Manfaat Mewarnai Bagi Anak

By | November 5, 2017

Sebagian besar seorang anak akan menyukai saat seorang guru memberikan pelajaran menggambar dan mewarnai gambar. Walaupun anda terkadang merasa kesal sebagai orang tua saat melihat anak anda menuangkan hobinya di tempat yang salah seperti mencoret meja, dinding, atau bagian rumah lainnya namun ternyata menggambar dan mewarnai memiliki manfaat tersendiri bagi seorang anak, disini kami akan menjelaskan beberapa manfaat di balik hobi menggambar dan mewarnai bagi seorang anak

mewarnai gambar pemandangan

  • Menuangkan imajinasinya

Secara tidak langsung seorang anak akan menuangkan imajinasinya melalui gambar atau warna yang ia buat, dengan terus mengembangkan imajinasinya maka anda akan mengetahui bakat anak anda. jika memang anda melihat warna dan gambar yang dibuat oleh anak Nampak bagus maka tidak ada salahnya jika anda terus mendukung hobinya tersebut.

  • Meningkatkan kerja otot motorik

Secara tidak langsung aktifitas mewarnai pemandangan atau suatu objek tertentu membutuhkan kerja otot tangan pada anak, dan ini melatih kemampuan motoriknya yang sangat penting bagi perkembangan anak.

  • Media berekspresi

Apapun bakat seorang anak jangan pernah anda batasi, termasuk juga dengan menggambar dan mewarnai. Secara tidak langsung juga dengan warna-warna yang dituangkan seorang anak dalam gambarnya anak tersebut telah mengekspresikan apa yang ia rasakan apakah perasaan senang atau perasaan sedih.

  • Meningkatkan konsentrasi

Dengan focus kepada satu gambar maka seorang anak akan berkonsentrasi penuh untuk mewarnainya dan ini sangat baik untuk melatih dan meningkatkan konsentrasi seorang anak.

  • Melatih kemampuan

Dalam mewarnai gambar ternyata banyak sekali manfaatnya yaitu melatih kemampuan kerjasama antara otot, tamgan, otak, dan juga cara menggenggam pensil dengan benar. Kerja sama kecil ini dibutuhkan untuk melatih dalam melakukan kerja sama anggota tubuh lainnya.

  • Mengenal garis

Dengan mewarnai anak akan mulai belajar mengenal garis saat memberikan sebuah warna pada gambar. Bisa saja garis vertical atau horizontal, jika saat mewarnai seorang anak akan melihat keindahan warna dengan coretan garis tertentu anak akan terus melatih kemampuannya sehingga garis yang dibuat dalam warna tersebut akan semakin baik.

Sumber  : mewarnai-gambar.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *