6 Tips Cara Melancarkan Pencernaan Anda

By | August 31, 2019

Sistem pencernaan yang tidak lancar, membuat badan terasa tidak nyaman. Hal itu karena anda terbiasa mengkonsumsi makanan yang tidak sehat yang membuatnya susah untuk dicerna. Oleh sebab itu, anda harus mengetahui informasi mengenai cara melancarkan pencernaan.

Bila anda telah mengetahui informasi tersebut, anda dapat menerapkannya setiap hari. Dengan begitu pencernaan anda dapat menjadi lancar kembali. Berikut akan saya jelaskan mengenai tips untuk melancarkan pencernaan yang sudah terbukti ampuh untuk dilakukan.

 

Cara Melancarkan Pencernaan

Bila anda merasakan pencernaan anda tidak lancar, jangan khawatir. Anda dapat mencoba tips dalam melancarkan pencernaan anda dengan cepat. Ada 6 tips yang dapat anda terapkan yaitu sebagai berikut.

  1. Mengkonsumsi makanan berserat.
  2. Mengkonsumsi probiotik.
  3. Membatasi makanan berlemak.
  4. Banyak mengkonsumsi air putih.
  5. Makan secara perlahan.
  6. Dilarang tidur setelah makan.

Anda dapat melakukan 6 tips tersebut setiap hari. Untuk mengetahui penjelasan secara detailnya, anda dapat simak artikel di bawah ini.

1.    Mengkonsumsi Makanan Berserat

Tips pertama adalah dengan mengkonsumsi makanan berserat. Untuk memperlancar sistem pencernaan, anda dapat mengkonsumsi miniman 25 gram makanan berserat setiap hari. Dengan begitu anda dapat terhindari penyakit yang menyerang pencernaan.

Penyakit yang menyerang pencernaan tersebut antara lain sindrom iritasi usus, sembelit, wasir, dan divertikulosis. Bila anda terserang salah satu dari penyakit ini, tentunya sangat tidak nyaman sekali untuk dirasakan.

Oleh sebab itu, konsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Makanan yang banyak mengandung serat antara lain biji bijian, sayuran, kacang kacangan, dan buah. Anda dapat mengkonsumsi makanan tersebut setiap hari.

Buah yang sangat disarankan untuk melancarkan pencernaan adalah buah pepaya, karena kandungan zat dan juga serat yang tinggi bisa mempermudah proses pembuangan kotoran dalam perut. Nah lebih mudah lagi jika kita bisa memiliki kebun mini dirumah yang berisi tanaman unik ini.

Apalagi sekarang ini sudah banyak cara menanam pepaya yang mudah dan tidak membutuhkan banyak lahan.

2.    Mengkonsumsi Probiotik

Tips kedua adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik. Probiotik sendiri adalah salah satu jenis bakteri baik yang ada dalam usus manusia. Dengan mengkonsumsi probiotik ini dapat membuat badan anda menjadi sehat.

Probiotik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dapat melindungi tubuh dari bakteri jahat, dan dapat membantu menyerap nutrisi. Maka dari itu, sangat disarankan anda yang memiliki masalah dengan sistem pencernaan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik.

Makanan dan minuman yang dapat anda konsumsi dan mengandung probiotik adalah makanan fermentasi. Makan tersebut antara lain yogurt, tempe, oncom, minuman fermentasi untuk usus, dan lain sebagainya.

3.    Membatasi Makanan Berlemak

Tips ketiga adalah dengan membatasi makanan berlemak. Makanan berlemak tergolong sulit untuk dicerna tubuh. Biasanya anda akan merasa begah atau merasa sangat kenyang setelah mengkonsumsi makanan berlemak karena susah dicerna.

Oleh sebab itu anda harus memperbanyak jenis makanan yang ditumis, dipanggang, direbus, atau dikukus saja. Anda dapat mengurangi jenis makanan yang digoreng.

4.    Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Tips keempat adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Anda dapat mengkonsumsi 3 liter air setiap hari. Dengan begitu pencernaan anda dapat kembali lancar karena air dapat memecah lemak serta serat larut air.

5.    Makan Secara Perlahan

Tips kelima adalah makan secara perlahan. Pada saat makan, banyak orang yang terburu buru dalam mengunyah makanan. Terutama ketika sedang merasa sangat lapar. Padahal dengan melakukan makan secara perlahan, dapat memberikan waktu tubuh dalam mencerna makanan.

Sehingga tubuh dapat menyerap seluruh nutrisi yang ada dalam makanan tersebut. Selain itu dengan melakukan makan secara perlahan, dapat mempermudah sistem pencernaan anda dalam mencerna makanan dengan sangat baik.

6.    Dilarang tidur setelah makan

Tips kelima adalah larangan tidur setelah makan. Hal ini karena sistem pencernaan anda dapat melakukan pencernaan secara lancar bila posisi badan anda tegak. Tidur setelah makan, dapat rentan terhadap penyakit yang menyerang sistem pencernaan.

Oleh sebab itu, usahakan tidur 3 jam setelah makan. Tunggu hingga tubuh selesai mencerna makanan yang telah anda makan.

Bila anda merasakan sistem pencernaan anda kurang lancar, anda dapat mencoba 6 cara melancarkan pencernaan secara ampuh dan cepat. Jangan biarkan tubuh anda mengalami penyakit sistem pencernaan. Selamat mencoba.

Sumber htttps://hamparan.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *