Bukit Turgo Jogja, Bukit Yang Penuh Dengan Misteri dan Adat Istiadat Setempat

By | May 5, 2018

Yogyakarta memiliki kondisi wilayah yang berbukit. Mulai dari gunung kidul, kulon progo hingga di Sleman. Agak mirip sama Lombok lah, sehingga banyak tempat wisata mendaki bukit disana dan di Jogja. Kali ini kita bahas salah satu bukit yang ada di Jogja, yaitu bukit Turgo. Namun perlu di ingat, ini hanya informatif saja ya. Jika ada hal yang tidak benar sesuai aqidah Islam kita ya jangan di ikuti. Cukup sekedar tahu saja. Siapa tahu malah jadi lahan dakwah teman-teman mahasiswa UAD yang akan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Okesip?

Taman Sari, salah satu icon Yogyakarta

Taman Sari, salah satu icon Yogyakarta, sumber ini

Bukit Turgo merupakan nama dari sebuah bukit dan dusun yang berada di Desa Purbowinangun, Pakem, Sleman. Untuk menuju ke Bukit Turgo, bisa menempuh jarak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Atau sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan mobil. Letak dari Bukit Turgo ini berada dekat dengan Gunung Merapi. Sehingga wisatawan bisa memandang Gunung Merapi dari Bukit Turgo Jogja. Wisatawan juga bisa menjelajah hutan Merapi, meracik teh dan kopi, hingga melihat seni budaya dan acara adat yang berada di Bukit Turgo Jogja. Berikut ini merupakan seni budaya dan acara adat yang bisa wisatawan nikmati di Dusun Turgo.

 

Seni Budaya Dan Acara Adat Yang Ada Bukit Turgo Jogja

Di desa Bukit Turgo Jogja, terdapat kesenian daerah yang bernama jathilan. Jathilan adalah atraksi kuda lumping yang mana ciri khasnya adalah pemain jathilan mengalami kesurupan sehingga bertingkah seperti kerasukan makhluk halus. Namun, dipertunjukan ini biasanya disertai dukun yang mengendalikan makhluk halus tersebut
Warga Dusun Turgo juga memiliki pertunjukan seni yang mengajarkan dakwah. Yaitu Laras Madyo. Kesenian ini adalah kesenian yang diciptakan oleh Kasunanan Surakarta yang memiliki tujuan mengajarkan dakwah agama Islam. Dalam kesenian ini, menyajikan lagu dengan musik rebana yang dimainkan oleh penyanyi itu sendiri. Tidak semua warga Dusun Turgo beragama Islam. Namun, ada juga yang beragama Kristiani. Sloko merupakan kegiatan yang kurang lebih sama seperti Laras Madyo. Namun bedanya ada pada lagu yang dilantunkan. Lagu yang dilantunkan adalah lagu-lagu rohani Nasrani.

ilustrasi keindahan bukit turgo sumber ig @dwikris_na

Ilustrasi keindahan bukit turgo sumber ig @dwikris_na

Selain kesenian, warga Dusun Turgo juga memiliki upacara adat yang sering dilaksanakan setiap tahun. Pada tanggal 1 Muharram atau menurut kalender Jawa adalah 1 suro, warga Dusun Turgo mengadakan upacara tradisional. Upacara tradisional ini berupa mempersembahkan sesaji yang terdiri dari hasil bumi dan makanan. Kemudian sesajen ini diarak ke berbagai mata air. Yang kemudian berakhir di Makam Kyai Turgo. Baca juga : Wisata Jogja Gembira Loka

Misteri Bukit Turgo Jogja

Setiap tempat tentu saja memiliki keyakinan dan misteri tersendiri. Begitu juga dengan Bukit Turgo. Warga setempat memiliki keyakinan bahwa roh halus penunggu Merapi akan melindungi warga yang tinggal di sekitar Gunung Merapi. Gunung tersebut dipercaya sebagai kuburan para leluhur yang bernama Empu Rama dan Empu Permadi. Kuburan ini juga sekaligus menjadi kerajaan makhluk halus. Warga setempat juga percaya, setan yang ada di Merapi akan memberi tahu lebih dahulu sebelum gunung meledak. Setan ini memberi wangsit lewat mimpi dan bisa berwujud orang tua mengenakan jubah yang bersabda. Bisa juga memberi wangsit melalui gejala alam lainnya seperti suara gemuruh dari gunung atau adanya getaran tanah.

Bekas letusan gunung Merapi yang jadi obyek wisata

Bekas letusan gunung Merapi yang jadi obyek wisata, sumber ini

Tidak ada satu pun ledakan dari Gunung Merapi yang bisa merusakkan desa. Meskipun desa ini masuk dalam kategori desa bahaya Merapi yang kedua. Sekalipun pemerintah mendesak untuk mengungsi, warga sekitar tetap tidak gentar. Hal ini tentu saja membuat salah satu sesepuh di daerah Bukit Turgo memproklamirkan Dusun Turgo sebagai dusun yang disegani makhluk halus yang ada di Merapi. Semoga informasi ringan ingi bisa bermanfaat ya.. Terimakasih banyak sudah berkenan membaca artikel ini hingga akhir.

One thought on “Bukit Turgo Jogja, Bukit Yang Penuh Dengan Misteri dan Adat Istiadat Setempat

Leave a Reply