Resep Seblak Kuah Asam Pedas

Siapa ingin membuat seblak kuah pedas yang dipuji-puji rasa dan aromanya? Jajanan ini sedang hits dan ramai orang jajakan di pinggir jalan. Seblak kuah atau basah adalah kerupuk mentah yang diseduh dengan air mendidih sebelum dibumbui. Umumnya makanan ini bercita rasa gurih dan pedas. Agar mirip dengan yang dijual penjaja, inilah tips yang bisa Anda ikuti.

resep-seblak-mie-750-x-1000

 Pertama-tama, agar kerupuk seblak kuah kenyal dan pas teksturnya, olahlah dengan cara berikut. Kerupuk, umumnya kerupuk aci oranye, kita rebus sebentar hingga lunak lalu kita tiriskan. Kemudian, kerupuk kita masukkan ke dalam air panas dan rendam hingga transparan dan dingin airnya. Dengan begitu, kerupuk akan menyerap air dan tidak keras.

Bahan

cireng
8 biji bakso sapi
15 keping Krupuk Bocah-Tua tipe mawar, rebus 3 menit, tiriskan.
300mL air
1 batang bawang pre, potong-potong
3 lembar daun jeruk, biarkan utuh
1 sdm asam jawa, larutkan dalam 200mL air, saring & ambil airnya saja
2 sdm gula pasir
 
Bumbu Halus
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
6 buah cabe rawit
1 cm kencur
1/2 sdm gula pasir
2 sdt garam
 
Bahan Cireng
200 gram tepung tapioka
50 gram tepung terigu
1 batang bawang pre, potong-potong
1 sdt garam
200 mL air panas
 

Cara Membuat :

1. Untuk cireng, campurkan semua bahan & aduk hingga kalis. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sama besar. Bentuk bundar pipió masing-masing adonan.
2. Panaskan minyak goreng, goreng cireng hingga kering. Angkat & tiriskan. Sisihkan
3. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan bawang pre & daun jeruk. Tumis sebentar.
4. Tuang air, air asam jawa, bakso sapi, Krupuk Bocah-Tua yang telah direbus, & gula pasir. Masak hingga mendidih. Angkat.
5. Sajikan Seblak Kuah Asam Pedas bersama cireng. Nikmat disantap selagi hangat.

Manfaat Mengkonsumsi Seblak

Setelah kamu membuat seblak bandung spesial, dan menyajikannya untuk keluarga. Sekarang kamu harus mengetahui apa saja sih manfaat ketika mengkonsumsi seblak sebagai panganan atau cemilan. Rogjes Telah merangkumnya untuk kamu ketahui.

Mengurangi Stres

Stres disebabkan karena banyaknya pikiran disertai dengan rasa cemas yang terus mengganggu dan membuat tubuh menjadi sangat tegang. Untuk mengurangi stres sebaiknya diperlukan terapi dan beberapa aromatik yang dapat menenangkan kepala. Aroma seblak yang sedap dan kaya akan rempah – remaph membuat tubuk menjadi rileks dan mengurangi setres yang melanda.

Baca juga : Resep Seblak Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *