Beginilah Cara Cek PBB Online Di Beberapa Kota Yang Perlu Anda Ketahui

Posted on: September 20, 2020, by :

Beginilah Cara Cek PBB Online Di Beberapa Kota Yang Perlu Anda Ketahui – Membayar pajak merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh setiap warga Negara Indonesia yang telah terdaftar sebagai wajib pajak. Salah satu jenis pajak yang harus dibayarkan oleh setiap warga Negara adalah Pajak Bumi Dan Bangunan atau yang populer dengan singkatan PBB.

Pajak Bumi Dan Bangunan merupakan jenis pajak yang harus dikeluarkan oleh para pemilik tanah dan juga bangunan. Jenis bangunan yang dimaksud tentu tidak hanya berupa rumah tempat tinggal saja namun bisa juga aneka ornament penyertanya seperti taman yang mewah, pagar yang mewah, dan bahkan kolam renang mewah pun tak luput dari pajak. Oleh karena itu, semakin mewah suatu rumah maka pajak yang harus dibayarkan pun menjadi semakin mahal.

Cara Cek PBB Secara Online Lewat Website

Kini selaras dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, proses pengecekan PBB pun bisa dilakukan dengan cara yang relatif mudah, yaitu lewat cek PBB online. Guna mendukung kemudahan dalam pengecekan pajak bumi dan bangunan secara online, sejumlah pemerintah daerah pun menyediakan situs website untuk pengecekan jumlah PBB setiap wajib pajak di masing-masing wilayahnya.

Masing-masing wilayah Pemerintah Daerah memiliki alamat situs atau website pengecekan PBB yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Berikut adalah beberapa situs website pengecekan PBB dibeberapa Kota di Indonesia.

Cara Mengecek PBB Secara Online di Jakarta

Bagi Anda yang memiliki KTP khusus DKI Jakarta, pemerintah provinsi telah menyediakan fasilitas cek PBB online yang relatif cukup mudah untuk dilakukan. Anda dapat mengunjungi situs BPRD Jakarta kemudian menggulir pada menu Pencarian SPPT PBB. Jika sudah, Anda hanya tinggal memasukkan data-data yang dibutuhkan seperti NIK dan No PBB untuk dapat mengecek jumlah tagihan Pajak Bumi Dan Bangunan Anda.

Cara Cek Tagihan PBB di Jabodetabek

Khusus bagi Anda yang berada di kawasan Jabodetabek, kini proses pengecekan pajak bumi dan bangunan bisa dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah daerah tersebut. Apliksi bernama iPBB ini bisa diakses dan diunduh secara gratis di Google Play dan dapat digunakan untuk pengecekan pbb secara online.

Khusus untuk Anda yang memiliki KTP wilayah Jabodetabek, dapat mengunduh aplikasi tersebut sesuai dengan wilayah KTP Anda untuk melakukan pengecekan PBB secara online. Proses pengecekan pbb lewat aplikasi ini pun relatif cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan data-data yang benar dan sesuai untuk melakukan pengecekan nominal tagihan pajak Anda.

Cara Mengecek PBB Khusus Di Wilayah Surabaya

Bagi yang tinggal di kawasan Surabaya pun sudah dapat melakukan cek PBB online lewat situs website yang dikelola oleh Pemerintah Kota Surabaya. Pengecekan pajak bumi dan bangunan untuk wilayah Surabaya bisa dilakukan secara langsung dengan cara mengunjungi situs website BPKPD Surabaya dan kemudian memilih menu PBB dan kemudian pilih sub menu Info Tagihan PBB. Kemudian silakan masukkan data yang sesuai untuk melihat tagihan PBB Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pengecekan nominal tagihan PBB secara online di beberapa wilayah kota besar di Indonesia. Kini dengan memanfaatkan penggunaan teknologi dan internet yang mumpuni, cek PBB online pun dapat dilakukan dengan sangat mudah tanpa perlu harus keluar rumah. Dengan semakin mudahnya dalam melakukan pengecekan pajak, semoga tidak banyak lagi yang kebingungan dengan proses pengecekan tagihan pajak mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Skip to toolbar