Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar

Posted on: September 24, 2020, by :

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar – Memutuskan untuk keluar dari suatu pekerjaan memang hal yang sangat disayangkan. Apalagi jika pekerjaan tersebut sudah lama Anda jalani. Memang semua orang pasti memiliki alasan tersendiri untuk memutuskan resign dari pekerjaannya.

Namun berhenti di keputusan untuk resign, Anda juga harus memikirkan untuk membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar agar permohonan Anda diterima dan tidak menimbulkan kesalahfahaman pada setiap elemen di kantor tersebut.

Sebelum membuat surat ini, Anda harus memikirkan keputusan yang telah diambil untuk kembali direnungkan agar tidak terjadi penyesalan nantinya. Ok lanjut saja, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat surat ini yaitu

Alasan Mengundurkan Diri

Anda harus memikirkan matang-matang alasan keluar dari tempat Anda bekerja saat ini. Memiliki alasan yang logis dan benar akan membantu Anda dalam pengajuan surat ini. Pimpinan tempat Anda bekerja akan mempertimbangkan semua alasan yang Anda berikan, jika alasannya sangat tidak masuk akal tentunya pimpinan tempat Anda bekerja tidak akan menerima surat ini.

Penulisan Surat Pengunduran Diri

Cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar selanjutnya adalah terletak pada bagian penulisan surat pengunduran diri. Sama halnya dengan Anda membuat surat lamaran pekerjaan, surat jenis ini termasuk surat resmi seperti surat lamaran yang dulu Anda buat. Maka penulisan surat ini harus dengan kaidah yang benar yang sudah ditentukan dimana pada kaidahnya surat ini terdiri dari pembukaan, isi dan penutup.

Lambat Pengajuan Surat

Ketika Anda memutuskan untuk berhenti pada suatu instansi, maka hal itu tidak bisa dilakukan dengan sekejap. Karena Anda juga harus memikirkan waktu pengunduran diri dan juga waktu memberikan surat pengunduran ini kepada pimpinan tempat Anda bekerja. Ini juga penting untuk Anda perhatikan dalam pembuatan surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Ternyata, pengajuan surat pengunduran diri juga memiliki batasan waktu tersendiri yaitu selambat–lambatnya adalah 30 hari sebelum masa pengunduran diri.

Hal ini sangat sesuai dengan peraturan yang mengatakan bahwa didalam surat pengunduran diri ditulis selambat nya 30 hari selepas tanggal pengunduran diri. Peraturan tersebut terdapat pada Undang Undang 13 Pasal 162 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

Memberikan Kesan yang Baik

Hal ini juga tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Memang ini terlihat sangat sederhana tapi Anda perlu melakukan ini. Anda harus memberikan kesan yang baik pada perusahaan, baiknya ketika ingin mengundurakan diri bertemu langsung dengan pimpinan dan mengungkapkan alasan tentang pengunduran diri anda.

Itulah beberapa cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar agar Anda dengan mudah untuk keluar dari tempat Anda bekerja saat ini. Untuk seluk belum pembuatan surat pengunduran diri , Anda bisa mengunjungi symbianplanet.net karena banyak sekali informasi mengenai surat jenis ini. Simak di https://symbianplanet.net/ untuk mengenali informasi terlengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Skip to toolbar