Tips Memilih Dan Merawat Dispenser Murah

Apakah Anda sering menggunakan dispenser di rumah dan ingin mengetahui apa saja tips memilih dispenser murah? Dispenser merupakan salah satu alat dapur yang biasa tersedia di rumah. Produk dispenser ini sangat praktis dan dapat digunakan kapan saja dibutuhkan. Anda dapat minum air hangat maupun air dingin secara lebih praktis. Tidak perlu merebus air dahulu atau menaruh air di dalam kulkas jika ingin minum. Tentu pemilihan dispenser harus tepat untuk menjaga kesehatan tubuh keluarga. Anda dapat memilih dispenser yang berkualitas dan memiliki harga yang murah untuk dapat dijangkau. Selain itu Anda juga harus bisa merawat dispenser agar tetap awet dan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

dispenser

Tips dalam pemilihan dispenser murah

  1. Memilih bahan dispenser yang digunakan

Salah satu tips dalam memilih dispenser murah adalah pilih bahan pembuatan dispenser. Bahan dispenser tentu berbeda-beda. Ada yang berbahan dasar plastik dan bahan lainnya. Anda dapat pilih bahan dispenser yang kuat dan kualitasnya terbaik. Sehingga akan aman jika digunakan untuk memberikan air minum baik panas maupun dingin lebih baik.

  1. Perhatikan tangki air yang digunakan

Tips memilih dispenser kedua yang bisa Anda lakukan adalah memperhatikan tangki air yang digunakan. Tangki air ini harus diperhatikan dengan baik karena berhubungan langsung dengan air minum yang dikonsumsi. Pastikan tangki air berbahan stainless 100 persen. Karena tangki air akan diisi dengan suhu tinggi agar tidak banyak bakteri dan jamur yang ada dalam tangki dispenser yang digunakan setiap harinya. Tangki air harus selalu steril dan higienis untuk membuat air minum lebih sehat.

  1. Pilih pemanasan air yang baik

Tips ketiga dalam memilih dispenser adalah pilih yang memiliki pemanasan air yang baik. tentu setiap dispenser memiliki kemampuan pemanasan air yang berbeda-beda. Ada yang mudah panas, ada pula yang pemanasan air memerlukan waktu yang cukup lama. Anda bisa pilih dispenser yang mudah dalam memanaskan air lebih cepat daripada dispenser lainnya.

  1. Pilih titik didih air yang tinggi

Tips keempat yang dapat dilakukan dalam memilih dispenser yang baik dan murah adalah memilih dispenser yang memiliki titik didih air yang tinggi. Tentu setiap dispenser memiliki titik didih yang berbeda-beda. Anda bisa pilih dispenser yang memiliki titik didih antara 86 sampai dengan 99 derajat. Sehingga air panas akan membunuh bakteri yang terkandung dalam air. Sehingga air minum yang akan dikonsumsi lebih steril dan aman untuk kesehatan tubuh.

  1. Memperhatikan selang penghubung pada dispenser

Tips kelima yang dilakukan dalam memilih dispenser adalah memperhatikan selang penghubung pada disepenser. Tentunya dari tangki air menuju kran air pada dispenser terdapat selang penghubung. Anda bisa pilih selang penghubung pada dispenser yang anti bakteri dan anti jamur. Sebab selang ini jarang dibersihkan karena bentuknya yang terselubung. Pastikan selang berkualitas baik dan anti bocor pada saat digunakan. Anda juga pastikan bahwa selang penghubung terpisah antara air dingin dan juga air panas.

  1. Pilih kran air yang terpisah

Tips keenam yang dapat dilakukan untuk pemilihan dispenser yang baik adalah pilih dispenser yang memiliki kran air yang terpisah. Anda bisa memilih dispenser yang memiliki kran untuk air dingin dan air panas yang berbeda-beda. Sehingga Anda akan mudah dalam menggunakannya ketika memilih akan membuka kran air hangat atau air dingin.

  1. Pilih dispenser yang menawarkan garansi

Tips selanjutnya yang dapat dilakukan untuk pemilihan dispenser adalah pilih yang ada garansinya. Garansi pemakaian sangatlah penting. Sebab garansi ini akan menguntungkan Anda jika suatu saat dispenser mengalami gangguan atau masalah dalam penggunaan selama masa garansi. Anda tentunya akan mendapatkan dispenser yang berkualitas jika benar-benar mendapatkan garansi pemakaian tersebut.

  1. Perhatikan desain dispenser

Tips berikutnya dalam pemilihan produk dispenser yang bisa dilakukan adalah perhatikan desain dari dispenser yang Anda pilih. Tentu dispenser sangat beragam sesuai dengan merk atau brand masing-masing. Anda bisa sesuaikan desain dispenser dengan ruangan rumah Anda agar terlihat lebih serasi dan cantik.

  1. Pilih dispenser yang memiliki keamanan tinggi

Tips lainnya yang dapat Anda lakukan dalam memilih dispenser yang baik adalah pilih dispenser yang memiliki keamanan yang tinggi. Keamanan ini sangat penting diperhatikan terutama jika Anda membuka kran air hangat atau air panas. Pilih dispenser yang mudah dalam membuka kran air panas agar tidak memercikkan air ke bagian tubuh penggunanya.

  1. Pilih dispenser yang hemat daya listrik

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memilih dispenser yang hemat daya listrik. Tentu dispenser memiliki daya listrik yang berbeda-beda. Padahal penggunaan dispenser ini digunakan selama 24 jam. Sebisa mungkin Anda pilih dispenser yang memiliki daya watt yang rendah agar hemat dalam penggunaan listrik rumah setiap harinya.

Tips merawat dispenser

  1. Membersihkan dispenser secara berkala

Langkah pertama yang dilakukan untuk merawat dispenser adalah membersihkan dispenser secara berkala. Pembersihan dispenser ini dapat Anda lakukan setiap hari untuk bagian casing luarnya. Sehingga dispenser tidak akan tertempel debu. Pada bagian dalam dispenser, Anda dapat membersihkannya setiap 3 bulan sekali untuk terhindar dari bakteri dan jamur yang setiap harinya menampung air.

  1. Tempatkan dispenser yang sejuk

Langkah kedua dalam merawat dispenser dengan baik adalah tempatkan dispenser yang sejuk. Anda bisa hindari lokasi rumah yang lembab karena dispenser mudah ditumbuhi jamur dan bakteri. Selain itu jangan tempatkan dispenser pada lokasi yang panas yang terkena matahari agar fungsi pendingin air dalam dispenser berfungsi secara optimal.

  1. Matikan dispenser ketika air sudah habis

Langkah ketiga dalam merawat dispenser dengan mudah dan baik adalah sebaiknya mematikan dispenser ketika air galon sudah habis. Dispenser akan lebih awet jika air galon habis mencabutnya dan mematikan dispenser. Mematikan dispenser ini mengistirahatkan mesin sebentar agar tidak panas dan dapat berfungsi secara optimal. Anda bisa hidupkan kembali dispenser setelah air galon telah terisi. Jangan biarkan dispenser hidup pada saat air kosong, sebab bisa merusak mesin pada dispenser jika dibiarkan secara terus menerus.

  1. Cek kran air setelah air galon kembali diisi

Langkah keempat yang dilakukan dalam upaya merawat dispenser adalah cek kran air setelah air galon kembali diisi. Buka kran galon sebelum Anda menyalakan mesin dispenser. Langkah ini membuktikan bawah tangki air dan kran sudah terisi oleh air dan siap untuk digunakan dalam sistem dispenser tersebut.

  1. Gunakan stabilizer

Agar dispenser dapat berfungsi dengan baik dan lebih awet, Anda dapat memasang stabilizer. Kondisi listrik tentunya naik dan turun. Namun hal ini akan berpengaruh pada cara kerja mesin dispenser. Stabilizer mampu mengatur daya listrik dengan baik untuk kelangsungan pemakaian dispenser tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *