Merevitalisasi Sistem Informasi Desa Dengan SODEA

By | May 27, 2018

sodea

Kota dan desa memiliki hubungan yang sangat penting. Kota menyediakan pasar bagi masyarakat desa untuk menjual berbagai produk pertanian mereka, sementara masyarakat desa mengandalkan hidup mereka dari hasil penjualan produk pertanian mereka ke kota. Tetapi hari ini kondisi desa semakin lama semakin tertinggal di tengah gencarnya arus modernisasi dan globalisasi, yang membuat banyak dari masyarakat desa gagap akan kemajuan zaman. Sistem informasi desa yang ada pada hari ini pun belum cukup mumpuni untuk memenuhi segala kebutuhan desa yang ada.

Hal ini menyebabkan banyaknya masyarakat muda desa yang lebih memilih untuk merantau dan mengadu nasib di perkotaan. Istilah ini disebut sebagai urbanisasi atau perpindahan dari masyarakat desa ke kota, yang sebenarnya memiliki polemiknya sendiri. Masyarakat desa yang pindah ke kota dengan kemampuan dan keahlian yang minim membuat mereka rentan akan berbagai korban tindakan kriminal, atau bahkan menjadi pelaku dari tindakan kriminal. Hal ini jelas sangat berbahaya baik bagi masyarakat desa yang ingin ke kota, maupun masyarakat kota itu sendiri. Tindak kriminal akan bertambah seiring dengan laju urbanisasi.

video-sodea

SODEA Untuk Meningkatkan Mutu Kualitas Kehidupan Desa

 

Beruntungnya hari ini perkembangan teknologi juga sedikit demi sedikit mulai merambah ke pedesaan. Berbagai aplikasi desa terbaru bermunculan, salah satunya adalah SODEA.  SODEA menghadirkan platform berbasis online yang memiliki segudang fungsi dan kegunaan untuk desa, diantaranya:

  1. Merevitalisasi sistem administrasi desa

Sistem administrasi desa sekarang perlu diorganisir ulang agar segala data mengenai desa, mulai dari profil desa hingga laporan keuangan dapat dilihat oleh masyarakat. SODEA menyediakan penyimpanan data secara online dalam bentuk website, sehingga data yang disetorkan oleh desa ke platform SODEA tidak akan hilang atau rusak. Hal ini jelas sangat berbeda jika melakukan pendataan secara manual yang mana berisiko data hilang dan rusak. Sistem informasi desa online ini pun sangat penting juga untuk transparansi dan akuntabilitas desa, terlebih lagi hari ini dana desa yang sudah digelontorkan dalam jumlah besar kepada masyarakat desa membuat pengawasan terhadap masyarakat desa harus benar-benar maksimal.

  1. Mempromosikan desa

Promosi akan desa pun sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian desa tersebut. Banyak sekali hal yang bisa dipromosikan oleh masyarakat desa seperti berbagai kerajinan tangan khas, makanan khas, aneka produk khas, bahkan hasil tani mereka. Masyarakat desa juga bisa mempromosikan tempat wisata atau agenda-agenda desa mereka sehingga mengundang masyarakat lainnya untuk datang dan juga bisa membawa keuntungan finansial bagi desa dan masyarakat desa.

  1. Bimbingan pelatihan dan konsultasi agraria

Hari ini banyak sekali masyarakat desa yang membutuhkan bimbingan teknis dan bantuan teknis pemerintah. hal ini disebabkan banyak dari metode perkebunan, pertanian atau peternakan yang dirasa sudah usang dan membawa output yang terbatas tetapi masih diaplikasikan oleh para masyarakat desa. dengan menggunakan platform ini, maka masyarakat desa bisa mendapatkan bimbingan dan bantuan teknis dari para ahli agraria pemerintah yang jelas akan meningkatkan produktivitas pertanian mereka.

Dengan memanfaatkan sistem informasi desa secara maksimal, maka masyarakat desa bisa mengalami penaikan mutu dan kualitas kehidupan sehingga tren urbanisasi semakin berkurang yang juga akan memproteksi masyarakat desa dari berbagai tindak kriminal urban. Dengan berkembangnya kesejahteraan masyarakat desa, maka sumber daya untuk membangun desa akan banyak yang akan menyejahterakan kehidupan masyarakat desa secara keseluruhan. Untuk pembelian dan informasi lebih lanjut mengenai aplikasi ini anda bisa menghubungi kontak di bawah ini.

HP / WA : 08118867897,
Telepon : +622152921431, +622152921428, +622152921429, +62215272455
Email Marketing : marketing[at]arfadia[dot]com

Atau bisa juga datang langsung ke kantor PT. Arfadia di bawah ini.
Raudha Building 1st and 2nd Floor.
Jl. Kuningan Barat II No. 21, Mampang Prapatan. Jakarta Selatan, 12710, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *