Category Archives: Kuliah Sistem Embedded

Kalkulator Akar Kuadrat Berbasis FPGA

Akar kuadrat adalah salah satu fungsi yang sangat penting dalam bidang teknik elektro, misal pada bidang pengolahan sinyal, komunikasi digital hingga elektronika daya. Nama demikian untuk implementasi kalkulator akar kuadrat pada perangkat keras FPGA tidaklah mudah. Ada banyak metode yang bisa dipilih untuk perhitungan akar kuadrat ini, diantaranya metode bit demi bit tak memulihkan (non-restoring)… Read More »

Soal Pengganti Ujian Tengah Semester (UTS) Mata Kuliah Sistem Embedded

Sebutan motor BLDC (Brushless DC Motor) adalah merujuk kepada brushless permanent magnet AC motor trapezoidal. Untuk beroperasi motor ini memerlukan komutasi elektronik untuk menyediakan medan rotasi [1]. Mahasiswa diharapkan membaca referensi [1] dan referensi lain berkaitan misal [2] atau yang lain. Mahasiswa diharapkan menuliskan makalah pendek (maks 5 halaman, A4, spasi 1,5, Margin 3-3-3-3 cm)… Read More »

Kuliah 4 Sistem Embedded

Pengganti kuliah Sistem Embedded (Jum’at, 20 Maret 2015) Setelah pada materi kuliah 1-3, diberikan orientasi umum terkait sistem embedded, FPGA, instalasi Quartus II web edition, dan cara memasukkan desain (entry design) sistem digital ke Quartus II secara skematik atau dengan VHDL; maka pada kuliah 4 ini mahasiswa diajak untuk refreshing melihat dan menelaah contoh implementasi… Read More »

Kuliah 3 Sistem Embedded

Pengganti kuliah Sistem Embedded (Jum’at, 13 Maret 2015) Metode memasukkan desain (design entry) Untuk membuat proyek desain digital, kita dapat menggunakan beberapa alternatif cara memasukkan desain pada Quartus II, yaitu melalui: Block Editor (schematics and block diagrams) Text Editor (AHDL, VHDL, Verilog HDL, atau bahasa Tcl script) IP Catalog (IP cores yang tersedia pada Altera Megafunctions),… Read More »

Kuliah 2 Sistem Embedded

Pengganti kuliah Sistem Embedded (Jum’at, 6 Maret 2015) Instalasi Quartus II Web Edition Quartus II Web Edition terbaru adalah v14.1 yang dirilis December 2014. Karena pertimbangan resource yang harus disiapkan dan beberapa pertimbangan lainnya, pada perkuliahan ini mahasiswa disarankan untuk menggunakan versi 8.0, 8.0 SP 1, atau 8.1 (namun demikian mahasiswa juga boleh menggunakan versi… Read More »

Kuliah 1 Sistem Embedded

Field Programmable Gate Array (FPGA): Konsep dasar dan Pemrogrammannya Referensi yang bisa dibaca: Rapid Prototyping of Embedded Systems Using Field Programmable Gate Arrays   Buku referensi untuk kuliah ini: Rahul Dubey, Introduction to Embedded System Design Using Field Programmable Gate Arrays, Springer-Verlag, London, 2009 James O. Hamblen, Tyson S. Hall and Michael D. Furman, Rapid… Read More »