Faktor Yang Mendorong Kemajuan Wisata Lombok

By | November 25, 2019

Siapa yang belum pernah ke Lombok? Destinasi wisata pilihan dan merupakan favorit wisatawan baik lokal atau mancanegara ada di Lombok. Selain itu makanan khas Lombok yang memiliki citarasa pedas juga merupakan masakan khas Nusantara yang sangat dikenal di berbagai daerah di Indonesia. Termasuk di kota pelajar yang merupakan kota dengan berbagai suku bangsa yakni Jogja.

Pantai senggigi mataram lombok mendekati malam sumber ig panji-skm

Pantai Senggigi mataram lombok mendekati malam sumber ig @panji-skm

Ada beberapa faktor yang mendorong kenajuan wisata di Lombok. Dari beberapa faktor tersebut empat faktor dibawah ini yang mungkin mendominasi pengaruh kemajuan wisata di Lombok. Inilah faktor yang mendorong kemajuan wisata Lombok.

Alam Yang Indah

Alam di pulau Lombok tidak diragukan lagi keindahannya. Kontour daratan pulau Lombok yang berupa pegunungan atau perbukitan menjadikan destinasi wisata di Lombok populer dengan wisata alamnya. Disamping ada beberapa destinasi wisata yang menawarkan wisata budaya, wisata religi atau wisata sejarah.

Destinasi wisata populer di Lombok seperti halnya wisata daerah tropis lainnya adalah adanya wisata pantai yang ada di tiap titik detinasi wisata. Seperti pantai Seger di Lombok yang menawarkan suasana pemandangan alamnya, pantai Senggigi yang memiliki kelebihan mudah di jangkau karena dekat dengan kota dan beberapa pantai di Lombok lainnya.

Jogja yang merupakan pusatnya wisatawan di pulau Jawa memiliki pantai selatan Jogja yang indah dan bagus untuk dikunjungi. Begitu pula Lombok juga memiliki pantai andalan yang berada di tengah laut. Keunikan pantai di tengah laut inilah yang menjadikan Lombok menjadi tujuan wisatawan. Pantai di tengah laut ini sebenarnya adalah pantai yang ada di pulau kecil bernama Gili di tengah laut.

Dekat Dengan Destinasi Wisata Lainnya

Lombo memiliki lokasi yang tepat sebagai destinasi wisata tingkat dunia. Di sebelah barat pulau Lombok merupakan destinasi wisata yang sudah lama eksis dan menjadi tujuan utama kunjungan wisata mancanegara yaitu Bali. Maka tak heran jika wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Lombok sebelumnya telah mengunjungi pulau Bali.

Sebelah timur pulau Lombok merupakan pulau Sumbawa dan juga daerah wisata yang merupakan destinasi wisata pulau Komodo. Binatang Komodo yang merupakan salah satu binatang purba yang masih bertahan hidup merupakan daya tarik tersendiri dari Pulau Komodo. Komodo Tour Package yang ditawarkan pengelola wisata Komodo secara tidak langsung juga memberi dampak yang positif pada keberlangsungan wisata Lombok.

Banyak penyedia layanan paket wisata Komodo yang berada di Lombok. Seperti halnya salah satu penyedia jasa wisata di Lombok yakni Nusatourindo, mereka memberikan pelayaan wisata di wilayah Lombok dan juga paket wisata Komodo yang sebenarnya berada di luar pulau Lombok.

Dukungan Masyarakat

Dalam perjalanan semakin berkembangnya dunia pariwisata di Lombok ternyata disambut dengan antusias oleh masyarakat Lombok. Mereka perlahan-lahan mulai bangkit dengan memulai usaha yang berhuungan dengan wisata seperti jasa perjalanan wisata atau jasa sewa mobil. Adanya keuntungan sewa mobil dari transportasi lainnya membuka peluang lebih besar masyarakat Lombok untuk mencoba peruntungan di dunia sewa mobil.

Animo masyarakat dalam usaha rental mobil ini juga dapat dilihat dari semakin banyaknya masyarakat Lombok yang membeli kendaraan mobil. Untuk merk Honda saja, meskipun harga mobil Honda di lombok masih tergolong tinggi karena keberadaan nama besar Honda, ternyata mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Keindahan Lombok menarik minat wisatawan. Sumber Unsplash

Gencarnya Penyebaran Informasi Digital

Keberadaan internet dan perkembangan alat komunikasi juga menjadi pemicu semakin majunya pariwisata di Lombok. Banyak berbagai portal berita dan juga website komersial yang memberitakan wisata di Lombok. Bahkan tips mengenai berwisata ala backpacker ke Lombok bisa kita temukan di berbagai website. Itu artinya dunia digital sangat membantu wisatawan dalam mencari informasi.

 

 

Leave a Reply