Apa Itu Fungsi IMEI Dalam Sebuah Smartphone

Jika anda mempunyai sebuah handphone atau HP tentunya kalian pernah mendengar IMEI, tentunya kalian belum tahu apa itu IMEI dan bagaimana fungsinya dalam sebuah smartphone. Baiklah IMEI itu seperti pengenal yang mungkin dalam sebuah kehidupan seperti identitas kependudukan.

Apabila kita membeli hp second atau baru pasti ada IMEI nah dari rangakain nomor inilah kita nantinya bisa lebih mengenali baik HP kita tersebut, lalu seberapa pentingkah peranan IMEI ini dan apakah memang perlu adanya IMEI ini? ya IMEI bisa di bilang sangatlah penting.

fungsi-imei-di-hp-android

IMEI meruapakan kependekan dari International Mobile Equipment Identity adalah pengenal identitas sebuah hp android. Pada Umumnya kode nomor IMEI terbagi menjadi 14 nomor, Namun seiring begjalannya sang waktu kini untuk hp-hp baru telah memiliki 16 nomor.

Diantara sekian banyak fungsi dari IMEI adalah sebagai nomor hak kepemilikan, jadi jika ponsel anda telah hilang dan melaporkan kepolisi maka dari pihak kepolisian bisa mengetahui keberadaan ponsel tersebut baik dengan cara melacak hp hilang lewat nomor Imei ataupun dengan cara lainnya yang bisa dibilang lebih canggih seperti google find my device. Maka kita bisa mengakuisasi dengan menunjukan nomor imei yang tercantum pada nota pembelian hp tersebut.

Polisi pun dapat lakukan identifikasi pada kode IMEI berdasar pada hp yang dicuri. Selain dari itu fungsi IMEI lainnya memang sangatlah banyak. Akan tetapi yang paling penting menurut saya sebagai pengguna ponsel ialah bahwa ketika membeli hp maka kita  wajib mempunyai nota pembelian yang berisi nomor imei dari hp yang kita beli. Jadi ibaratnya IMEI ini adalah sertifikat tanah yang biasa dimiliki oleh pemiliknya. Mungkin hanya itu saja sedikit pembahasan mengenia fungsi IMEI dalam smartphone, semoga dengan adanya artikel ini wawasan anda di bidang teknologi dapat bertambah.