durian obat nyamukMahasiswa Program Studi (Prodi) Analis Kesehatan Fakultas Pengetahuan Kesehatan Kampus Muhammadiyah Surabaya (UMS) memakai kulit durian untuk obat anti-nyamuk dengan kombinasi buah pinang serta bunga kenanga.

” Kulit durian, buah pinang dan bunga kenanga memiliki manfaat mengagumkan. Ketiganya dapat jadikan sebagai anti nyamuk baik berbentuk lotion, cair ataupun abate, ” kata ketua tim, Lihabi, Rabu (20/4).

Ia menyampaikan riset yang dikerjakan oleh ke empat rekannya itu dikerjakan mulai sejak satu tahun lantas. Awalannya, mereka terasa prihatin dengan adanya banyak masalah demam berdarah yang menempa banyak daerah di Jawa timur.

” Ke empat rekanan saya diantaranya, Holisatun Nisa, Cintia Pratyaka Rocha Normawati, Rofighi Bey Fiqo Suseso serta M Islamulyadin berniat mencari anti-nyamuk berbahan alami serta tak menyebabkan resikonya untuk kesehatan, ” kata dia.

Dari riset yang dikerjakan, ketiga bahan alami itu memiliki kandungan minyak atsiri. Minyak atsiri ini berperan sebagai insektisida yang dapat mengusir bahkan juga membunuh nyamuk.

Holisatun Nisa memberikan, untuk bahan dari kulit buah durian yang diperlukan yaitu sisi dalamnya atau sisi daging dari kulit tersebut. Daging kulit durian itu iris kecil kecil lalu dihaluskan.

” Jumlah yang diperlukan sekitaran 200 gr, waktu dihaluskan ditambah dengan air sejumlah 100 hingga 250 mililiter. Setelah dihaluskan, dimasukkan kedalam labu destilasi serta ditambahkan alkohol 70 % sejumlah 100 mililiter, ” tuturnya.

Kemudian, lanjutnya dikerjakan sistem destilasi untuk memperoleh minyak atsiri, sedang sistem destilasi sendiri memerlukan saat satu hingga dua jam. Untuk 200 gr daging kulit durian bakal membuahkan sekitaran 50 mililiter minyak atisiri.

” Sistem yang sama saja dikerjakan untuk dua bahan yang lain yakni buah pinang serta bunga kenanga. Minyak atsiri yang sukses di ambil itu dapat segera dipakai sebagai obat nyamuk uap yang memakai alat penguap, ” terangnya.

Nih Ada yang nemuin Kulit Durian jadi Obat Anti Nyamuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Skip to toolbar