Digital Marketing, Ketahui Metode Funneling

By | July 19, 2018

Sejatinya Digital marketing merupakan salah satu bentuk pemanfaatan perkembangan teknologi dalam bidang pemasaran. Melalui cara ini maka Anda usaha yang Anda kelola akan terlihat modern dan kekinian. Sesuai dengan namanya, pemasaran satu ini menggunakan media-media digital untuk menawarkan barang maupun jasa kepada para konsumen. Biasanya sistem pemasaran satu ini lebih cenderung kepada sistem pengiklanan produk dagang. Sebagai salah satu sistem dalam pemasaran, ternyata pemasaran digital ini juga memiliki metode.  Di antara metode yang cukup dikenal ialah metode funneling. Lalu apa sebenarnya metode funneling tersebut?

 

Pengertian dan Contoh Metode Funneling Pada Digital Marketing

Pada dasarnya sistem marketing yang benar tentu akan mendatang keuntungan bagi pemilik usaha tersebut. Namun, kadang kala metode pemasaran yang diterapkan belum tepat, sehingga toko atau tempat usaha yang dikelola cenderung sepi dari pelanggan. Terlebih lagi jika usaha tersebut memiliki pesaing yang cukup banyak di sekitarnya. Tentu hal ini akan memberikan dampak negatif bagi manajemen usaha Anda. Bahkan bisa membuat Anda menelan kerugian yang cukup besar. Untuk mengatasi persoalan semacam ini, maka dikenallah salah satu metode pemasaran yaitu Metode Funneling.

 

Metode Funneling ini sendiri merupakan metode yang memiliki fungsi untuk menarik perhatian para konsumen. Dengan kata lain tujuannya adalah untuk menarik sebanyak-banyaknya orang untuk berkunjung ke toko (tempat usaha) tersebut, meskipun hanya sekadar melihat-lihat. Metode seperti dipandang cukup efektif dalam memperbaiki manajemen marketing yang tidak tepat seperti dikemukakan di atas tadi. Apabila dikaitkan dengan Digital marketing, maka metode memiliki hubungan yang cukup erat.

 

Sebagai mana diketahui bahwa Digital marketing sendiri merupakan salah satu bentuk usaha pemasaran dengan menggunakan media digital. Sehingga dapat pula dikatakan sebagai proses pengiklanan produk (baik barang maupun jas) tertentu. Sementara peran dari Metode Funneling ini dapat diterapkan pada saat melakukan pengiklan tersebut. Hasilnya ketika orang membaca iklan produk Anda, maka akan muncul minat untuk meliat produk Anda tersebut. Sehingga kemungkinan dari produk terjual akan semakin meningkat.

 

Sebagai contoh ketika Anda ingin melakukan penawaran makanan siap saji dengan kolaborasi Digital marketing dan metode funneling. Usaha yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyiapkan sebuah teks iklan yang bersifat menarik. Misalnya Gratis 1 gelas Es Teh jika pesan dua porsi Mie Ayam dan makan di tempat. Selanjutnya teks tersebut Anda iklan dengan memanfaatkan media sosial ataupun menggunakan jasa SMS. Dengan demikian Anda telah menerapkan pemasaran digital yang dikombinasikan dengan metode funneling.

 

Lalu di mana letak metode funneling pada contoh di atas tadi? Metode funneling pada iklan makanan di atas terletak pada kata “Gratis 1 Gelas Es Teh”. Hal-hal semacam ini tentunya akan mampu menarik perhatian konsumen untuk datang ke tempat usaha Anda. Berbeda halnya jika Anda hanya melakukan Digital marketing dengan teks iklan “telah Hadir Ayam Goreng Pedas, silahkan cicipi”. Pemasaran semacam ini memiliki kecenderungan yang lebih kecil bagi orang untuk berkunjung. Sebab tidak suatu yang terlalu special yang ditawarkan oleh pemilik usaha. Terlebih jika telah ada pula usaha serupa di sekitar tempat tersebut.

 

Itulah tadi informasi seputar Digital marketing dan metode funneling. Baca informasi menarik lainnya dengan mengunjungi https://www.wasis.me yang disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan diaplikasikan. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam menerapkan metode pemasaran yang terbaik bagi usaha Anda. Sehingga usaha tersebut mampu eksis dan bersaing secara sehat di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *