Oleh-oleh Susu Kuda Liar Sumbawa yang Berkhasiat

By | May 8, 2020

Berburu oleh-oleh tidak bisa dipisahkan dari aktivitas wisata. Meskipun mungkin tujuan wisata Anda ke Lombok, tetapi tidak ada salahnya mencicipi oleh-oleh khas Sumbawa yang lokasinya berada bersebelahan dari Lombok.
Susu kuda liar khas Sumbawa ini telah didistribusikan bahkan hingga keluar Lombok. Jadi untuk mencarinya relatif mudah saat Anda sedang berada di Lombok. Namun agar lebih mengetahui berbagai informasi terkait susu kuda liar khas Sumbawa ini, berikut informasinya.

Lokasi Produksi Susu Kuda Liar

Susu kuda liar pilihan yang dijual di beberapa pusat oleh – oleh atau kuliner Lombok. Mengambil stok susu kuda liar di Desa Saneo, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa. Desa ini merupakan desa yang sudah lama dikenal sebagai penghasil susu kuda liar asli berkualitas tinggi. Bagi traveler yang ingin melihat secara langsung proses produksinya dapat mengunjungi Desa Saneo.

Desa Saneo, sumber : Tabloid Sinar Tani

Desa Saneo, sumber : Tabloid Sinar Tani

Manfaat Susu Kuda Liar

Sebelum traveler mengetahui manfaat susu kuda liar, dalam Al-Qur’an telah dituliskan bahwa “Sesungguhnya pada binatang – binatang ternak, terdapat pelajaran yang penting bagi kamu. Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang – binatang ternak itu terdapat manfaat yang banyak untuk kamu, dan sebagian dari padanya kamu makan,” (QS. Al-Mukminun : 21).

Manfaat susu kuda liar sebagai pemasok nutrisi yang lengkap, menambah daya tahan bayi terutama yang dilahirkan secara prematu, dan menurut beberapa penelitian klinis dianggap jauh lebih bisa menghalau penyakit jika dibandingkan dengan kuda yang diternakkan. Hal ini disebabkan kualitas kuda yang dilepas di alam liar jauh lebih baik daripada kuda yang hidup di kandang.

Berdasarkan penelitian dan testimoni, manfaat susu kuda liar yang telah terbukti :

1. Menyembuhkan Radang Usus

Hal ini didasarkan pada penelitian bahwa susu kuda liar mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus manusia sehingga perlawanan terhadap bakteri buruk bisa dua kali lebih baik, dengan demikian zat yang kurang baik di dalam usus bisa direduksi.

2. Menyembuhkan Eksim

Manfaat susu kuda liar banyak diyakini oleh Masyarakat sekitar Desa Saneo untuk menyembuhkan eksim. Caranya cukup mudah, kentalkan susu kuda liar dan campurkan dengan lidah buaya setelah itu balurkan pada kulit yang terkena eksim.

Kandungan Susu Kuda Liar

Seperti jenis susu lainnya, susu kuda liar juga menghasilkan cairan lezat lengkap dengan komponen senyawanya antara lain lemak, kalsium beragam vitamin A, B, C, dan E, kalium, magnesium, protein, zat besi, dan masih banyak lagi. Istimewanya, susu kuda memiliki rantai protein yang lebih sederhana sehingga jauh lebih mudah dicerna.

Dalam 100 gram susu kuda liar terdapat 0,8 persen protein, sedangkan susu sapi mencapai 3,2 persen. Susu kuda liar juga punya rasa yang gurih karena kandungan gulanya lebih tinggi mencapai 6,8 persen dibanding susu sapi 4,6 persen. Dalam tiap 100 gram susu kuda liar menghasilkan 44 kalori, yang lebih sedikit daripada susu sapi yang sebesar 64 kalori sehingga membuat orang yang minum susu kuda tidak cepat gemuk.

Ilustrasi Susu Kuda Liar, sumber : Okezone Lifestyle

Ilustrasi Susu Kuda Liar, sumber : Okezone Lifestyle

Harga Susu Kuda Liar

Harga eceran susu kuda liar khas Sumbawa dengan ukuran 500 ml pada tahun 2019 sebesar Rp. 125.000 perbotol. Harga tersebut merupakan harga rata – rata di Pulau Lombok tetapi kalau di Pulau Sumbawa, apalagi dari pusat produksinya langsung bahkan harga bisa mencapai Rp. 75.000 perbotol dengan ukuran yang sama yakni 500 ml.

Biasanya kalau harga grosir terdapat potongan harga yang diberikan seperti 3 botol pembalian yang seharusnya harga Rp. 125.000 perbotol x 3 botol sama dengan Rp. 375.000, tetapi oleh Penjual diberi potongan harga Rp. 375.000 – 120.000 sama dengan Rp. 255.000. Potongan harga bisa juga traveler dapatkan melalui pembelian online dibeberapa laman website penjualan online susu kuda liar.

Itu dia berbagai informasi seputar oleh-oleh susu kuda liar khas Sumbawa mulai dari tempat produksinya, manfaatnya termasuk harganya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda. Jika Anda ingin menikmati oleh-oleh haji di Jogja, kunjungi toko oleh-oleh Luthfi Sajadah atau melalui websitenya luthfisajadah.com.

Leave a Reply