Inilah 7 Rekomendasi Wisata Malam Di Mataram Lombok

By | May 31, 2018

Jika sebelumnya kami pernah posting artikel mengenai tips backpaker di Lombok, kali ini kami coba hadirkan beberapa tempat wisata malam di kota Mataram. Sebagaimana kita tahu, Mataram adalah kota terbesar di Lombok NTB. Bagi anda yang sedang mengunjungi Mataram Lombok, pasti juga ingin menghabiskan waktu semaksimal mungkin untuk mengunjungi tempat-tempat di sana. Pasalnya, Pulau Lombok memang terkenal dengan destinasi wisatanya. Namun ketika malam tiba, anda pasti bingung mencari tempat yang bisa dikunjungi di kota ini. Berikut ini artikel yang membahas terkait wisata malam di Mataram Lombok.

Tempat Wisata Malam Di Mataram Lombok

Tidak selamanya tempat wisata di malam hari identik dengan kegiatan negatif. Ada banyak jenis kegiatan yang bisa anda pilih seperti minum kopi atau kulineran. Berikut ini tempat-tempat yang bisa dikunjungi di Mataram pada malam hari :

Taman Sangkareang di Lombok, sumber ig @anggariantow1

Taman Sangkareang di Lombok, sumber ig @anggariantow1 via ini

1. Taman Sangkareang

Tempat wisata pertama di malam hari adalah Taman Sangkareang. Terletak di pusat kota Mataram, taman ini selalu ramai di sore hingga malam hari. Taman ini sangat luas dengan air mancur yang berbentuk kelopak bunga dan tanaman hijau di sekelilingnya. Biasanya, di taman ini juga sering diselenggarakan konser dan pertunjukan seni. Fasilitas yang disediakan antara lain toilet, kursi taman, tempat bermain anak, area bersepeda dan mushola. Anda juga mencicipi berbagai kuliner yang dijajakan di sepanjang taman.

2. Taman Istana Mayura

Taman ini memiliki dua area yaitu area taman itu sendiri dan area pura. Di area taman, anda bisa menemui sebuah kolam yang ditengahnya terdapat bangunan. Bangunan ini dulunya digunakan sebagai tempat pertemuan. Taman ini juga dikelilingi oleh pohon manggis yang berfungsi sebagai pagar. Sedangkan di area pura terdapat empat pura utama, antara lain Pura Gunung Rinjani, Pura Ngelurah, Pura Padmasana, dan Pura Gedong. Pura-pura ini biasanya dipakai beribadah umat Hindu. Namun pengunjung tetap diperbolehkan mengunjungi pura-pura tersebut.

3. Taman Udayana

Taman udayana sering disebut sebagai nol kilometer Mataram karena merupakan pusat hiburan di Kota Mataram. Terletak di jalan udayana,taman ini bisa juga dikatakan sebagai ruang terbuka hijau. Fasilitas yang tersedia antara lain Jogging track, area skate board, lapangan basket, taman bermain anak, lintasan anti rematik dan juga alat-alat kesegaran jasmani. Pada malam hari, Taman Udayana akan semakin ramai dipenuhi oleh anak-anak muda yang bercengkrama. Selain itu, anda bisa mencicipi makanan-makanan khas Mataram ketika malam hari di taman ini.

Pantai senggigi mataram lombok mendekati malam sumber ig panji-skm

Pantai Senggigi mataram lombok mendekati malam sumber ig @panji-skm

4. Pantai Senggigi

Salah satu pantai yang bisa anda kunjungi di malam hari adalah pantai Senggigi. Pantai ini memiliki sebuah pura yang dibangun diatas karang bernama Pura Batu Bolong. Jika menjelang malam, tempat ini dipadati pengunjung yang ingin melihat keindahan matahari terbenam. Pantai ini akan semakin ramai di malam hari.

5. Pantai Gili Trawangan

Pantai yang kedua yang bisa anda kunjungi di malam hari adalah pantai gili trawangan. Rasakanlah keindahan malam hari di pulau kecil ini. biasanya, setiap tengah malam terdapat hiburan musik dengan pesat hingga pagi tiba. Anda bisa menyanyi dan menari sesuka hati di pantai ini.

6. Mataram Night Ride

Bagi yang ingin menikmati Mataram di malam hari dengan cara yang berbeda, silahkan mengikuti Mataram Night Ride. Acara ini diselenggarakan setiap setahun sekali. Mataram Night Ride merupakan acara menikmati suasana malam di Mataram dengan bersepeda. Rute perjalanannya setiap tahun juga berbeda-beda. Peserta juga diharuskan memasang lampu pada sepedanya.

Masjid Islamic Center Mataram, sumber ig @sumardiwati

Masjid Islamic Center Mataram, sumber ig @sumardiwati via ini

7. Islamic Center

Islamic Center adalah salah satu wisata religi yang bisa anda kunjungi di malam hari. Anda bisa melihat indahnya kota Mataram di malam hari melalui menara setinggi 99 meter disini. Di tempat ini, anda juga bisa membeli berbagai pernak-pernik bertemakan Islamic center. Karena selain difungsikan sebagai pusat kebudayaan, wisata religi dan aktivitas keagamaan, di tempat ini juga terdapat pasar seni.

Wisata malam di Mataram Lombok memang tidak banyak seperti di Bali. Tapi semoga artikel diatas dapat membantu anda menemukan tempat-tempat yang bisa anda kunjungi di Mataram ketika malam tiba. Saran dari kami jika akan berkunjung ke Lombok, gunakan saja agen paket wisata yang ada agar lebih memudahkan perjalanan Anda dan rombongan. Setelah ini teman-teman civitas akademika UAD bisa lho merencanakan study wisata ke Lombok juga, he he. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *