Tempat Wisata di Bandung yang Penuh Nilai Sejarah

By | March 24, 2017

Bandung merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak obyek wisata menarik. Tempat wisata di Bandung juga dikenal dengan nilai sejarahnya yang menarik. Oleh karena itu, tak heran jika banyak para wisatawan yang datang liburan ke Bandung untuk mengunjungi berbagai tempat wisata sejarah di kota ini. Penasaran apa saja tempat wisata sejarah di Bandung? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

 

  1. Gedung Merdeka

Tempat wisata bersejarah di Bandung yang pertama adalah Gedung Merdeka. Bagi Anda yang belum tahu, Gedung Merdeka adalah salah satu gedung bersejarah di Indonesia karena pernah dijadikan sebagai lokasi Konferensi Asia-Afrika yang dilakukan pada Tahun 1955. Sampai sekarang, gedung bersejarah ini sudah banyak menyimpan berbagai foto dan koleksi benda peninggalan dar peristiwa konferensi tersebut.

 

  1. Goa Jepang dan Goa Belanda

Tempat bersejarah selanjutnya adala Goa Jepang dan Goa Belanda. Goa Belanda merupakan salah satu goa bekas peninggalan Belanda. Goa ini berlokasi di Taman Hutan Raya Juanda. Awalnya, goa ini dijadikan sebagai terowongan PLTA. Dimana di dalamnya ada 15 loring serta beberapa ruangan untuk tempat beristirahat tentara Belanda. Bahkan, di dalamnya juga ada ruang penjara dan ruang interogasi untuk tahanan. Sama seperti Goa Belanda, Goa bekas peninggalan penjajah Jepang juga ada di wilayah Taman Hutan raya Juanda. Lokasinya  dengan Goa Belanda hanya berjarak kurang lebih 400 meter. Dulu, Goa Jepang ini digunakan oleh para penjajah sebagai tempat untuk bersembunyi dan mengatur strategi untuk pertahanan militer.

 

  1. Gedung Sate

Tempat wisata di Bandung yang mengandung nilai sejarah selanjutnya adalah Gedung Sate. Dinamakan gedung Sate karena gedung ini memiliki atap dengan bentuk menyerupai sate. Bangunan ini memang didesain dengan arsitektur yang sangat memesona, sehingga wajar saja jika mampu menarik minat para wisatawan. Sekedar informasi, proses pembangunan bangunan ini dimulai pada tahun 1920. Awalnya, gedung ini dikenal dengan nama Gedung Hebe. Tapi semakin berjalannya waktu, gedung Hebe ini berganti namanya menjadi Gedung Sate.

 

Demikianlah beberapa tempat wisata di Bandung yang mengandung nilai sejarah. Semoga ulasan ini menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *