Setting User Manager Pada Mikrotik

By | December 6, 2013

Postingan kali ini akan membahas masalah konfigurasi user manager. Berhubung penulis habis praktikum,jadi aku posting nie hasil praktikumnya. Semoga bermanfaat.

Oke, tanpa perlu terlalu panjang lebar. Sebelum konfigurasi user manager tentu saja kita harus dapat mengkonfigurasi router kita hingga dapat konek browser kita. Tidak hanya sampai disitu saja, namun kita juga harus dapat mengkonfigurasi hotspot pada router mikrotik kita.

 

Setelah kita mensetting router kita dan sudah dapat terkoneksi hotspotnya. Maka langkah selanjutnya yang kita ambil yaitu pilih tab IP diteruskan dengan hotspot. Seperti gambar berikut :

 

Dari gambar diatas menunjukkan kalau kita sudah mengkonfigurasi hotspot dengan DNS. Nah, jika sudah tinggal double klik pada konfigurasi hotspot tersebut. Dan akan muncul window baru seperti berikut :

 

Jangan lupa pindahkan ke tab Radius. Kemudian tinggal kita cek list Use Radius kemudian di apply lalu OK. Dan kemudian akan kembali ke window sebelumnya…

 

Sama seperti langkah sebelumnya, double klik pada hotspot yang kita buat kemudian akan muncul window baru mengenai Radius yang sudah kita ceklist tadi. Jika sudah muncul window radius tinggal kita tekan tombol ( + ). Maka hasilnya akan nampak seperti  dibawah ini…

 

Jika sudah muncul seperti gambar diatas, tinggal kita konfigurasi point point tertentu sesuai dengan gambar dibawah ini…

 

Sampai dengan tahap ini kita sudah cukup bergerilya di dunia mikrotik winbox. Lanjutt pilih salah satu browser andalan saudara untuk melakukan aksi di internet. Jika sudah memilih satu dari puluhan browser maka, ketikkan IP gateway LAN / userman yang akan terlihat seperti gambar dibawah….

 

Kenapa di browser saya tertulis 192.168.1.1/userman itu karena gateway ether2 atau gateway LAN saya ada di IP tersebut. Dan apabila punya saudara tidak menunjukkan hasil yang sama dengan tampilan seperti gambar di atas maka perlu di cek lagi IP gateway LAN saudara berapa di angka berapa dengan membuka lagi winbox mikrotiknya. Jika sudah maka masukkan IDnya admin dan pasword dikosongkan saja alias nihil. Kemudian pilih button login. Setelah menunggu beberapa saat maka tampilan user manager saudara akan tampil seperti gambar di bawah…

 

Apakah punya saudara sudah terlihat mirip dengan tampilan di atas. Jika sudah maka itulah tampilan user manager pada router mikrotik. Pada user manager tersebut dapat dilakukan bebrapa fungsi yang digunakan untuk memaksimalkan kinerja router kita. Dimana terdapat tambahan menu yang berada di sebelah kiri.

sampai disini anda sudah dapat mengkonfigurasi rotuer mikrotik menggunakan user managernya. Selamat mencoba….

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *