Mengenal Obat Wasir dan 6 Hal yang Menyebabkan Penyakit Ini

By | July 22, 2018

obat-wasir

Mengalami wasir dijamin membuat Anda sedikit bingung dalam menemukan obat wasir yang tepat. Pasalnya masalah kesehatan satu ini memang cukup menganggu aktifitas sehingga penderitanya terkadang merasa jengkel sendiri. Rasa sakit di area anus membuat penderitanya tidak nyaman duduk meski berada di kursi yang empuk sekalipun. Terlebih jika harus berurusan dengan kebutuhan buang air besar.

 

Gangguan kesehatan satu ini memang sering dialami oleh banyak orang, dan penyebabnya sendiri cukup banyak. Diantaranya adalah:

 

  • Sering mengejan saat buang air besar,

Salah satu penyebab umum seseorang menderita wasir adalah terbiasa mengejan sewaktu buang air besar. Agar pembuluh vena tidak mengalami peradangan usahakan tidak mengejan, gunakan obat sembelit jika memang feces terasa keras.

 

  • Terbiasa duduk terlalu lama,

Bagi mereka yang bekerja dengan tuntutan duduk seharian maka rentan menjadi pengkonsumsi rutin obat wasir. Pasalnya dengan terbiasa duduk berlebihan tekanan pada pembuluh vena di anus akan berlebihan, wasir pun sulit untuk dicegah.

 

  • Mengalami diare ataupun sembelit,

Sembelit memang membuat seseorang mengejan saat buang air besar sehingga penderitanya bisa mengalami wasir. Namun kondisi diare juga bisa menyebabkan wasir karena keluar masuk toilet terlalu sering. Jongkok dan berdiri berulang kali membuat tekanan pada pembuluh vena meningkat sehingga menyebabkan wasir.

 

  • Mengalami obesitas,

Penderita wasir juga didominasi oleh mereka yang mengalami kelebihan berat badan atau kegemukan atau obesitas. Tubuh yang terlalu gemuk memperbesar resiko pembulu vena di anus mengalami radang, jadi sebisa mungkin jagalah berat badan di angka normal untuk menghindari wasir.

 

  • Kekurangan serat,

Siapa saja yang sembarangan setiap kali makan sehingga tanpa sadar tubuhnya kekurangan serat. Maka rentan mengalami wasir, seyogyanya selalu mengkonsumsi makanan tinggi serat dari buah dan sayuran hijau.

 

  • Dalam kondisi hamil,

Rata-rata wanita yang tengah hamil mengalami wasir dan usai persalinan maka wasir ini akan sembuh dengan sendirinya. Apabila saat hamil rasa sakit pada benjolan wasir tidak tertahankan segeralah minta bantuan dokter untuk mendapatkan obat wasir yang aman bagi ibu dan janin.

 

Biasanya penderita wasir akan berpikir perlu menjalani operasi supaya bisa sembuh. Namun sebenarnya tidak selalu demikian karena operasi hanya dilakukan jika kondisi wasir sudah sangat parah. Saat wasir belum terlalu parah maka dokter biasanya akan memberi beberapa resep obat. Paling sering adalah supositoria, yakni obat khusus wasir dalam bentuk krim atau salep.

 

Salep supositoria ini baiknya digunakan berdasarkan resep dokter supaya tidak menimbulkan efek samping saat penggunaanya. Kadang kala dokter juga memberikan resep obat wasir dari jenis pereda nyeri seperti paracetamol, aspirin, maupun ibuprofen yang baiknya tetap sesuai resep dokter sebab obat jenis ini tidak baik dikonsumsi terlalu sering.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *