Mari Mengenal Lokasi Home Industry Para Pengrajin Centong Kayu

By | May 25, 2018

Jika pada artikel sebelumnya kita pernah membahas biaya backpakeran di Lombok. Kali kita kita bahas sesuatu yang unik lagi yuk, yaitu seputar kerajinan entong kayu ya. Kayu merupakan salah satu bahan alami yang bisa diolah menjadi berbagai benda. Di antaranya adalah mebel, furniture, dan lain-lain. Termasuk juga salah satunya adalah alat makan. Menggunakan alat makan dengan bahan dasar kayu ini memiliki kelebihan dari alat makan dengan bahan lain. Salah satu kelebihannya adalah aman dan tidak menyebarkan bakteri.

Dari kayu yang ada di seluruh Indonesia, banyak orang-orang kreatif yang menciptakan terobosan baru dalam penggunaan kayu. Contohnya adalah pembuatan centong kayu yang dibuat oleh para pengrajin centong kayu di seluruh Indonesia. Maka dari itu, Anda harus mengetahui tempat pembuatan centong kayu sekaligus Anda akan mengetahui harga dari bermacam-macam centong kayu.

Lokasi Tempat Pengrajin Centong Kayu

Tempat pengrajin kayu yang pertama berada di Desa Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Selain membuat peralatan dari kayu, pengrajin centong kayu di desa Pucang juga membuat berbagai kerajinan dari tanduk. Selain centong kayu, mereka juga membuat berbagai macam kerajinan. Di antaranya adalah aksesoris, souvenir, gantungan kunci, dan kerajinan dari tanduk berbentuk wayang. Anda juga bisa datang ke tempat atau juga bisa memesan secara online.

Kerajinan centong kayu sumber ig perabotan9

Kerajinan centong kayu sumber ig @perabotan9

Untuk tempat yang kedua berada di Jawa Timur. Tepatnya di Dusun Rejoso, Desa Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Pengrajin centong kayu ini merupakan seorang pasangan suami istri. Yaitu Siyono dan Nur Sholihah. Mereka sudah melakukan kegiatan ini sejak tahun 1993. Penjemuran yang dilakukan di rumah industri ini masih dibilang tradisional. Yaitu menggunakan panas matahari. Selain alat makan dari kayu, pasangan suami istri ini juga membuat alat dapur yang terbuat dari kayu. Sudah banyak orang yang memesan produk dari mereka. Tidak hanya dari dalam negeri, bahkan produk ini sampai ke luar negeri. Seperti Malaysia, Hongkong, Singapura, dan Arab Saudi.

Kembali ke Jawa Tengah. Tepatnya berada di Kauman, Kaloran, Temanggung, Jawa Tengah. Ada seorang pengrajin alat masak dan alat makan dari kayu yang bernama Bapak A.S Yahya. Di rumah industrinya, ia berhasil memanfaatkan kayu menjadi berbagai macam barang yang memiliki banyak kegunaan. Dan produk dari Bapak A.S Yahya ini bisa dibeli langsung di tempat atau bisa dikirim dengan menggunakan jasa Pos, Tiki, dan Bus.

Harga Centong Kayu

Centong Kayu yang dibuat para pengrajin centong kayu ini memiliki berbagai macam harga sesuai dengan kegunaannya. Ada yang digunakan untuk souvenir dan ada juga yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Untuk centong nasi yang digunakan sehari-hari juga memiliki perbedaan harga berdasarkan jenis kayu yang dibuat. Centong kayu yang dibuat dari kayu Sonokeling memiliki harga kisaran Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000. Lain lagi dengan centong nasi yang terbuat dari batok kelapa. Satu buah centong nasi dari batok kelapa memiliki harga sekitar Rp. 10.000. Centong nasi yang terbuat dari kayu aren memiliki harga yang lebih mahal. Yaitu sekitar Rp. 15.000.

Murah meriah bukan? Semoga informasi ini bisa menjadi ide menarik bagi segenap civitas akademika UAD dalam mengembangkan bidang wirausaha. Syukur jika informasi pengrajin centong kayu ini juga bisa bermanfaat lebih luas untuk masyarakat Indonesia. Tempatnya memang agak jauh dari Jogja, akan lebih nyaman jika pergi kesana dengan rental mobil avanza atau innova saja. Jika merasa bermanfaat, silahkan share ke sosial media yang ada yah. Jazakumullah khair

Leave a Reply