Monthly Archives: April 2009

Z-Source Inverter

Kalau selama ini kita mengenal sistem inverter berbasis SPWM dan SVM. Tampaknya sangat menarik untuk mempelajari sistem Z-Source Inverter ini. Dengan sistem ini, DC Supply Capability yang dapat dikonversi ke AC dapat di-boost…. Hemm… menarik sekali Siapa yang tertarik nih..???…..

Matrix Converter

Pada tahun-tahun terakhir ini banyak hasil penelitian pada metode kendali untuk “matriks konverter” = Matrix Converter yang telah dipublikasi. Untuk sistem berbagai jenis konverter dan sistem multilevel metode matriks konverter ini memang semakin mendapat banyak perhatian dari para peneliti. Ayo-ayo semangat!! research terus jalan….

Nottingham eTheses Gratis?

Nottingham eTheses An electronic archive of research degree theses from the University of Nottingham Silahkan kunjungi: http://etheses.nottingham.ac.uk/

Penggunaan Digital Signal Processor (DSP) tak selalu menyenangkan??

Apakah anda pengguna Digital Signal Processor (DSP)? Sistem perancangan elektronis berbasis DSP pertama kali dikembangkan oleh Texas Instruments ?? Meskipun metode desain ini telah cukup lama dikembangkan, tetapi kelihatan belum cukup mapan. Apakah anda termasuk yang mengalami masalah dengan DSP yang anda beli, ataukah lancar-lancar saja. Memang, menggunakan DSP ini mungkin akan terasa nyaman, karena… Read More »

FPGA Implementation of A Novel Space Vector Modulation

Saat ini telah banyak ditemui core mikrokontroler dan DSP yang menyediakan implementasi Space Vector Modulation (SVM). Untuk belajar dengan mudah bagaimana sistem ini bekerja, kita dapat mempelajari demo yang disediakan pada Matlab. Pada Matlab ini, ada disediakan 2 pola teknik SVM, yaitu: sistem SVM konvensional (7 segment) dan SVM diskontinuous (5 segment). Dua model ini… Read More »

Space Vector Modulation = Modulasi Vektor Ruang (SVM)

Kalau mendengar kata-kata “modulasi”, boleh jadi kita akan terbawa pada bidang Telekomunikasi karena disana memang dipelajari Modulasi Amplitudo, Modulasi Frekuensi dan Modulasi Phase. Namun modulasi yang satu ini, adalah jenis modulasi yang dipopulerkan di bidang Power Electronics. Sistem modulasi SVM ini banyak dikembangkan untuk kepentingan switching baik itu pada sistem inverter (DC-AC) maupun rectifier (DC-DC).… Read More »

Standard Wireless Baru IEEE 1902.1

IEEE telah menyetujui standard wireless baru (IEEE 1902.1™) yang merupakan peningkatan dari protokol jaringan visibilitas yang dinamai RuBee™ untuk “Standard for Long Wavelength Wireless Network Protocol” . RuBee adalah protokol pemancar-penerima (transceiver) yang bersifat dua arah, on-demand, peer-to-peer, dan beroperasi pada panjang gelombang kurang dari 450 kHz. Protokol ini bekerja pada lingkungan keras dalam bentuk… Read More »

Keuntungan menjadi member IEEE

Benefits of IEEE Membership IEEE adalah organisasi profesional yang bergerak di seluruh dunia dalam bidang peningkatan teknologi. Sebelumnya IEEE bergerak dalam bidang elektroteknika, dan merupakan kependekan dari Institute of Electrical and Electronics Engineer. Namun meluasnya dan saling berkaitnya bidang-bidang ilmu yang menjadi minat pengembangan IEEE membuat organisasi ini memposisikan diri untuk bergerak dalam teknologi-teknologi lain… Read More »

Bagi yang hunting tulisan Thomas A Lipo

Bagi teman-teman yang bergelut di bidang Power Electronics and Electrical Machinesy dan ingin mendapatkan koleksi dari tulisan Thomas A. Lipo, silahkan susuri link berikut: http://www.engr.wisc.edu/ece/faculty/lipo_thomas.html#education Hampir semua karya Prof. Thomas A. Lipo sebelum tahun 1980-an hingga sekarang terpublish di website tersebut.