Obama spam, spam bervirus. Beware!

Jakarta – Presiden terpilih Amerika Serikat Barack Obama tak lama lagi bakal memulai karir kepresidenannya. Namun bagi spammer, seranganspam seputar presiden AS terpilih itu belumlah usai. 

Menurut laporan Symantec Messaging & Web Security , ketika John McCain diketahui telah kalah dalam pemilihan presiden AS pada November lalu, spammer dideteksi masih mengirimkan serangan e-mail sampah mereka.

Bahkan, serangan spam tersebut lebih ganas karena dilengkapi dengan kode berbahaya. Subyek yang dipilih para pelaku pun cukup menelisik hingga memancing minat penerima e-mail, seperti ‘Obama Wouldn’t Be First Black President’ ataupun yang lainnya.

Pesan tersebut menyatakan bahwa Obama telah terpilih menjadi Presiden AS yang ke-44 dan penerima pesan didorong untuk mengklik sebuah link tertulis ‘Watch His amazing speech at November 5!‘.

Namun awas tertipu. Sebab, dengan mengklik link tersebut pengguna internet akan ter-download kode berbahaya. Selanjutnya, bisa dipastikan komputer korban akan terinfeksi virus atau program jahat lainnya.

Selain video, penjahat cyber juga coba menarik hati calon korban dengan penawaran uang logam pesiden Barack Obama. Tawaran tersebut mengaku-ngaku datang dari percetakan New England Mint, yang menawarkan uang logam sejarah ini dengan harga US$9,95 ditambah biaya pengiriman.

Namun lagi-lagi, ada maksud tidak baik di balik penawaran tersebut. Pasalnya, tujuan darispam ini adalah untuk mendapatkan informasi kartu kredit dari pengguna e-mail yang tidak waspada. 

source: detikinet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.