Menangani Bayi Pada Masa Awal kelahiran

By | March 11, 2020

Setelah si kecil lahir, mungkin anda tidak akan terlalu ribet jika menyelenggarakan aqiqahnya menggunakan jasa layanan aqiqah. Saat ini banyak tersedia jasa aqiqah di berbagai kota sepertii aqiqah Jakarta, aqiqah Jogja dan kota lainnya. Namun yang ribet adalah saat merawat bayi di awal awal usianya.

Bayi yang baru lahir masih lemah sehingga sangat rentan dengan serangan virus dan bakteri. Bayi yang baru lahir juga berbeda perawatannya dengan anak kecil. Selain itu, bayi juga masih adaptasi dengan lingkungan barunya. Karena itulah menangani bayi pada masa awal kelahiran membutuhkan kesabaran penuh dan psikis yang kuat.

Menangani Bayi Pada Masa Awal kelahiran

Bayi baru lahir rentan terserang virus. Sumber Unsplash

Bayi Gumoh

Ketika si kecil memuntahkan susu dari mulutnya sesaat setelah minum ASI bunda tidak perlu khawatir. Gumoh adalah sesuatu yang wajar meskipun sering terjadi karena esofagus atau sekat lambung dan lambung bayi belum berfungsi secara sempurna.Untuk menghindari gumoh maka bisa memposisikan si kecil tegak tetapi bukan mendudukannya selama beberapa saat setelah ia menyusu dan biarkan untuk bersendawa.

Sindrom Arsenic Hours Pada Bayi

Ada istilah arsenic hour dimana bayi tanpa sebab yang jelas akan menangis di tiap malam. Biasanyatangisan itu akan berhenti jika bayi di gendong. Hal ini terkadang membuat pasangan muda stres ketika memiliki momongan baru.Dan lagipula mana mungkin ibu menggendong si kecil setiap malam sampai pagi agar bayi tenang.

Ada jutaan ibu yang mengalami hal sama di seluruh dunia. Hal itu bisa terjadi dalam jangka waktu berbeda-beda. Bahkan ada yang lebih dari sebulan. Yang paling utama adalah jangan stress menghadapi hal tersebut. Penanganan selanjutnya adalah tetap berusaha menenangkan bayi dengan cara ditimang, dipeluk dan cara-cara lain untuk meredakan tangisan si kecil.

Menangani Bayi Yang Tidur Lama

Lama waktu tidur bayi mencapai 18-20 jam sehari. Setelah usia bertambah maka pol tersebut akan berubah sedikit demi sedikit. Bayi yang tidur dengan durasi lama memang normal. Yang perlu diperhatikan adalah jangan membiarkan si kecil tidur terlalu lama dengan tanpa minum ASI. Dokter biasanya menganjurkan untuk membangunkan bayi yang tidur jika sudah waktunya minum ASI. Karena si kecil tidak bisa mengkonsumsi ASI dalam jumlah besar. Ia akan meminum ASI sedikit tetapi sering.

Sering Kehausan

Lambung si kecil yang masih berukuran kecil menjadikan tidak mampu menampung ASI dalam julah banyak. Sehingga bayi akan menyusu turus di hari pertamanya setiap 1-2 jam. Jika si kecil masih tertidur terus sepanjang hari maka ibu bisa membangunkan si kecil dan tetap memberikannya susu. Bayi yang baru lahir memang pada hari hari pertama mengalami penurunan ataupun peningkatan berat badan secara drastis. Beberapa tanda bayi yang kehausan yaitu menangis secara kuat, mengisap tangannya, ataupun mengecap-ngecap seperti mencari puting.

Menangani Bayi Pada Masa Awal kelahiran

Bayi sering tertidur di siang dan malam hari. Sumber Unsplash

Jika bayi menyusu di tengah malam dan ibu masih mengantuk maka diusahakan dengan tetap menyusu sambil duduk di bawah karena dikhawatirkan bayi bisa lepas dari tangan saat mengantuk. Pada bayi yang baru lahir agar dihindari menyusuinya sambil tiduran. Banyak kasus bayi meninggal karena bagian muka bayi tertimpa payudara saat menyusui. Usahakan sang suami juga ikut bangun ketika bayi menangis karena BAB dan harus mengganti popok.

Jika ada masalah lain yang sekiranya mengganggu pikiran anda seperti bayi yang lemah, berat badan yang tidak kunjung naik, demam dan kejang dan masalah klinis lainnya segera konsultasikan ke dokter anak atau bisa juga dibawa ke rumah sakit ibu dan anak di kota anda. Untuk di jogja berbagai rumah sakit ibu dan anak di Jogja sudah cukup berpengalaman dalam menangani masalah pada kesehatan ibu dan anak.

Itulah ulasan mengenai menangani bayi pada masa awal kelahiran. Semoga artikel ini bisa membuka wawasan anda dan bisa menjadi referensi untuk anda yangmungkin saat ini sang istri baru hamil tua. Jangan lupa membaca artikel lainnya tentang Gembira Loka Zoo Jogja yang cocok dijadikan destinasi wisata anak anak. Terima kasih.

Leave a Reply