Tips Atasi Pipa Air Bocor Mudah dan Gampang

By | June 14, 2020

Saat rumah Anda tiba tiba mengalami kebocoran pipa, Anda tentu menjadi panik karena rumah menjadi berantakan. Selain itu tentu Anda juga panik karena air bersih yang mengalir di rumah Anda menjadi terhambat dan terganggu prosesnya. Jika tidak ada pipa air maka kegiatan sehari hari seperti memasak, mencuci hingga mandi menjadi sulit dilakukan karena terbatasnya air.

Namun terkadang keberadaan pipa air ini tidak selamanya mulus, ada saja masalah yang terjadi salah satunya ialah kebocoran. Penyebab kebocoran pipa ini juga beragam mulai kualitas pipa yang jelek karena harga pipa air murah, bisa juga akibat dari korosi karena rumah sudah tua hingga pemasangan yang kurang sempurna pada awalnya.

Tips Atasi Pipa Air Bocor Mudah dan Gampang

Jika Anda mengalami pipa air bocor, tidak perlu panik dan khawatir berlebihan. Lakukan tips dan cara mudah untuk mengatasi pipa air yang bocor.

 

Cari Tahu Jalur Instalasi Pipa

Saat menyadari ada kebocoran pipa dirumah Anda maka segera cari tahu denah jalur instalasi pipa. Anda bisa menanyakan kepada arsitek atau orang yang membangun rumah Anda dulu. Carilah titik dimana yang memiliki kemungkinan terbesar sambungan mengalami kebocoran dan mudah merembes.

 

Lengkapi Diri Dengan Perlengkapan Perbaikan Pipa

Untuk memulai memperbaiki pipa maka pastikan Anda sudah memiliki perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan. Anda sudah harus mempersiapkan pipa PVC yang baru, bor, palu, seal tape dan lem PVC. Dengan peralatan yang lengkap maka kegiatan pembetulan pipa air akan menjadi lebih mudah dan cepat.

 

Matikan Keran Air dan Temukan Sumber Kebocoran

Agar dalam proses pembenaran pipa rumah tidak berantakan maka pastikan kran air sudah Anda matikan sehingga air tidak dapat mengalir. Kemudian temukan sumber kebocoran pada pipa dan lakukan pembongkaran. Pada saat melakukan pembongkaran dinding maupun keramik pastikan Anda melakukannya dengan benar.

Karena jika dilakukan dengan tidak hati hati maka kebocoran pipa akan semakin parah. Hal ini akan membuat kondisi rumah menjadi berantakan

 

Memperhatikan Kondisi Pipa

Perhatikan kondisi pipa yang bermasalah apakah Anda bisa menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mengganti pipa baru atau hanya perlu menambalnya saja. Anda perlu menggunakan pipa baru jika kebocoran terjadi pada bagian sambungan.

Namun jika kebocoran kecil maka Anda tidak perlu mengganti pipa dengan yang baru. Cukup tambal bagian yang bocor dan rusak dengan pipa yang memiliki ukuran lebih besar.

 

Pastikan Pipa Benar-Benar Sudah Tidak Bocor

Gunakan lem untuk membenarkan pipa dan biarkan sampai mengering sebelum Anda melakukan penghidupan saluran air kembali. Setelah dipastikan bahwa pipa yang bocor sudah tidak bermasalah lagi maka kini Anda bisa membereskan rumah. Tambal kembali bagian dinding maupun keramik yang sudah ada bongkar sebelumnya.

Itulah berbagi tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki pipa yang bocor dengan mudah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *