Mengenal Awal Mula Terciptanya Celana Jeans

Perkembangan fashion saat terbilang sangat pesat dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan. Berbagai tren fashion terbaru terus bermunculan dengan model yang berbeda setiap pekannya. Salah satunya yang tidak berubah tetapi terus mengalami perubahan model yaitu celana jeans dari awal mula terciptanya celana jeans sampai dengan sekarang bahan yang digunakan sama dan berbahan kuat nyaman pula saat dipakai. Celana jeans dahulu dibuat untuk para pekerja tambang di Amerika untuk memudahkan mereka saat bekerja yaitu dengan model overall. Akhirnya celana jeans di perbarui dengan berbagai macam jenisnya dan juga bisa dipakai oleh berbagai kalangan.

Celana jeans merupakan salah satu fashion item yang pastinya kamu miliki di dalam lemari. Tidak hanya satu pastinya juga beberapa karena celana jeans ini merupakan pakaian sehari-hari yang simple nyaman digunakan untuk berbagai macam aktivitas. Nah untuk kamu pecinta celana jeans kamu harus tahu perkembangan jeans dari waktu ke waktu.

Mengenal Awal Mula Terciptanya Celana Jeans

Dimulai pada era 60-an. Pada zaman ini celana jeans dibuat terlalu panjang dan kebesaran. Akan tetapi model seeprti itulah yang menjadi tren pada masanya. Jeans memang dibuat panjang dengan kebesaran disesuaikan dengan pemakainya yakni para pekerja tambang yang membutuhkan pakaian untuk meliindungi kakinya dari batu-batuan. Kemudian berlanjut pada era 70-an. Pada zaman ini celana cutbray menjadi tren pada saat itu, termasuk juga model celana jeans. Kepopuleran celana jeans model cutbray juga dibantu oleh sang legendaris Elvis Presley.

Berikutnya berlanjut juga ke era 80-an. Pada era ini celana jeans yang menjadi tren yaitu celana stone washing, yaitu celana yang diciptakan dengan warna yang terlihat usang. Warna pada beberapa bagian celana dibuat dengan berbeda, ada yang lebih gelap dan juga lebih terang.

Dan pada era 90-an, ada dua jenis celana jeans yang sangat hits. Pertama yaitu carpenter jeans, yaitu celana yang memiliki banyak saku. Celana jenis ini dulunya memang banyak dipakai oleh para pekerja bangunan untuk menaruh alat-alat mereka disaku. Yang kedua adalah baggy jeans, yang munculnya akibat musik hip-hop dan Rnb. sampai sekarang perkembangan jenis-jenis jeans masih terus berlanjut dengan berbagai variasi tetapi tidak mengubah kenyamanan saat memakainya. Berlanjut dengan model sobek Awalnya memang pada era 80-an ini populer sebagai street style oleh grup-grup rhythm and blues (R&B).

Di era itu masyarakat selalu terpikat dengan segala yang berbau ngjreng, banyak warna dan cenderung kuno. Gaya dari fashion sobek-sobek inilah salah satu cara untuk mendapatkan perhatian. Tren fashion sobek-sobek ini pun berkembang dan maknanya juga berubah. Di era tahun 90-an, kaum dari genre grunge dan punk yang menyukai pakaian dan celana jeans model sobek-sobek dengan memakai pakaian yang seadanya pula.

Kaum punk ini memang punya peranan penting dalam mempopulerkan tren celana jeans maupun baju yang sobek-sobek. Ideologi punk yang anti kemapanan dan melawan sistem pemerintah direpresentasikan mereka melalui fashion yaitu jeans salah satunya. Celana jeans maupun baju yang berbahan jeans ini di sobek dan dipasangi spike menjadi kunci dari fashion punk. Namun Pada beberapa waktu setelah itu tren celana sobek ini tidak hanya di pakai oleh kalangan punk saja namun dipakai oleh masyarakat biasa, mereka mengatakan jika memakai celana model sobek ini memberikan kenyamanan saat dipakai.

Perkembangan dari awal mula dibuatnya celana jeans sampai sekarang memang kian berbeda dan terus mengalami perubahan tren fashion. Jadi untuk tetap fashionable jangan lupa untuk terus memantau tren fashion terkini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*