Giatnya Pemprov Jateng Libatkan Masyarakat Jaga Kesehatan Selama Pandemi  Covid -19

Posted on: July 10, 2020, by :

Selama pandemi Covid-19 melanda sejak pertengahan Maret 2020, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Upaya intensif dari jajaran pemerintahan propinsi Jawa Tengah ini tak lepas dari upaya keras dari Gubernur dan jajaran pejabat Pemprov Jateng, Tentu,  kerjasama dari masyarakat Jawa Tengah juga berkontribusi dalam upaya untuk penurunan jumlah kasus positif Covid-19 hingga pertengahan Juni 2020.  Kontribusi masyarakat justru menjadi ujung tombak dari pencegahan sebaran virus corona.

Sejauh ini, pemerintah provinsi Jawa Tengah tetap memberlakukan protokol kesehatan dengan sangat disiplin, terutama untuk tempat-tempat umum, termasuk pasar tradisional.  Memang Pembatasan Sosial Berskala Besar sudah tidak diterapkan. Akan tetapi, pemberlakuan protokol kesehatan bukannya dilonggarkan. Sebagai gantinya, Gubernur meluncurkan gerakan ‘Hidup Bersama Covid-19’. Gubernur Jawa Tengah ini menyatakan bahwa pihaknya sudah memberikan sosialisasi kepada seluruh bupati serta wali kota di seluruh kota di Jawa Tengah. Mereka semua harus bersatu-padu dalam menindaklanjuti angka kasus positif yang masih belum menunjukkan penurunan.

Menurut Gubernur, pola hidup baru ini menekankan tentang pentingnya  pola hidup sehat. Hal ini adalah vaksin terbaik bagi semua masyarakat. Virus corona dapat dicegah penularannya, hanya dengan disiplin pada protokol kesehatan. Pertama-tama, masyarakat wajib menjaga jarak di tempat umum. Pemberlakuan ini akan disertai sanksi berupa denda dari pemerintah provinsi.  Segenap jajaran pemprov Jateng juga mewajibkan penggunaan masker di tempat umum. Pemberlakuan denda juga dilakukan bagi mereka yang  melanggar.

Selain kedua hal penting tersebut, pihak Pemprov Jateng juga tak henti-henti menghimbau masyarakat untuk memberi perhatian tinggi untuk diri sendiri dan lingkungan. Cuci tangan sesering mungkin adalah pencegahan terbaik hingga saat ini. Tisu antiseptik atau hand sanitizer juga merupakan solusi terbaik untuk masyarakat saat berada di tempat umum.

Gubernur juga mengajak masyarakat menjaga kesehatan seperti berolahraga. Karena selain sebagai cara menurunkan berat badan. Olahraga juga dapat membantu tubuh menjadi lebih prima dan menjadi vaksin utama disertai makanan yang bergizi.

Pemprov Jateng mengajak warga untuk tetap disiplin, terutama dalam beraktivitas yang melibatkan banyak orang. Aktivitas perekonomian memang harus berlanjut, tetapi warga diminta tetap tertib dalam pelaksanaannya. Tanpa ketertiban dan kedisiplinan, angka positif penderita Covid-19 tidak akan menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Skip to toolbar