Contoh Desain Rumah Minimalis Impian (Hal Penting + Foto)

By | May 11, 2019

Mempunyai rumah impian memang butuh perjuangan, sebab terdapat faktor – faktor yang perlu diperhatikan. Sebagai seorang pemilik, maka wajib memilih tempat yang strategis, disesuaikan dengan luasnya bangunan sampai desain interior rumah dan gaya arsitektur yang akan digunakan. Konsep yang ada biasanya sangat bervariasi, tinggal disesuaikan dengan minat kita nantinya.

Hal Penting Tentang Desain

Oleh karena itu sebagai bekal untuk desain rumah impian, maka diperlukan pengetahuan tentang desain. Berikut ini beberapa hal penting terkait dengan desain rumah.

Desain Tampak Depan (Fasad) dan Cat

Hal yang tak kalah penting adalah desain tampak depan (fasad) serta cat rumah. Biasanya pemilihan cat yang cenderung terang atau hitam putih akan memberikan kesan lebih luas. Lalu, agar rumah tampak lebih nyaman dapat ditambah unsur alam. Caranya dengan menghadirkan tanaman hijau di rumah.

Fasad rumah dengan kombinasi batu, sumber unsplash @margobr

Fasad rumah dengan kombinasi batu, sumber unsplash @margobr

Interior

Setelah memerhatikan desain tampak depan dan cat rumah, selanjutnya adalah interior rumah juga penting. Hal ini karena sebagian aktivitas yang dilakukan akan berada di dalam rumah. Jadi, bagian interior memerlukan perhatian lebih banyak. Menurut teori, penghuni dapat menghabiskan waktunya 95 persen di dalam rumah. Oleh karena itu, siapkanlah bagian dalam rumah yang nyaman. Udara dapat mengalir setiap waktu dengan lancar dan suasana penataan ruang yang indah dipandang.

Inspirasi Desain Rumah Impian

Di bawah ini terdapat beberapa desain rumah idaman yang akan menjadi rumah impian Anda. Konsultasikan dengan jasa desain interior Jogja untuk merealisasikannya jika Anda di Jogja. Yuk mari silahkan simak hingga akhir ya tulisan dibawah ini.

Rumah Minimalis Satu Lantai

Rumah minimalis yang dirancang dengan satu lantai memang jarang ditemukan ketika di kota besar, seperti Jakarta. Akan tetapi masih cukup banyak peminatnya. Rumah ini akan sangat cocok bagi para pengantin baru, ataupun lansia. Desain rumah minimalis satu lantai ini sebenarnya mudah dirancang. Karena penggunaan elemennya yang tidak terlalu banyak. Apabila mempunyai tanah dengan luas tanah yang besar, area yang dibangun akan dapat dimaksimalkan.

Kemudian, untuk rumah minimalis yang dimiliki tadi tampak tinggi maka bisa dengan menambah garis – garis vertikal pada fasad. Garis tadi akan menimbulkan efek jenjang pada bangunan. Ditambah lagi dengan partisi kayu yang diletakkan miring, nantinya akan menambah kenyamanan serta privasi dari penghuni rumah. Namun, masih dapat pencahayaan yang baik.

Rumah minimalis satu lantai, sumber unsplash @scottwebb

Rumah minimalis satu lantai, sumber unsplash @scottwebb

Rumah Minimalis Dua Lantai

Rumah minimalis dengan dua lantai akan banyak ditemukan di perumahan kluster. Tipe rumah ini cocok sekali untuk keluarga kecil. Penggunaan dak beton menjadi ciri khas dari tipe ini. Biasanya akan mengikuti bentuk dasar, tanpa ornamen dan material yang digunakan terdiri dari maksimal 2 kombinasi. Secara teori cat yang digunakan berwarna monokrom. Apabila dirasa sangat polos maka Anda dapat menambahkan material kayu maupun dinding dengan batu alam yang mempunyai motif sederhana.

Baca juga: Home Industri Centong Kayu

Jika mempunyai rumah dengan dua lantai biasanya akan terhambat dengan besaran biaya yang akan dikeluarkan. Namun, jangan khawatir karena rumah tersebut dapat dibangun secara bertahap. Jangan lupa juga untuk mengonsultasikan desain rumah kepada desainer ataupun arsitek dalam perancangan rumah Anda. Meskipun baru dapat membangun satu lantai, layout dan letak tangga pastikan dapat dikembangkan untuk menambah jumlah lantai.

Rumah minimalis dua lantai gaya toko, sumber unsplash @steve4c

Rumah minimalis dua lantai gaya toko, sumber unsplash @steve4c

Rumah Impian Modern

Rumah modern masuk juga ke pembahasan rumah minimalis kali ini. Walaupun terdapat beberapa perbedaan. Misalnya saja untuk bentuk atap rumah modern berbentuk segitiga dan untuk bentuk atap rumah minimalis bentuknya rata (atap dak beton). Rumah modern juga memiliki pengaturan cahaya yang lebih baik. Tips untuk membangun rumah modern ini bisa dengan menghadirkan jendela. Atau bisa juga bukaan yang menjadikan sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Rumah mediteranian modern, unsplash @ialicantemediterraneanhomes

Rumah mediteranian modern, unsplash @ialicantemediterraneanhomes

Demikianlah beberapa inspirasi desain rumah minimalis yang dapat dicoba sebagai bahan referensi Anda. Pilihlah rumah impian yang sesuai dengan keinginan serta budget yang Anda miliki, sehingga akan menghadirkan kenyamanan dan kepuasan bagi diri sendiri, keluarga ataupun pasangan anda. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda. Terima kasih.

Leave a Reply