Tugas NICA di indonesia

Posted on: October 4, 2020, by :

NICA adalah suatu organisasi yang bertugas mengembalikan pemerintahan sipil dan menegakkan hukum kepada pemerintahan kolonial Hindia Belanda setelah Jepang menyerah kepada Sekutu. Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu tanpa syarat pada tanggal 14 Agustus 1945, maka para tentara Jepang harus kembali kenegaranya, sebelum itu, pasukan sekutu melucuti mereka terlebih dahulu.

Tanpa pengaruh kekuasaan Jepang, beberapa wilayah jajahannya mengalami kekosongan kekuasaan termasuk Indonesia, yang mana kondisi tersebut di manfaatkan oleh para tokoh bangsa untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 10 September 1945, Komandan tentara Jepang memberikan pengumuman jika pemerintahan di Jawa akan diserahkan kepada Sekutu bukan ke Pihak Indonesia demi mengamankan daerah tersebut dari aksi teror dan kriminalisme akibat kekosongan hukum.

Maka pada tanggal 14 September 1945 ada beberapa serdadu yang diutus ke Jakarta untuk melihat situasi kondisi disana sebelum para tentara Sekutu mendarat dengan kekuatan besar.

Pengertian NICA

NICA adalah singkatan dari Netherlands Indies Civil Administration) organisasi ini adalah sebuah badan semi-militer bentukan Kerajaan Belanda yang disepakati dan didukung oleh Sekutu.

NICA didirikan pada tanggal 3 Apeil 1944 di negara Australia, diawal pembentukanya organisasi ini menjadi penghubung antara pemerintahan kolonial India Timur Belanda dengan panglima tertinggi didalam Sekutu di bagian Pasifik Barat Daya

Sekutu sendiri adalah asosiasi nasional yang sama-sama menentang kebijakan fasisme blok fasis, dan bersama-sama melawan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

Sejarah Kedatangan NICA di Indonesia

Pada Tanggal 16 September 1945 sekelompok tentara Sekutu berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok, mereka di pimpin oleh Laksamana Muda W.R Patterson, C.H.O. Van der Plas, sedangkan NICA diwakili oleh Dr. H.J Van Mook.

Kemudian pada tanggal 28 September 1945 satu pleton pasukan SEAC dibawah naungan AFNEI yang dipimpin oleh Letnan Jendral Philip Chistison telah tiba di Tanjung Priok.

Awal mula kedatangan Sekutu dan NICA di Indonesia awalnya disambut oleh beberapa kalangan orang di Indonesia, namun tidak lama kemudian rakyat Indonesia mulai mencurigai gerak gerik dari NICA. .

Yah memang, Tujuan Kedatangan NICA di Indonesia sudah mulai diketahui oleh rakyat dan para tokoh bangsa, terlebih lagi mereka membebaskan mantan anggota KNIL yang sebelumnya menjadi tawanan Perang Jepang, dalam hal ini para pejuang tidak akan tinggal diam sehinga terjadi bentrokan.

KNIL bergabung dengan NICA dan tentara Inggris (Sekutu) melakukan provokasi terhadap tokoh nasional, akibatnya terjadi pertempuran diberbagai daerah.

Para Pejuang berusaha sekuat mungkin membendung serangan NICA dan sekutu ini, namun pada akhirnya beberapa daerah Indonesia berhasil mereka kuasai seperti Jakarta yang mengakibatkan Ibukota dipindahkan ke Yogyakarta.

Salah satu Batalyon NICA yang terkenal adalah Andjing NICA, isinya adalah gabungan tentara elit Belanda, KNIL dan para tentara bayaran, pasukan ini cukup merepotkan TKR (Atau sekarang menjadi TNI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Skip to toolbar