Cara Menghindari Penipuan Mandiri E-cash untuk Anda Pengguna Uang Elektronik

By | January 23, 2018

Uang elektronik atau e-cash sebenarnya sudah digalakan oleh banyak bank di Indonesia. Pihak bank dalam layanannya atau servisnya, telah menerapkan fitur uang elektonik yang mungkin belum anda ketahui dan tentunya belum banyak orang juga yang menggunakan atau memanfaatkan dengan baik fitur layanan ini. Salah satunya adalah bank milik negara yang sudah cukup terkenal seperti Mandiri e-cash. Seiring dengan banyaknya orang yang belum tahu dan belum menggunakan layanan fitur yang diberikan perbankan ini, khususnya Mandiri e-cash, maka banyak juga dari mereka yang belum mengetahui bagaimana cara menghindari penipuan Mandiri e-cash ini. Tentu saja hal seperti ini tidak disia-siakan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab, yang ingin melancarkan modus penipuan kepada orang-orang yang menjadi sasaran empuk tersebut. Agar anda tidak menjadi korban yang terkena penipuan cyber yang dimaksud, anda harus perhatikan hal-hal berikut.

cara menghindari penipuan Mandiri e-cash

            Cara menghindari penipuan Mandiri e-cash yang pertama dan harus anda lakukan adalah anda tidak boleh gaptek alias gagap teknologi. Anda harus membuka mata anda lebar-lebar dan belajar berbagai macam layanan yang sering anda gunakan, yang sudah memanfaatkan teknologi sebagai jenis layanannya. Pahamilah dengan baik fitur-fitur layanan yang dikembangkan oleh pihak perbankan, dalam hal ini adalah bank Mandiri. Anda bisa mempelajarinya sendiri, mencari tahu lewat situs resmi yang telah disediakan pihak bank Mandiri, menelpon call center resmi bank Mandiri ataupun, anda bisa langsung mendatangi bank Mandiri cabang terdekat dan bertanya-tanya kepada customer service tentang apa yang anda keluhkan atau hal-hal apa saja yang masih membuat anda bingung. Ketika anda telah mengetahui bahkan expert (ahli) dalam fitur-fitur layanan tersebut, dijamin anda tidak akan deh kena modus penipuan cyber dan anda juga bisa segera menanganinya tanpa panik dan tepat. Yang kedua, jangan jadi calon korban yang mudah atau gampang, jika anda diiming-imingi hadiah dengan jumlah sedikit maupun besar. Intinya, anda jangan gampang tergoda oleh bujuk rayu para pelaku bermodus penipuan ini. Untuk menghindari modus penipuan yang satu ini, anda bisa mengecek terlebih dahulu sumber yang mengatakan bahwa anda telah memenangkan undian berhadiah dan harus menyerahkan data pribadi anda sebagai syarat pengambilan hadiahnya. Sumber-sumber yang bisa anda cek adalah, apakah nomor ataupun email yang digunakan pihak penyelenggara undian itu adalah nomor dan email resmi, kalau bukan jangan pernah berharap deh kalau undian berhadiah itu adalah benar-benar rejeki nomplok buat anda.

            Yang ketiga ini cukup sering terjadi belakangan ini, adanya unsur hipnotis, entah benar atau tidak. Jadi, nantinya pelaku akan menelpon anda lalu memandu anda dengan kalimat-kalimat yang mungkin mengandung unsur hipnotis tadi, agar anda datang ke mesin ATM. Mengapa dicurigai mengandung unsur hipnotis? Karena biasanya korban akan melakukan semuanya sesuai perintah dari pelaku yang menelpon tanpa sadar dan setelah uang di ATM korban lenyap barulah korban sadar bahwa ia baru saja ditipu oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jika anda menerima telepon dari nomor yang tidak tersimpan di kontak handphone anda atau anda tidak mengenalnya, sebaiknya jangan angkat telepon tersebut. Jika sudah terlanjur diangkat oleh anda dan pelaku mengaku-ngaku kerabat anda, pastikan anda harus mengenali suaranya dengan seksama, apakah benar itu adalah suara dari kerabat anda. Demikian penjelasan mengenai cara menghindari penipuan Mandiri e-cash yang perlu anda ketahui, memang masih secara umum tetapi semoga tetap bermanfaat. Bila masih ada pertanyaan, langsung saja hubungi call center mandiri e-cash atau mengunjungi websitenya untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *