Tips Merayakan Pernikahan Sederhana yang Praktis dan Islami

By | March 27, 2020

Bagaimana Anda merayakan hari bahagia Anda? Ya, hari pernikahan yang menjadi salah satu momen yang paling istimewa dalam hidup kita. Pasti setiap orang memiliki rencana dan impian pernikahannya masing-masing. Semua itu tidak lepas dari bagaimana mereka memaknai momen yang satu ini dalam hidup mereka.

Saat ini tersedia banyak pilihan penyelenggaraan pernikahan. Ada yang sesuai dengan tradisi setempat, ada yang merayakannya semaksimal mungkin (mewah), ada juga yang merayakannya semampunya. Tetapi tidak jarang juga, orang yang meskipun mampu merayakan secara mewah, lebih memilih merayakannya dengan cara yang sederhana. Karena semua tergantung bagaimana memaknai momen ini dalam hidupnya.

Terlepas dari semuanya, pernikahan hanyalah awal dari berbagai momen bahagia saat berkeluarga. Setelah menikah kemudian memiliki anak, merayakan Aqiqah Purwokerto bagi anak, melihat prestasi anak dan berbagai momen lainnya. Yang terpenting adalah memaknai setiap momen ini dengan tepat.

Pernikahan Dalam Islam

Busana Pernikahan Islami, sumber : POPBELA.com

Busana Pernikahan Islami, sumber : POPBELA.com

Pernikahan adalah prosesi yang pasti berkaitan dengan konsep dan cara hidup tertentu. Maka, bagi setiap muslim, wajib untuk melaksanakan pernikahan berdasarkan dengan syariat Islam. Pernikahan berdasarkan syariat Islam ini yang terbaik dan bahkan lebih mudah dibandingkan dengan pernikahan dengan konsep-konsep lainnya.

Didalam Islam, pernikahan adalah ibadah. Tujuan dari ibadah adalah mendapatkan ridha Allah SWT. Karena itu, selama dapat mencapai tujuan dengan cara yang sesuai dengan syariat, maka baik sederhana maupun mewah suatu prosesi pernikahan, tetaplah sama dilihat dari tercapainya tujuan agung ini.

Islam juga mengajarkan, bahwa apa yang akan dihadapi setelah pernikahan adalah jalan yang tidak mudah dan kadangkala penuh dengan lika-liku. Maka, tidak ada salahnya kan kalau kita memimpikan konsep pernikahan sederhana, namun tetap khidmat dan tujuannya tercapai.

Tips Pernikahan Sederhana

Konsep pernikahan sederhana memang kembali lagi kepada setiap calon pasangan yang merencanakannya. Terkadang jika memang mampu, pernikahan bisa dilaksanakan secara mewah. Namun pernikahan sederhana juga bisa menjadi konsep yang bagus, meskipun mampu untuk lebih dari sekedar sederhana. Karena budgetnya bisa dipersiapkan saat nanti untuk menjalankan kehidupan berkeluarga.

Nah, bagaimana sih tips pernikahan sederhana, simpel namun bisa tetap khidmat, berkah, membawa suasana gembira dan tujuan pernikahan bisa tercapai? Berikut tips nya!

1. Merancang Konsep Pernikahan Islami

Ternyata konsep pernikahan Islami bisa menghemat budget lho. Meskipun bisa juga tidak. Misalnya, pernikahan hanya dihadiri oleh keluarga yang mahram. Tentu saja pernikahan seperti ini bisa sangat hemat, sederhana namun tetap khidmat dan berkesan.

Selain itu, ditinjau dari prosesinya, yang penting adalah aqad nikah. Setalahnya acara walimah Islami hanya menjadi ajang silaturahmi saling mendoakan dan menasehati satu sama lain antara mempelai dan para tamu. Berbeda jika ditambah dengan prosesi adat, atau acara diatas panggung dan lain-lain yang tentunya membutuhkan budget lebih besar terkait kebutuhannya.

2. Memilih Gedung Pernikahan Sederhana

Ilustrasi Gedung Pernikahan, sumber : YDSF

Ilustrasi Gedung Pernikahan, sumber : YDSF

Untuk konsep pernikahan sederhana, sebaiknya hanya mengundang tamu yang benar-benar memiliki relasi yang dekat dengan mempelai. Terutama para relasi yang dapat memberikan doa terbaiknya bagi hubungan pernikahan yang akan dijalani bersama dalam keadaan senang dan duka. Dengan begitu seharusnya jumlah tamu akan dapat ditekan dan hanya memerlukan gedung sederhana atau bahkan bisa menggunakan rumah pribadi.

3. Memilih Catering Yang Simple

Ada banyak menu makanan. Sangat banyak sekali. Memilih menu yang simpel, berisi dan sehat masih bisa didapatkan dengan budget yang sehemat mungkin. Selain sederhana, menu pilihan ini dapat tetap menghormati para tamu undangan yang sudah meluangkan waktunya untuk bersedia hadir di acara pernikahan.

4. Memilih Undangan Alternatif

Saat ini, undangan pernikahan sudah banyak ber”evolusi”. Jika kita melihat banyak undangan dalam bentuk yang bagus, kertas yang berkualitas apalagi ditambah souvenir, saat ini ada alternatif undangan digital. Undangan digital bisa dikirim melalui perangkat gadget dan yang sejenisnya, dan tentu saja dapat menekan biaya pengeluaran untuk membuat undangan.

5. Memakai Busana Pernikahan Islami

Busana pernikahan Islami hanya menuntut agar para mempelai menutup auratnya dengan baik. Sepakati busana yang dipakai agar sesuai dengan konsep pernikahan, pilihlah yang simpel dan murah, namun tetap berkualitas.

Leave a Reply