Rumah Kecil? Jangan Takut Untuk Memiliki Dapur yang Cantik!

By | June 12, 2020

Dapur yang sehat akan memberikan dampak positif bagi penghuni rumah. Apalagi jika desainnya menarik, para ibu rumah tangga akan lebih energik untuk beraktifitas di dapur menyediakan makanan bergizi untuk keluarga. Namun bagaimana jika rumah Anda cukup kecil untuk memiliki dapur?

Sebenarnya ide dapur minimalis sudah sering digunakan. Jasa kitchen set Jogja misalnya, sering menawarkan ide dapur minimalis kepada pelanggan untuk lebih efisien dalam pengaturan ruangan dalam rumah. Dapur minimalis juga dapat menjadikan rumah terasa luas.

Untuk Anda yang sudah memiliki rumah, namun masih ingin melakukan renovasi agar dapurnya menjadi semakin nyaman, berikut beberapa ide dapur minimalis yang bisa menjadi pertimbangan.

Desain Rumah Kecil Minimalis, sumber : Pinterest

Desain Rumah Kecil Minimalis, sumber : Pinterest

Pembagian rumah

Sebelum mengetahui beberapa ide dapur untuk rumah yang kecil, perlu dipahami terlebih dahulu bagian-bagian rumah yang harus ada. Karena bagian rumah ini penting untuk kelangsungan huni rumah. Tentu saja menghuni rumah tidak dalam jangka waktu yang sementar kan?

Biasanya, para pembeli rumah hanya berpikir tentang kamar tidur dan ruang tamu saja. Sedangkan untuk kamar mandi, toilet dan dapur, mereka lebih berpikir seadanya saja. Oleh karena selama ini memang kamar mandi, toilet dan dapur biasanya dibuat diluar bagian rumah atau dibelakang.

Ini merupakan konsep rumah yang sudah ketinggalan. Konsep rumah yang lampau ini masih baik untuk diimplementasikan di masa lalu dimana tempat tinggal masih belum begitu padat, polusi lingkungan yang masih rendah, serta keberadaan rumah yang jauh dari aktivitas sehari-hari seperti di perkampungan yang masih hijau dan asri. Sekarang kondisinya sudah berbeda.

Sehingga, untuk saat ini keberadaan kamar mandi yang higienis, dapur yang bersih serta toilet yang baik sudah harus termasuk bagian dalam rumah. Maka, jika Anda ingin membeli rumah meskipun kecil, pastikan memiliki ruangan kamar mandi, toilet dan dapur yang proper. Yaitu di dalam rumah.

Rumah subsidi Serang menawarkan alternatif rumah dengan cicilan rendah dengan desain rumah yang sudah cocok bagi keluarga kecil. Bagi Anda yang akan berkeluarga atau baru berkeluarga, silahkan kunjungi halaman websitenya kemudian hubungi developer Graha Dalung Residence untuk informasi selengkapnya.

Dapur Minimalis

Meskipun rumah Anda mungil, jangan khawatir dengan keberadaan dapur. Anda bisa mengkreasikan agar dapur tetap efisien dan menyisakan ruangan untuk aktivitas lainnya. Berikut beberapa idenya :

Dapur Kecil Minimalis, sumber : Dekoruma

Dapur Kecil Minimalis, sumber : Dekoruma

1. Dapur sekaligus meja makan

Selain didesain minimalis dapur ini memiliki fungsi yang efisien, yaitu menyatu dengan meja makan. Sehingga dapur ini juga dapat digunakan sebagai ruang makan. Dengan desain seperti ini akan lebih menghemat tempat. Selain itu ketika anda sedang dapat berinteraksi dengan orang lain yang sedang memasak.

Dapur dengan desain yang menyatu dengan tempat makan ini juga dapat mempermudah untuk menyajikan makanan. Makanan yang baru masak dapat dengan mudah disajikan karena tidak perlu membawa ke tempat yang jauh.

2. Dapur dengan ekstra penyimpanan

Desain dapur seperti ini memiliki banyak lemari penyimpanan pada bagian dindingnya. Biasanya dapur akan tetap membutuhkan banyak peralatan meskipun telah didesain minimalis. Sehingga dengan desain seperti ini anda tidak harus khawatir lagi jika dapur anda akan berantakan dengan berbagai peralatan memasak.

3. Dapur tanpa kabinet atas

Dapur dengan desain seperti ini tidak memiliki lemari pada bagian atas atau bagian dindingnya. Jika anda lebih selera dengan tempat yang lapang, dapur ini cocok untuk anda. Dengan tidak adanya lemari diatas tampilan dapur ini akan lebih leluasa. Anda bisa memasang beberapa ambalan sebagai ganti lemari penyimpanan sehingga tetap nyaman digunakan.

4. Dapur hemat energi

Dapur dengan desain minimalis tidak hanya menghemat uang dan waktu. Namun anda dapat mendesain dapur dengan desain hemat energi. Salah satunya adalah dengan membuat jendela berkaca yang lumayan besar pada dapur ini. Sehingga anda dapat menghemat energi luar serta dapat menikmati pemandangan luar sambil memasak.

Semoga ulasan informasi seputar dapur kecil minimalis di atas dapat menjadi inspirasi bagi Anda. Simak terus berbagai ulasan menarik lainnya di halaman blog menembus batas. Berikan komentar Anda untuk saran, kritik dan pertanyaan. Terima kasih.

Leave a Reply