Bimbingan dan Konseling Karir

Bimbingan dan Konseling karier merupakan suatu proses bantuan, layanan, pendekatan terhadap individu agar dapat mengenal dan memahami dirinya, mengenal dunia kerja, merencanakan masa depan yang sesuai dengan bentuk kehidupan yang diharapkannya, mampu menentukan dan mengambil keputusan secara tepat dan bertanggung jawab atas keputusan yang diambilnya itu sehingga mampu mewujudkan dirinya secara bermakna.

Istilah karir tidak hanya berhubungan dengan individu yang mempunyai pekerjaan dengan status tinggi. Karir adalah: rangkaian atau urutan pekerjaan/ vokasional yang dipeagang oleh individu. Karir juga dapar di artikan sebagai jalannya peristiwa-peristiwa yang keseluruhannya menyatakan peranan kehidupan dan tanggung jawab seseorang kepada pekerjaan dalam keseluruhan pola perkembangan. Intinya, karir ialah semua pekerjaan yang ditangani atau dipegang selama kehidupan seseorang.

Tujuan dari Bimbingan dan Konseling Karier ialah membantu peserta didik agar:

  1. dapat membentuk identitas karier
  2. dapat merencanakan masa depan
  3. dapat membentuk pola karier
  4. mengenali keterampilan, kemampuan, dan minat dalam dirinya.

Layanan birnbingan karier memiliki beberapa fungsi. Menurut Popon Syarif Arifin yang bagi siswa karena mempunyai dikutip Aryatmi Siswohardjono (1990), fungsi bimbingan karier adalah sebagi berikut:

  1. Fungsi persiapan
  2. Fungsi pencegahan
  3. Fungsi penempatan dan penyaluran
  4. Fungsi penyesuaian
  5. Fungsi pengembangan

Dengan Layanan Bimbingan Karir yang sudah diberikan diharapkan siswa dapat memahami karakteristik dirinya dalam hal minat, nilai-nilai, kecakapan dan cirri-ciri kepribadian serta dapat mengidentifikasikan bidang pekerjaan yang luas, yang mugkin lebih cocok bagi mereka, selanjutnya diharapka siswa dapat menemukan karir dan melaksanakan karir yang efektif serta memberikan kelayakan hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *