Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula yang Ingin Belajar!

By | February 9, 2020

Sebagai anak muda, tentu kita sudah harus mulai menata masa depan kita agar lebih baik. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menata masa depan setelah selesai kuliah. Atau bahkan kamu juga bisa kok mulai memikirkan dan menata masa depan bahkan saat berada di bangku kuliah. Selain dengan belajar yang rajin dan mendapatkan pekerjaan yang layak untuk mendapatkan penghasilan yang diinginkan untuk menata masa depan. Hal lainnya yang juga perlu kamu perhatikan adalah berinvestasi.

Ya, investasi adalah suatu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan dan sebagai jaminan di masa depan atau di masa tua nanti. Investasi sangat penting dilakukan agar nantinya kamu bisa menikmati hari tua dengan tenang. Tentu kamu harus sadar bahwa tidak selamanya kamu akan bekerja seperti sekarang bukan?

Investasi adalah suatu hal penting yang harus kamu pikirkan agar lebih nyaman hidup di masa depan setelah pensiun atau berhenti bekerja. Nah, buat kamu yang masih bingung untuk menentukan investasi dan mengatur keuangan di masa depan. Jangan khawatir karena di artikel ini saya akan menjelaskan beberapa jenis investasi yang bisa kamu ikuti khususnya buat kamu yang masih pemula dalam dunia investasi.

Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Menurut salah satu artikel yang dilansir oleh Alvindayu.com, ada beberapa jenis investasi untuk pemula yang bisa kamu coba ikuti dari sekarang. Langsung saja simak beberapa jenis investasinya berikut ini.

 

Emas

Emas adalah salah satu jenis investasi yang paling aman karena harga emas setiap tahunnya mengalami peningkatan. Ya, jarang sekali harga emas turun dari tahun ke tahun. Emas termasuk jenis investasi yang low risk namun juga low return jika dibandingkan dengan jenis investasi yang high risk seperti saham.

Ya, kamu harus tahu dulu hokum investasi ketika akan mulai berinvestasi. Jadi, hokum investasi itu adalah Low Risk, maka Low Return begitu juga sebaliknya High Risk, maka High Return. Artinya semakin tinggi risikonya maka akan semakin tinggi pula perolehan bunga investasinya begitu sebaliknya.

 

Obligasi

Jenis investasi berikutnya yang juga cocok untuk pemula selain emas adalah obligasi. Ya, obligasi juga termasuk ke dalam jenis investasi yang aman dan low risk. Obligasi merupakan jenis investasi yang biasanya diterbitkan oleh pemerintah sehingga risikonya sangat kecil.

Ada banyak jenis obligasi yang bisa kamu ikuti di pemerintahan. Pilih jenis obligasi yang paling cocok denganmu ya!

 

Deposito

Deposito juga merupakan jenis investasi yang memiliki risiko kecil. Deposito mirip dengan tabungan, hanya saja deposito merupakan tabungan berjangka yang tidak bisa di tarik sembarangan. Ya, jadi jika kamu menabung dalam bentuk deposito berjangka waktu 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 24 bulan atau bahkan 36 bulan.

Maka itu artinya, dana yang kamu depositokan tidak boleh diambil selama jangka waktu yang sudah ditentukan dan disepakati bersama. Dibandingkan dengan tabungan tentu saja bunga deposito lebih besar. Oleh karena itu, deposito digolongkan sebagai jenis investasi masa depan.

 

Reksadana

Jenis investasi yang cocok untuk pemula berikutnya yang juga bisa kamu pilih adalah investasi reksadana. Reksadana seringkali dijadikan piilhan oleh para investor pemula yang juga ingin bermain saham. Oke, jadi di reksadana ini ada banyak pilihan investasi yang bisa kalian ikuti. Misalnya seperti investasi obligasi ataupun investasi saham.

Reksadana merupakan suatu lembaga yang menjadi wadah bagi para investor yang ingin lebih mudah untuk melakukan investasi. Ada manager investasi yang siap membantumu saat kamu memilih reksadana untuk berinvestasi. Jadi, sangat pas untuk para investor pemula.

Tertarik untuk mulai berinvestasi dari sekarang? Kamu bahkan bisa melakukan investasi di semua jenis investasi yang sudah saya jelaskan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *