Inilah 7 Makanan Khas Lombok : Kuliner Khas, Cita Rasa Pedas

By | August 23, 2019

Pulau Lombok adalah salah satu surga dunia yang bisa ditemukan di Indonesia. Pulau ini hampir tak pernah absen dalam daftar kunjungan setiap orang yang merencanakan melakukan perjalanan untuk memanjakan diri dan memadu kasih dengan keindahan alamnya.

Selain terkenal dengan wisata alam dan budayanya, Lombok juga dikenal akan masakan khas yang dominan bercita rasa pedas dan berbumbu rempah yang diracik khusus agar menciptakan keunikan khas penduduk Lombok.

Jika Anda mempunyai rencana untuk liburan ke Lombok atau bahkan saat ini sudah berada di pulau seluas 5.435 km persegi ini, jangan lupakan beberapa makanan khas Lombok untuk Anda cicipi. Tentu hal itu akan menambah pengalaman wisata kuliner Anda.

Mengenal Makanan Khas Lombok

Sebagai tempat wisata halal terbaik, tentu juga tidak boleh dilewatkan untuk mencicipi makanan khas Lombok. Bagi Anda yang belum mengetahui makanan khas Lombok, berikut ulasan lengkapnya.

1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang, sumber ig @tina_komara

Untuk makanan khas yang satu ini, bisa dibilang hanya sedikit masyarakat Indonesia yang belum pernah mendengarnya. Ayam taliwang memang menjadi salah satu dari sekian banyak makanan khas Lombok yang paling terkenal di Indonesia.

Hampir seluruh restoran atau rumah makan di Lombok yang berdiri menyajikan menu ini. Bahkan, bisa dibilang kalau antara satu dengan yang lain saling berlomba untuk mendapatkan posisi terbaik di hati pelanggannya.

Ayam taliwang memiliki banyak jenis, ada ayam taliwang pedas manis, sambal lima, pelecingan, bakar kecap, bakar madu, goreng asam, dan goreng biasa. Penyajian ayam taliwang biasa ditemani nasi dan sahabat terbaiknya yakni pelecing kangkung.

2. Bebalung

Bebalung oleh masyarakat Lombok dianggap sebagai makanan penambah tenaga dan penumbuh vitalitas. Penggunaan makna tersebut merupakan arti dari istilah bebalung yang dalam bahasa Sasak berarti tenaga. Makanan khas Lombok ini secara tampilan mirip dengan gulai atau soto daging.

Bebalung biasanya terbuat dari tulang iga sapi sehingga dinamakan bebalung sapi. Selain pakai iga sapi, bebalung juga bisa menggunakan iga kerbau yang kemudian diracik bersama bumbu halus berupa cabai rawit, lengkuas, kunyit, jahe, bawang merah, dan bawang putih.

Oleh suku Sasak, bumbu semacam itu disebut sebagai ragi rajang. Setelah bumbu menyatu dalam tulang iga, bebalung sapi sudah bisa disantap. Bebalung paling enak dihidangkan saat masih hangat. Biasanya penyajian bebalung dilakukan dalam mangkok ditemani nasi putih, plecing, dan sambal.

3. Beberuk Terong

Terong yang biasanya dianggap sebagai sayuran remeh oleh sebagian orang, justru diperlakukan bagaikan primadona di tanah Lombok. Terong diolah menjadi lalapan khas Lombok yang bisa menjadi pendamping santap nasi dan lauk utamanya. Seperti yang dikatakan sebelumnya, makanan khas Lombok ini juga mempunyai cita rasa yang pedas menyegarkan.

Beberuk terong dibuat dari terong gelantik yang mempunyai tekstur renyah dan rasa langu tapi tidak getir atau sepet. Terong biasanya ditemani pula kacang panjang yang kemudian disiram dengan sambal tomat. Rasa pedas yang dihasilkan dari sambal tomat tidak begitu menyiksa lidah. Hal ini juga disebabkan adanya paduan rasa manis dan asam berkat penggunaan bumbu lain di dalamnya.

4. Nasi Balap

Apabila Anda pernah berkunjung ke Medan, Anda akan menemukan makanan khas Medan yang bernama mie balap. Ternyata selain di Medan, makanan yang menyematkan istilah balap ke dalamnya juga bisa ditemukan di Lombok.

Nasi balap merupakan makanan berat yang menunjukkan ciri khas masakan Lombok yang terletak pada cita rasanya yang pedas. Apabila Anda belum pernah mencoba makanan ini, nasi balap adalah hidangan nasi putih pada umumnya yang disajikan bersama suwiran ayam berbumbu pedas, kering kentang, kacang kedelai goreng, dan telur.

Rasa pedas yang dihasilkan berasal dari ayamnya. Sedangkan kehadiran kentang kering menciptakan cita rasa gurih dan renyah. Nasi balap menjadi makanan khas Lombok yang sekarang cukup banyak dijual juga di daerah-daerah lain, semisal Yogyakarta.

5. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung

Plecing Kangkung, sumber ig @waroenglombok

Plecing kangkung adalah makanan khas Lombok berjenis sayuran yang biasa dihidangkan bersama lauk utama dan nasi atau kehadirannya antara lain sebagai menu pendamping dan pelengkap. Sesuai namanya, makanan ini terdiri dari kangkung sebagai bahan utamanya yang direbus dan disajikan saat sudah dingin bersama sambal tomat.

Selain kangkung, ada juga bahan lain yang turut meramaikan isian plecing seperti tauge, kacang panjang, dan kacang tanah goreng. Kemudian untuk kangkungnya sendiri adalah kangkung air yang ditanam di sungai dengan metode pengaliran tertentu sehingga menghasilkan kangkung dengan batangan yang besar dan renyah.

6. Sate Bulayak

Sate bulayak adalah hidangan sate yang menggunakan daging ayam, jeroan, dan daging sapi sebagai bahan utama yang ditusuk hingga berbentuk sate. Dari tampilan satenya memang tak jauh berbeda dengan sate-date di daerah lain.

Yang berbeda dari makanan ini adalah bulayaknya. Bulayak sendiri merujuk pada lontong yang dililit dengan daun aren atau enau. Ukuran bulayak lebih kecil dari lontong pada umumnya. Bulayak mempunyai tekstur yang lembut dengan cita rasa yang gurih

Biasanya bulayak dimakan langsung bersama sate yang sudah dibumbu dengan bumbu kacang yang berasal dari kacang tanah yang disangrai, ditumbuk, kemudian direbus bersama santan serta bumbu rempah lain sehingga menciptakan rasa yang pedas.

7. Sayur Ares

Sayur ares adalah sayuran khas Lombok yang menggunakan bahan dasar bernama ares. Ares sendiri merujuk pada pelepah pisang atau gedebok pisang yang masih muda. Ares yang sudah dipilih kemudian diolah bersama kuah yang terbuat dari santan.

Sayur ares mempunyai cita rasa yang gurih dari hasil penggunaan santan yang berpadu dengan bumbu rempah menyerupai kari seperti ketumbar, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, kunyit, lengkuas, dan jintan.

Demikianlah ulasan mengenai makanan khas Lombok yang merupakan kuliner khas dengan cita rasa pedas. Bagi Anda yang berkesempatan wisata ke Lombok, jangan lewatkan wisata kuliner khas dengan rasa pedas. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply