Belajar Sejarah dan Hunting Foto di Lawang Sewu Semarang

By | February 3, 2020

Lawang Sewu adalah sebuah bangunan bersejarah yang bisa kamu temukan dan kunjungi saat liburan di Semarang.

Selain berburu foto di spot-spot cantik yang ada di sana, kamu juga bisa menambah wawasan atau pengetahuan kamu tentang sejarah kereta api indonesia.

 

Lawang Sewu Semarang

Ada banyak sekali tempat wisata di Semarang yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di Semarang. Mulai dari tempat wisata alam hingga tempat-tempat bersejarah pun ada dan cukup menarik sebagai destinasi wisata.

Kalau kamu sedang berada di Semarang dan ingin berkunjung ke tempat wisata sejarah, maka salah satu pilihannya adalah obyek wisata Lawang Sewu.

Tempat ini berada di sekitar kawasan tugu Muda yang menyimpan lembaran sejarah perjuangan para pemuda Semarang menghadapi penjajah Belanda.

Selain itu, saat berkunjung ke Lawang Sewu kamu juga bisa meng-eksplore bangunannya yang megah dan unik sebagai tempat wisata foto.Di sana ada banyak spot foto bagus yang bisa kamu coba satu persatu.

Nama Lawang Sewu yang dipakai untuk menamai bangunan ini jika dialih bahasa kan ke dalam bahasa Indonesia artinya pintu seribu. Ini menunjukkan bahwa bangunan ini memiliki ciri khas berupa banyaknya pintu serta jendela yang ada di bangunan ini.

Meskipun sebenarnya tidaklah memiliki 1000 pintu, namun nama ini seolah mampu mewakili dan menjadi ciri khas bangunan yang real-nya memiliki pintu lebih dari 400 pintu tersebut.

 

Aktifitas Wisata di Lawang Sewu

Meskipun bangunan ini hanya merupakan bangunan tua, namun di tempat ini kamu bisa melakukan banyak aktifitas menarik untuk mengisi waktu libur. Yang paling menarik dan utama tentunya mempelajari sejarah kereta api dan berburu foto.

  1. Mempelajar Sejarah Kereta Api

Memasuki bagian dalam bangunan ini kamu akan mendapati banyak hal yang bisa dipelajari untuk menambah pengetahuan kamu tentang sejarah kereta api.

Bangunan ini dulunya pernah dipakai sebagai kantor PT KAI dan kantor NIS pada masa penjajahan Belanda.

Karenanya jika masuk ke dalam, kamu akan menemukan banyak sekali miniatur lokomotif dan gerbong kereta api yang bisa kamu jadikan sumber atau bahan untuk mempelajari sejarah kereta api dari zaman dulu hingga sekarang.

  1. Hunting Foto

Berikutnya di Lawang Sewu kamu juga bisa berburu spot cantik sebagai tempat berfoto. Wujud bangunannya yang unik serta berciri khas membuat bangunan ini menjadi tempat yang cukup instagenic sebagai lokasi foto.

Spot foto yang biasanya ramai oleh pengujung adalah di depan halaman gedung Lawang Sewu. Di sana, kamu bisa berpose dengan berbagai macam gaya dengan background bangunan Lawang Sewu yang melegenda.

Selain itu kamu juga bisa memilih untuk berfoto di dalam bangunan dengan latar gerbong-gerbong ataupun lokomotif kuno. Foto mu pastinya akan tampak unik dan berbeda dengan latar gerbong-gerbong kereta tersebut.

 

Lawang Sewu Angker

Bangunan kuno ini selain terkenal dengan sejarahnya juga terkenal sebagai tempat yang angker. Hal ini terjadi karena dulunya bangunan ini juga digunakan sebagai penjara dan tempat penyiksaan tahanan.

Konon, di sebuah pohon mangga yang ada di halaman depan gedung pada waktu-waktu tertentu sering terlihat makhluk astral ataupun penampakan hantu yang sangat mengerikan.

Entah benar atau tidak, namun kabar bahwa lawah sewu adalah bangunan yang penuh keangkeran masih dipercaya oleh beberapa warga sekitar.

 

Alamat Lawang Sewu

Lawang Sewu berlokasi di tempat yang mudah dijangkau sehingga kamu tidak perlu susah payang untuk mencari lokasinya.

Alamat lengkapnya berada di Komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah.

Kalau kamu baru pertama kali datang ke tempat ini, maka kamu cukup berpatokan pada lokasi kantor balaikota Semarang karena lokasi Lawang Sewu berada tidak jauh dari kantor walikota tersebut.

 

Harga Tiket Masuk Lawang Sewu

Untuk menikmati wisata sejarah dan berburu foto di Lawang Sewu kamu tidak perlu biaya yang mahal. Tiket masuknya hanya dijual dengan harga Rp. 10.000 untuk dewasa dan Rp. 5000 untuk anak di bawah 12 tahun dan rombongan pelajar.

 

Fasilitas di Lawang Sewu

Fasilitas umum seperti yang biasa kita temukan di tempat-tempat wisata lainnya juga sudah tersedia di Lawang Sewu. Fasilitas seperti area parkir, tempat sampah, bangku duduk dan sebagainya sudah ada untuk memberi kemudahan dan kenyamanan kamu selama berada di sini.

Lawang SewuSemarang sangat cocok untuk dijadikan alternatif liburan singkat kamu di Semarang. Selain terhibur dengan keunikan dan kemegahan bangunannya, pulang dari sini kamu juga akan mendapatkan tambahan wawasan yang tidak ternilai harganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *