Biaya Liburan ke Lombok Ala Backpacker

By | April 10, 2018

Salah satu destinasi wisata di Indonesia yang tidak pernah surut akan hilir-mudik pengunjung adalah pulau Lombok. Tujuan wisata yang khalayak dielu-elukan dan diidam-idamkan oleh para traveler. Baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau Lombok masyhur akan keindahan laut dan udara yang masih asri. Lombok juga terkenal memiliki pantai yang bersih dan menawan. Sebut saja seperti pantai Kuta dan Senggigi yang tidak henti-hentinya dikunjungi pelancong akut. Di sisi lain, terdapat pula wisata air terjun Sendang Gile, air terjun tiga warna, Benang Setukel dan lain sebagainya. Terdapat pula, tanam sejarah peninggalan kerjaan Mataram, seperti Suranadi, Narmada, Mayura dan pura Batu Bolong. Tidak ketinggalan, Lombok dilengkapi pula dengan wisata alam, gunung Rinjani. Serta dekat pula dengan Pulau Komodo. Sungguh lengkap bukan? wisata yang ditawarkan di pulau Lombok. Jadi penasaran ingin melancong ke pulau Lombok. Kira-kira berapa ya biaya liburan ke Lombok?

Air Terjun Mangku Sakti di Lombok Timur

Air Terjun Mangku Sakti di Lombok Timur, sumber ini

Biaya Liburan ke Lombok Ala Backpacker

Salah satu kendala untuk liburan ke Lombok yang terbayang dibenak umumnya para wisatawan adalah budget yang serba mahal. Ya, inilah yang menjadi bahan pertimbangan kenapa kebanyakan masyarakat lokal sendiri jarang berwisata ke Lombok. Namun sekarang ini, hal itu bukan lagi masalah besar. Bukanlah masalah akut yang tidak dapat teratasi. Sebab telah banyak solutif yang dapat anda manfaatkan. Sebut saja salah satunya dengan menghemat biaya liburan ke Lombok ala backpacker. Adapun apabila anda memutuskan diri untuk menjadi wistawan backpacker, maka gambaran rincian biaya liburan ke Lombok ialah sebagai berikut:

1. Jakarta-Jogjakarta

Dimisalkan biaya liburan ke Lombok anda mulai dari Jakarta. Maka untuk menuju Jogjakarta anda dapat menggunakan kereta ekenomi dengan tarif berkisar Rp. 30-Rp. 45 K. Adapun pilihan kereta sekaligus tarif dan jam keberangkatannya meliputi:

Bengawan
Berangkat dari Tanah Abang, pukul 19.30WIB
Tiba di Lempunyangan, pukul 05.40 WIB
Harga tiket: Rp. 38.000,-

Progo
Berangkat dari Pasar Senen, pukul 21.00 WIB
Tiba di Lempuyangan, pukul 06.45 WIB
Harga tiket: Rp. 38.000,-

Gaya Baru
Berangkat dari Jakarta Kota, pukul 12.00 WIB
Tiba di Lempuyangan, pukul 21.27 WIB
Harga tiket: Rp. 38.000,-.

2. Jogjakarta-Banyuwangi

Melanjutkan perjalanan menuju Banyuwangi menggunakan kereta ekonomi dengan tarif berkisar Rp. 35 K. Jarak dari stasiun ke pelabuhan Ketapang ialah sekitar 300 meter. Sehingga anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

3. Ketapang ke Gilimanuk

Untuk menyebrang dari Ketapang ke Gilimanuk anda cukup mrogoh kocek sebesar Rp. 10.000,-.

4. Gilimanuk ke Padang Bai

Naik bus menuju Padang Bai dengan tarif Rp. 45.000,-. Apabila tidak menemukan bus, anda dapat transit ke Ubung dengan tarif Rp.30.000,-. Kemudian menuju Padang Bai, naik angkutan umum dengan tarif Rp.15.000,-.

5. Padang Bai ke Lembar

Naik kapal ferry dengan tarif kurang lebih Rp. 31.000,-.

6. Lembar ke Bertais

Melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan umum L300 warna putih, cukup dengan ongkos Rp. 10.000,-.

7. Bertais ke Gili Trawangan

Naik angkutan umum L300 warna putih minta berhenti di Pemenang, tarifnya Rp. 10.000,-. Naik ojek menuju pelabuhan bangsal, seharga Rp.5.000,-. Kemudian menyeberang ke Gili menggunakan boat dengan harga Rp. 10.000,/orang.

Pantai Senggigi di Lombok dari udara sumber ig @unsolicited.drone.pics

Pantai Senggigi di Lombok dari udara sumber ig @unsolicited.drone.pics

8. Bertais ke Senggigi

Naik Bemo seharga Rp. 2.000,- turun di Ampenan. Kemudian naik Carry box menuju arah tanjung sebesar Rp. 50.000,-. Anda dapat turun di pantai yang anda inginkan.

9. Bertais ke Kuta Lombok

Naik angkutan umum L300 warna putih menuju terminal, seharga Rp. 10.000,-. Bisa juga naik ojek ke Kuta dengan tarif Rp. 25.000,-.

10. Bertais ke Taman Narmada

Naik engkel dan turun di Narmada, seharga Rp. 5.000,-.

Apabila anda hendak bermalam, di Senggigi, Mataram dan Gili Trawangan terdapat pula hotel yang sesuai dengan biaya liburan ke Lombok ala backpacker tentunya. Nah, demikianlah gambaran rincian biaya liburan ke Lombok ala backpacker. Setidaknya ini menjadi referensi anda untuk melakukan liburan ke pulau Lombok. Jika tidak mau repot-repot, Anda bisa menggunakan jasa paket wisata Lombok yang sudah banyak tersedia di dunia maya. Sekian dari kami, semoga bermanfaat untuk civitas akademika UAD dan masyarakat lebih luas. Aamiin. 🙂

Nb : update 10 April 2018, harga tiket bisa sewaktu-waktu berubah.

Leave a Reply