Musik yang Harus Ibu Hamil Dengar untuk Membantu Kecerdasaan Janin

By | February 3, 2018

Apa musik yang harus saya dengarkan saat hamil? adalah salah satu pertanyaan umum dari wanita saat hamil. Sebenarnya, ada banyak pendapat berbeda mengenai masalah ini, termasuk para ahli dari segala bidang maupun di antara ibu-ibu berpengalaman lainnya.

manfaat-mendengarkan-musik-pada-ibu-hamil

Silahkan simak informasi dari ibnudin di bawah ini. Untuk membantu Anda mengetahui secara detail tentang pertanyaan “Musik yang harus ibu hamil dengan untuk membantu kecerdasaan janin”.

Manfaat mendengarkan musik saat hamil

  • Bantu ibu hamil rileks, nyaman, bersorak atau emosi positif lainnya.
  • Merangsang otak, mengembangkan pikiran untuk sang ibu.
  • Suasana hati yang baik membantu tubuh berfungsi lebih baik.
  • Dari situlah, secara tidak langsung positif mempengaruhi perkembangan janin.

Apakah musik klasik membantu kecerdasan bayi?

“The Mozart Effect” adalah nama untuk teori musik klasik (khususnya musik Mozart) yang membantu mengembangkan sistem saraf, yang meningkatkan kemampuan untuk berpikir dan memecahkan masalah manusia.

Teori ini didasarkan pada hasil eksperimen, setelah memberi anak-anak dan siswa musik Mozart untuk menyelesaikan latihan yang lebih cepat dan lebih baik.

Keterbatasan teori adalah bahwa musik hanya sementara. Itu tidak membuat anak dalam percobaan lebih pintar atau lebih sukses nantinya.

Yang kedua adalah fokus pada anak prasekolah dan siswa. Tidak ada pemeriksaan pada janin, bayi dan benda lainnya.

Studi lain juga menunjukkan bahwa anak belajar memainkan alat musik yang juga akan membantu berpikir lebih baik, kecerdasan emosional juga lebih tinggi.

Karena itu, banyak orang keliru percaya bahwa memberi wanita tua musik klasik akan membantu mereka menjadi lebih pintar. Meski tidak ada studi yang andal mengenai masalah ini.

Bahaya mendengarkan musik saat hamil

American Academy of Pediatrics melaporkan pada akhir 1990-an bahwa janin yang terpapar suara keras untuk waktu yang lama lebih mungkin untuk lahir lebih awal, memiliki berat lahir rendah dan kehilangan pendengaran setelah kelahiran.

Sang ibu sendiri, yang sering terpapar suara bising, lebih rentan terhadap gangguan pendengaran dan penyakit lainnya.

Wanita hamil, jika terpaksa mendengarkan musik yang menyebabkan sakit kepala, bosan, kegelisahan bisa menyebabkan kelelahan, stres.

Panduan cara yang benar untuk mendengarkan musik

  1. Pilih waktu untuk mendengarkan musik saat hamil
  • Pada usia 16 minggu, bayi mulai bereaksi dengan suara di sekitarnya. Karena itu, setelah usia 16-20 minggu adalah waktu yang tepat.
  • Dengarkan musik saat bayi Anda bangun, tidak untuk mempengaruhi tidur bayi.
  1. Bagaimana cara mendengarkan musik saat hamil.
  • Jangan memutar musik dengan volume terlalu besar. Dalam sehari mendengarkan musik 2-3 kali, setiap kali tidak lebih dari 20 menit.
  • Banyak orang menggunakan headphone untuk wanita hamil dan janin; Ini sama sekali tidak bagus. Karena menyesuaikan volumenya kecil, tapi bila diletakkan di dekat ibu atau perut ibu juga berbahaya.
  • Anda harus mendengarkan musik dari luar (radio, televisi, pemutar musik, …) daripada headphone.
  • Berenang, makan atau lakukan apapun yang Anda suka sambil mendengarkan musik, asalkan Anda merasa nyaman dan bahagia.
  1. Pilih lagu.

Wanita hamil harus mendengarkan musik selalu menjadi pertanyaan orang yang kontroversial. Namun, paling setuju bahwa yang terbaik adalah memilih yang menurut ibunya paling nyaman, tidak harus yang klasik.

Lagu yang direkomendasikan secara online atau dari pengalaman ibu lain seringkali tidak pasti juga dengan Anda karena setiap orang berbeda. Silahkan pilih yang anda suka tapi perlu diketahui bahwa:

  • Memiliki melodi yang lembut, irama yang dalam dan lambat.
  • Tidak terlalu berisik dan merangsang.
  • Pilih dari suara alam: angin, ombak laut, hujan, burung bernyanyi, …

Singkatnya, apa musik yang harus didengar wanita hamil? Jawabannya adalah lagu yang paling Anda suka dan membuat Anda rileks dan penting untuk mendengarkan musik dengan benar.

Selain itu, alih-alih mendengarkan musik, Anda juga bisa menyanyikan lagu pengantar tidur atau lagu apa pun yang Anda inginkan. Ini adalah cara teraman untuk membuat Anda merasa lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *