sebagai catatan saja bahwa untuk jenis ikan koi showa memiliki ciri khas warna hitam yang berada di area kepala,itulah yang membedakan antara jenis Koi sanke dan Showa,yang mana untuk jenis sanke warna hitam ini lebih dominan berada di area tubuh,bukan di kepala.

Daftar Harga Ikan Koi Showa Import

Ukuran Koi Showa Harga per Ekor
Showa 5 cm Rp 170.000
Showa 10 cm Rp 250.000
Showa 15 cm Rp 350.000
Showa 20 cm Rp 600.000
Showa 25 cm Rp 700.000
Showa 30 cm Rp 900.000-1.500.000

Ikan Koi Taisho Sanke

Selanjutnya kami punya list mengenai jenis ikan koi yang di negara Asalnya dijuluki ikan koi Sanke Taisho. Ikan koi yang satu ini secara sekilas hampir mirip dengan jenis Showa yang mana kedua jenis ini memiliki warna dasar berupa warna putih yang cerah serta terdapat warna hitam legam.

Sedangkan untuk warna kombinasinya berupa warna merah dan memiliki bercak hitam yang mudah ditemukan di area tubuh ikan tersebut. Ikan ini sebenarnya merupakan hasil persilangan antara beberapa jenis ikan koi. Karena itu memiliki corak yang indah dan menawan.

Daftar Harga Ikan Koi Sanke Import

Ukuran Koi Sanke Harga per Ekor
Sanke 5 cm Rp 200.000
Sanke 10 cm Rp 300.000
Sanke 15 cm Rp 450.000
Sanke 20 cm Rp 650.000
Sanke 25 cm Rp 800.000
Sanke 30 cm Rp 900.000-1.500.000

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *