10 Pantai Selatan Jogja yang Patut Anda Kunjungi

By | May 15, 2019

Pantai Selatan Jogja menjadi lokasi wisata yang ramai dikunjungi pada saat masa-masa berliburan di Jogja. Meski terdapat banyak jenis obyek wisata lainnya seperti bukit, hutan pinus, gardu pandang, museum, desa wisata, kebun binatang dan jenis wisata lainnya, para wisatawan tidak mau ketinggalan menikmati pantai-pantai yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Terdapat hampir 60 lebih pantai di area selatan Jogja. Namun tidak semua sudah dikelola, terkadang masih terdapat pantai yang belum dijamah dan masih alami. Nah, berikut 10 pantai yang terkenal dan sudah dikelola dengan baik yang bisa dikunjungi di area selatan Jogja.

10 Pantai Selatan Jogja

Pantai selatan Jogja adalah pantai di pesisir selatan Jogja yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pantai-pantai ini berciri khas memiliki ombak yang besar, berwarna biru, kebanyakan berpasir putih dan dikelilingi perbukitan. Dengan pemandangan yang khas, pantai selatan Jogja menjadi target wisatawan terutama pada saat-saat berliburan. Berikut 10 Pantai Selatan Jogja yang patut Anda coba kunjungi.

1. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal, sumber ig city.tour.jogja

Pantai Pok Tunggal, sumber ig @city.tour.jogja

 

Dinamakan Pok Tunggal karena keberadaan Pohon Duras yang hanya tumbuh satu-satunya (tunggal) di sana dan menjadi salah satu daya tarik pantai ini sebagai spot foto yang unik. Selain itu, pantai yang masih tampak alami dan dijaga kebersihannya oleh pengelola setempat membuat pantai ini semakin diminati oleh para pengunjung.

Di sini, para pengunjung menikmati suasana pantai dengan caranya masing-masing seperti hanya sekedar bersantai dan bermain air, menikmati makanan yang dijajakan pedagang di sekitarnya bahkan juga bisa menjadi arena camping.

2. Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo, sumber ig pantaihits

Pantai Wedi Ombo, sumber ig @pantaihits

Pantai Wedi Ombo termasuk salah satu pantai yang unik. Pada pantainya terbentuk teluk-teluk kecil dengan karangnya yang besar sehingga pada teluk tersebut para pengunjung bisa berendam layaknya seperti pada kolam kecil.

Namun perlu diperhatikan bahwa di Pantai ini pada bagian pesisirnya para pengunjung sama sekali dilarang untuk bermain air karena ombaknya yang besar. Begitulah pantai ini dinamakan Wedi Ombo (takut ombak). Pantai ini juga berada di Kabupaten Gunung Kidul tepatnya di kelurahan Jepitu, Kecamatan Girisubo.

3. Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan, sumber ig explorealamjogja

Pantai Nguyahan, sumber ig @explorealamjogja

Pantai Nguyahan sedikit berbeda dengan pantai-pantai tadi. Bibir Pantai Nguyahan cukup dangkal dan sedikit tenang dengan daratan pantai yang luas. Tenangnya deburan ombak biasanya karena berada di bebatuan karang besar yang bisa menahannya. Sehingga pantai ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga terutama anak-anak sebagai salah satu obyek wisata pantai Jogja.

Meskipun begitu kewaspadaan tetaplah penting. Keindahan lainnya yang bisa dinikmati di pantai ini adalah perbukitan yang juga sering dijadikan spot foto karena berlatar belakang pemandangan pantai yang indah. Pantai ini berlokasi di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul.

4. Pantai Siung

Pantai Siung, sumber ig toepz_firefighter

Pantai Siung, sumber ig @toepz_firefighter

 

Pantai Siung memiliki ciri khas dengan pasir putihnya dan pemandangan yang cerah. Nah, untuk para pengunjung wisata yang ingin menikmati persis pemandangan Samudera Hindia, salah satunya adalah melalui obyek wisata Pantai Siung. Sebagaimana pantai lainnya, pantai ini juga bersih dan sering dijadikan latar foto bagi para pengguna media sosial. Pantai ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul.

Pesisir pantai ini menjulur panjang dengan berbagai fasilitas pantai yang bisa dinikmati salah satunya tempat-tempat kuliner. Sehingga cocok untuk siapapun yang ingin menikmati kuliner dengan sensasi semilir angina pantai dan pemadangan yang luar biasa Indahnya.

5. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti, sumber ig emma_tyanengrum21

Pantai Indrayanti, sumber ig @emma_tyanengrum21

Pantai Indrayanti Jogja memiliki nama asli Pantai Pulang Syawal yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Sebenarnya Indrayanti nama salah satu tempat kuliner yang berada di Pantai ini sehingga nama yang sebenarnya adalah Pulang Syawal.

Namun para pengunjung baik wisatawan maupun sebagian penduduk setempat lebih mengenalnya dengan Indrayanti karena sesampainya di pantai ini, yang pertama kali serung terlihat adalah papan nama restoran Indrayanti.

Pantai ini sangat terjaga kebersihannya terlihat dari denda yang lumayan besar bagi siapapun yang membuang sampah sembarangan. Keindahannya hampir sama dengan Pantai Siung dimana terdapat tebing-tebing untuk melihat pemandangan pantai secara keseluruhan.

6. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan, sumber ig muhammadbagus26

Pantai Sadranan, sumber ig @muhammadbagus26

Di sebelah Pantai Indrayanti terdapat Pantai Sadranan yang memiliki daya tarik yang sedikit berbeda. Di pantai ini terlihat para pengunjung menikmatinya bukan hanya dengan bersantai dan bermain air, tetapi juga berselancar dan snorkeling.

Terdapat pula fasilitas penginapan dan tempat-tempat kuliner yang berada pada sekeliling dan pesisir pantainya. Lokasi pantai ini berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul.

7. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan, sumber ig pantai.jogja

Pantai Ngrenehan, sumber ig @pantai.jogja

Pantai Ngerenahan lebih menyerupai teluk yang diapit oleh dua bukit. Namun pantai ini tetap menghadap ke Laut di bagian selatannya sehingga memberikan keunikan tersendiri baik untuk dinikmati secara langsung maupun pemandangan yang tidak biasa.

Pantai ini tenang dan sangat cocok untuk menjadi wahana bermain air. Lokasi pantai ini berada di desa Kanigoro Kecamatan Saptosari kurang lebih 30 km di sebelah selatan kota Wonosari, Gunung Kidul.

8. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang, sumber ig adyjep3ter_

Pantai Sepanjang, sumber ig @adyjep3ter_

Pantai yang satu ini memiliki garis pesisir atau bibir pantai yang diklaim terpanjang diantara puluhan pantai-pantai yang terdapat di Gunung Kidul, Jogjakarta. Konon inilah sebabnya pantai ini dinamakan Sepanjang.

Lokasi pantai ini terletak di Desa Tanjungsari, Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul. Di sini para pengunjung bisa menikmati spot foto yang lebih unik dari pantai-pantai lainnya karena karang-karang yang menjorok ke bibir pantainya seperti pulau-pulau kecil yang bisa disinggahi.

9. Pantai Drini

Pantai Drini, sumber ig nusantaraviews

Pantai Drini, sumber ig @nusantaraviews

Jika pantai sepanjang hanya memiliki ornamen yang menyerupai pulau kecil, Pantai Drini memang memiliki Pulau Drini. Pulau Drini merupakan pulau kecil yang bisa dinikmati selama berkunjung ke Pantai Drini. Di pulau kecil ini banyak pepohonan yang rindang sehingga bisa dipakai untuk bersantai selain menjadikannya spot foto dengan latar belakang Laut Selatan. Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul dan bersebelahan dengan pantai-pantai terkenal lainnya seperti Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Sundak dan lain-lain.

10. Pantai Sundak

Pantai Sundak, sumber ig pambudi_winih_mintari

Pantai Sundak, sumber ig @pambudi_winih_mintari

Pantai Sundak awalnya bukanlah pantai yang seperti sekarang karena pantai ini merupaka evolusi dari pantai yang dahulu kala sering timbul dan tenggelam dengan permukaan daratan yang ada. Nah, pada tahun 1930 terjadi fenomena alam yang membuat daratan tersebut muncul sebagai daratan yang baru dan tidak pernah tenggelam lagi meski debit air yang besar ketika musim hujan.

Pantai ini biasa dinikmati dengan bersantai pada area pesisirnya dengan fasilitas gazebo yang disediakan dan pemandangannya menjadi menarik saat matahari terbenam. Pantai Sundak berada di Desa Sidoharjo, Kecamata Tepus, Gunung Kidul.

Dengan didukung fasilitas seperti paket wisata Jogja, sewa mobil Jogja, hotel dan penginapan dan fasilitas lainnya, para wisatawan bisa mengunjungi pantai-pantai ini dengan nyaman. Kami merekomendasikan untuk memanfaatkan fasilitas ini untuk aktivitas wisata yang lebih menyenangkan.

Itu dia 10 pantai selatan Jogja yang patut untuk dikunjungi saat masa berliburan tiba. Semoga bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya ya. Simak berbagai artikel lainnya di halaman website kami, silahkan share dan berikan komentar Anda. Matur Nuwun!

Leave a Reply