Tips Menggunakan Instagram Untuk Usaha Online

By | June 8, 2018

cara iklan di instagram

Sebagai salah satu platform social media paling popular saat ini, Instagram adalah salah satu senjata penting yang digunakan oleh para Online Marketer. Dengan Instagram, maka user dapat mengabadikan foto dan video untuk keperluan pribadi atau pun bisnis, dan membaginya ke #follower mereka, dan sekaligus mengintegrasikannya ke situs jejaring social yang lain seperti Facebook, Twitter, Tumblr dan Flickr. Kebanyakan orang cenderung dengan fokus cara memperbanyak follower instagram, namun lupa bawah follower saja tidak cukup harus ada beberapa hal yang perlu di perhatikan agar akun instagram kita menjadi chanel penting untuk penjualan.

1. Tambahkan Gambar Profil yang Menarik
Gambar profil yang Anda gunakan untuk akun Instagram Anda haruslah terlihat menarik dan mencerminkan bisnis/ brand yang Anda miliki. Anda dapat dengan mudah mengganti foto profil Anda ini melalui aplikasi Instagram via mobile. Untuk mengganti foto profil, masuk lah ke akun profil Anda dan ketukkan foto profil yang lama dan pilih lah salah satu opsi : upload foto baru, import dari Facebook, import dari Twitter atau menghapus foto profil. Dengan foto profil yang menarik dan mencerminkan bisnis Anda, maka Anda bisa membuat calon follower Anda untuk tertarik mengikuti akun Anda.

2. Berikan Profil Singkat yang Menarik dan Menjual
Ceritakan sesuatu tentang diri Anda dengan deskripsi yang menarik, sesuai dengan brand Anda atau diri Anda. Jika Anda menjual sesuatu, Anda juga bisa memberikan informasi singkat tentang produk Anda. Jika tujuan Anda eksis di Instagram adalah untuk jualan, maka jangan ragu untuk menuliskan informasi tentang #website Anda dan nomor kontak yang dapat dihubungi.

3. Temukan Akun yang Akan di-Follow
Jangan buru- buru langsung panen follower dulu ya. Ketika setting profil selesai, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menemukan beberapa user aktif untuk di-follow. Sebelumnya tentu sudah banyak teman- teman Anda dari #socialmedia lain yang juga eksis di Instagram, jadi Anda bisa memanfaatkan mereka untuk menjadi target pertemanan Anda di tahap awal.

Masuk lah ke bagian profil Anda lalu di bagian setting ( ditandai dengan ikon tiga titik di kanan atas ), Anda dapat mencari teman yang telah terkoneksi dengan Anda via Twitter atau Facebook. Meng-klik opsi tersebut membantu Anda untuk menambahkan teman- teman dari sosmed tersebut sebagai akun yang Anda follow. Di luar opsi tersebut, Anda juga dapat mencari akun untuk di follow dengan mencari berdasarkan nama, username atau tag. Lebih mudahnya, Anda dapat mem-follow akun selebriti atau akun yang sudah populer.

Mem-follow akun yang menarik untuk Anda menginspirasi Anda akan membantu algoritma Instagram untuk mempelajari apa yang Anda sukai dan menyajikan foto dan video yang relevan di tampilan ‘Discovery Tab’ nanti.

3. Mulai Posting Foto dan Video Anda
smartphone via mobile apps. Anda dapat menggunakan beberapa fitur Instagram untuk menghasilkan efek foto yang terlihat berbeda dan menarik. Instagram sendiri menyediakan fitur filter dan beberapa fitur editing seperti cropping, mengubah kecerahan gambar, memberikan nefek exposure, vignette, sephia dan masih banyak lagi. Sedangkan fitur untuk video, Anda dapat memotong panjang video atau memberikan efek tambahan. Setelah foto atau video Anda siap, postinglah dengan caption yang menarik dan hashtag. Jangan lupa juga Anda dapat menuliskan lokasi dari foto tersebut dan juga memposting foto Instagram tersebut secara otomatis ke social media yang lain.

4. Cara Mendapatkan Foto yang Sempurna untuk Instagram
Yes, dengan trial & error, Anda dapat mencoba beragam efek yang berbeda untuk membuat foto Instagram Anda menjadi tidak biasa- biasa saja. Tapi yang perlu diingat, Anda sebaiknya jangan berlebihan dalam menggunakan efek karena justru membaut foto Anda menjadi terlihat sangat editan dan tidak natural. Buatlah foto Anda terlihat hangat dan hidup, seolah- olah dapat berbicara tentang produk dan diri Anda. Selain dengan filter dari aplikasi bawaan, Anda juga bisa mencoba beberapa aplikasi foto editing keren seperti Snapseed, Aviary, Adobe Photoshop Express dan juga VSCOcam. Aplikasi- aplikasi tersebut dikenal dapat memberikan efek filter yang keren untuk foto Instagram.

5. Bagaimana agar Akun Anda Dipromosikan oleh Instagram
Dengan terpilih menjadi featured ( akun yang dipromosikan ), ini adalah cara iklan di instagram tanpa modal. Maka Anda akan dapat dengan mudah mendapatkan ribuan follower baru setiap hari. Sayangnya, Instagram masih belum begitu jelas bagaimana metode yang mereka lakukan dalam memilih user. Padahal ketika Anda terpilih menjadi akun yang dipromosikan, maka Anda akan mendapatkan beragam keuntungan. Untuk mendapatkan peluang dipromosikan, selalu pastikan Anda memposting foto yang berkualitas, konsisten, original dan menarik untuk follower akun Instagram Anda. Perlu anda ketahui ada cara beriklan di instagram tanpa kartu kredit sehingga anda bisa melakukan paid advertising dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *