Cat Sablon Apakah yang Cocok Dengan Kriteria Desain Kamu

By | January 31, 2018

Sebelum kamu memesan kaos yang di sablon dengan desain yang kamu inginkan, ada beberapa hal yang sangat penting untuk di perhatikan agar pemesanan kaos yang kamu lakukan tidak percuma dan sesuai dengan basic desain yang telah kamu buat sebelumnya.

sablon kaosJasa sablon kaos biasa menanyakan jenis cat sablon apa yang di inginkan konsumen serta jenis kain seperti bagaimana yang akan kamu pesan nantinya, karena tidak semua cat sablon dapat memberikan hasil terbaik jika jenis kain dan desain yang kamu berikan tidak sesuai, nah hal ini mintalah rekomendasi konveksi kaos agar hasil cetak sablon kaos manual dapat menghasilkan atau mendekati dengan desain yang kamu buat sebelumnya.

Maka dari itu, disini saya akan memberikan sedikit gambaran seperti apa sih, bagaimana sih? Jenis kain apa sih yang cocok untuk di sablon dengan salah satu jenis tinta sablon? Berikut adalah sedikit gambaran yang bisa saya paparkan :

Pertama, Desain Kostum Buatan Sendiri

Mengapa desain kaos sangat bepengaruh juga terhadap hasil cetakan kaos? Selain perlu resolusi gambar yang berukuran besar agar hasil sablon manual tidak pecah, penentuan banyak warna pun sangat berpengaruh terhadap cat sablon apa yang nantinya di rekomendasikan oleh salah satu vendor jasa sablon kaos.

Jika desain kamu mempunyai gradasi warna atau biasa disebut raster design, sebut saja salah satu contoh gambar raster adalah foto harimau, foto atau desain kaos dengan gambar harimau tentu saja mempunyai banyak warna, mungkin lebih dari 12 warna campuran.

Nah karena desain kaos yang kamu mempunyai banyak warna, di sarankan kamu memakai cat sablon plastisol atau superwhite jika kaos kamu berwarna putih, namun jika kaos yang berwarna seperti hitam atau biru dongker sangat di sarankan untuk memakai cat sablon plastiol, selain hasil warna lebih contrast juga sangat mudah dari segi pekerjaannya.

Bagaimana jika gambar desain kaos hanya tulisan? Sebenarnya cat sablon plastisol bisa di aplikasikan untuk semua jenis gambar termasuk untuk membuat kaos dengan desain berupa blok atau seperti tulisan. Namun ada baiknya kamu mempertimbangan jenis cat sablon rubber, sablon dengan tinta rubber lebih aman dari segi perawatan karena lebih tahan terhadap setrika, berbeda dengan tinta sablon plastisol jika bentuk gambar berupa blok dan kena panas setrika maka gambar akan meleleh seperti minyak yang di panaskan, ini di karenakan tinta sablon plastisol terbuat dari bahan yang berbasis minyak.

Kedua, Jenis Bahan Kaos

Seperti yang telah di jelaskan diatas mengenai jenis desain yang akan di buat dan tinta yang dipakai, kali ini terkait akan jenis bahan kaos yang akan di pakai seperti apa, apakah kamu ingin membuat kaos dengan jenis kain yang berbahan poliester atau katun?

Mengulang kembali terhadap tipe gambar, jika gambar kamu berjenis raster atau dot kecil maka seharusnya kamu menggunakan jenis kain yang berbahan katun. Mengapa harus demikian? Kembali kepada hasil yang akan kamu dapatkan, penggunaan jenis kain katun dengan tinta sablon plastisol akan lebih suport berbeda dengan jenis kain poliester dengan tinta plastisol, kain poliester tidak tahan terhadap panas sedangkan jenis kain dengan benang katun sangat tahan panas, ini di fungsikan untuk pengeringan terhadap cat sablon plastisol yang harus dikeringkan dengan suhu panas yang lumayan tinggi. Terbayangkan jika kaos yang ingin kamu buat berbahan poliester dan di sablon plastiol yang perlu suhu panas yang tinggi? Kain kaos yang akan kamu buat tentunya akan mengkerut saat di cetak sablon.

Seperti itulah 2 hal penting yang harus kamu pertimbangkan saat akan memesan kaos di salah satu jasa sablon kaos terpercaya agar kaos yang akan kamu buat sesuai dengan ekpetasi dan minimal 90 persen hasil cetakannya menyerupai dengan desain kaos yang telah kamu buat.

Komunikasikan dan mintalah beberapa rekomendasi yang baik seperti apa agar hal yang negatif tidak terjadi saat akan memesan kaos sablon di salah satu vendor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *