Tips Memilih Rental Mobil di Jakarta dan Syarat Lepas Kunci

By | March 28, 2020

Bagi Anda yang ingin berkeliling di Jakarta, ada banyak pilihan transportasi untuk Anda manfaatkan. Oleh karena Jakarta merupakan Ibukota, maka ketersediaan fasilitas transportasi umum-komersil cenderung banyak. Salah satunya adalah sewa Elf Jakarta. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan ketersediaannya.

Namun tentu saja harus memiliki sedikit pengetahuan. Misalnya kapan saat yang tepat menggunakan Transjakarta, Ojek Online atau Rental Mobil. Agar tidak ada kendala bahkan kerugian saat memanfaatkannya. Nah, di sinilah Anda perlu mencari berbagai informasi terkait moda transportasi yang Anda pilih di Jakarta.

Jika Anda memilih untuk rental mobil, maka pilihan ini cocok ditujukan apabila Anda membutuhkan kendaraan selama seharian atau berhari-hari. Oleh karena rental mobil dapat melayani antar jemput serta memiliki driver sekaligus. Pilihan ini juga cocok bagi Anda yang masih sama sekali belum akrab, tidak begitu paham lokasi dan bersama rombongan di Jakarta.

Tips Memilih Rental Mobil di Jakarta

Agar lebih antisipatif, Anda perlu mengetahui dengan jelas bagaimana memilih rental mobil di Jakarta. Untuk membantu Anda, berikut kami sediakan informasinya.

Sewa Elf Jakarta, sumber : Winholiday

Sewa Elf Jakarta, sumber : @Winholiday

1. Cari Tahu Informasi dengan Jelas

Cara awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari sebanyak-banyaknya informasi mengenai rental mobil di Jakarta. Anda bisa mencari informasi beberapa rental mobil sebagai bahan pertimbangan. Baru kemudian Anda bandingkan antara rental mobil satu dengan yang lainnya.

Pastikan Anda memilih rental mobil yang memiliki kontak untuk dihubungi yang jelas. Supaya jika ada apa-apa lebih mudah untuk dihubunginya dan juga pastikan rental mobil. Surveylah setiap jenis mobil dari beberapa jasa penyedia sewa mobil berbeda agar kita bisa menyewa mobil sesuai budget dan tanpa adanya biaya tambahan setelah menyewa. Jangan sampai hal ini merugikan kita.

Carilah informasi akurat apakah ada tambahan biaya seperti biaya bensin dan biaya supir dan apakah bisa lepas kunci atau tidak. Biasanya beberapa rental mobil tidak menyediakan opsi ini.

2. Kunjungi Alamat Rental Mobil Jakarta Tersebut

Jangan sekedar percaya dengan sistem online, Anda juga perlu mencari tahu lebih lanjut dengan mengunjungi langsung lokasi rental mobil. Dengan begitu Anda bisa melihat langsung kondisi dari rental mobil dan juga kondisi-kondisi mobil yang berada di rental mobil. Tentunya dengan keadaan rental yang rapih dan juga keadaan mobil yang bagus bisa mencerminkan bahwa rental mobil tersebut terpercaya.

3. Pelayanan yang Baik

Rental mobil yang terpercaya akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumennya. Hal ini di lakukan supaya bisa menarik perhatian calon konsumen dan membuat konsumen loyal. Pelayanan terbaik dapat di berikan dengan tatap muka yang ramah, bersedia memberi informasi yang jelas mengenai rental mobil, dan menjawab pertanyaan dengan bijak.

4. Driver yang Professional

Rental mobil yang terpercaya memiliki kualitas driver yang professional. Driver professional di lihat dari caranya melayani konsumen, kelengkapan identitasnya sebagai driver, dan tentunya sudah melewati masa training . dalam berkendara driver yang professional tidak akan mengemudi dengan sembarangan. Sehingga keselamatan konsumen diutamakan.

Prosedur Lepas Kunci

Apabila Anda memiliki keperluan khusus yang mengharuskan Anda berkendara sendiri tanpa driver yang disediakan pihak rental mobil, Anda bisa memilih layanan rental mobil lepas kunci. Berikut persyaratannya.

Ilustrasi Lepas Kunci, sumber : Travel - Tempo.co

Ilustrasi Lepas Kunci, sumber : Travel – Tempo.co

1. Survei Pemilik Rental

Calon penyewa mobil lepas kunci biasanya perlu disurvei lebih dulu oleh pemilik mobil rental. Untuk survei ini, syarat yang diminta pihak rental biasanya cukup banyak. Lamanya survei ini juga akan berbeda berdasarkan tujuan penggunaan serta lama sewa kendaraan.

2. Lampirkan Berkas Jaminan

Anda tidak cuma perlu melampiran fotokopi identitas Anda seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu keluarga), dan SIM (Surat Izin Mengemudi). Namun, juga perlu melengkapi dokumen NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), ID card tempat Anda bekerja atau referensi perusahaan tempat anda bekerja. Hal ini hanya sekedar sebagai jaminan agar saling percaya satu sama lainnya.

3. Tanda Tangan Surat Perjanjian

Setelah proses survei dan pengumpulan berkas, Anda perlu menandatangani sejumlah dokumen perjanjian dengan pihak penyewa. Dengan begitu proses transaksi dilanjutkan ke penggunaan layanan hingga prosesnya berakhir.

Biasanya layanan rental mobil juga bisa sekaligus include dalam paket wisata, seperti di daerah lainnya yaitu Labuan Bajo tour. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply