Pengertian Pompa Air Tenaga Surya dan Macam-Macam Implementasi

Posted on: July 20, 2020, by :

Pengertian Pompa Air Tenaga Surya dan Macam-Macam Implementasi. Indonesia selama ini populer sebagai negeri kepulauan terbanyak di dunia yang terdiri dari pulau- pulau besar serta kecil sehingga Indonesia jadi tujuan pariwisata yang terkenal, sayangnya Indonesia masih mempunyai daerah- daerah terpencil serta terpelosok yang membutuhkan atensi spesial. Pasokan kebutuhan dasar di wilayah terpencil tersebut semacam air serta listrik masih jadi hambatan utama yang belum terpenuhi secara optimal.

Sementara itu kita tahu bahwasannya kebutuhan manusia yang sangat utama yaitu air. Sepertinya mustahil apabila manusia dapat hidup tanpa air, sebab air digunakan untuk berbagai macam kebutuhan dasar manusia seperti halnya mandi, memasak, mencuci, pengairan sawah, dsb. Untuk mengatasi krisis air di wilayah terpencil, maka pemanfaatan tenaga surya merupakan opsi yang sangat bijak. Untuk mendapatkan air bersih, pompa air yang berasal dari tenaga surya bisa jadi pemecahan menanggulangi hambatan tersebut.

Pompa air tenaga surya merupakan pompa air yang tenaga penggerak pompanya berasal dari tenaga surya. Pompa air dari tenaga surya ini pas digunakan untuk wilayah terpencil sebab bekerja secara mandiri tanpa tergantung pada PLN ( Pembangkit Listrik Negeri). Pompa air ini biasanya bekerja tanpa baterai serta bekerja memakai cahaya matahari, sangat sesuai untuk wilayah yang tidak terjangkau listrik.

Adapun metode kerja pompa air ini yaitu memakai panel surya yang merupakan perlengkapan yang mengganti tenaga surya menjadi listrik. Cahaya matahari yang sudah ditangkap oleh panel surya diganti jadi listrik dengan arus searah yang setelah itu bisa digunakan untuk menggerakan pompa air jenis tenaga surya ini.

Implementasi Pompa Air dari Tenaga Surya untuk Pertanian

Terdapatnya pompa air semacam ini di lahan pertanian, pastinya akan memberikan manfaat yang sangat besar. Terutama dalam hal sistem pengairan ataupun irigasi yang terkadang susah untuk diperoleh. Bila Anda perhatikan dengan baik, pompa air dengan memakai tenaga surya ini seolah menjadi pendamping yang sempurna dalam sistem irigasi. Cahaya matahari yang sangat melimpah di lahan pertanian berpotensi untuk memompa air yang melimpah pula, meski terkadang susah untuk didapat. Dengan terdapatnya teknologi semacam ini, air yang terdapat di dalam tanah, ataupun sumber air di kawasan yang jauh bisa dipompa.

Dengan dibuatnya sistem irigasi yang tepat bisa mengganti lahan yang awal mulanya tandus serta tidak produktif berubah menjadi kebalikannya. Lahan jadi produktif sebab air yang terdapat di tempat tersebut senantiasa tercukupi. Hal ini tentu saja berkat adanya panel surya sebagai pembangkit listrik serta panel kontrol yang sanggup memaksimalkan kinerja mesin pompa secara mandiri.

Demikian artikel tentang pengertian pompa air tenaga surya beserta macam-macam implementasinya. Jika Anda ingin memiliki pompa air dari tenaga surya ini ada baiknya Anda mencari tahu dulu mengenai harga dan spesifikasinya. Begitu juga dengan ekspedisi atau cargo yang akan mengangkutnya, pastikan Anda memilih yang murah dan terpercaya ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Skip to toolbar